Bunga Indah nan eksotis yang Bisa Dijumpai di Pegunungan Indonesia

Publish by -2.922 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Bunga Indah nan eksotis yang Bisa Dijumpai di Pegunungan Indonesia
Bunga daisy/foto-Greeners.co

Bebungaan yang tumbuh di pegunungan sebaiknya dinikmati saja, tidak untuk dipetik lalu dibawa pulang

Klikhijau.com – Di pegunungan Indonesia. Banyak bunga indah nan eksotis yang bisa dijumpai untuk memanjakan mata.

Namun, bunga indah di pegunungan, sebijaknya hanya untuk dinikmati saja, tidak untuk dipetik dan dibawa pulang ke rumah jadi koleksi.

Jika semua orang yang mendaki mengambilnya, daya tarik pegunungan dengan bunganya bisa saja memudar kehilangan eksotisme yang merayu-rayu untuk dikunjungi.

Nah, berikut ini Klikhijau.com telah merangkum beberapa bunga indah yang hanya bisa dijumpai di pegunungan, selamat membaca:

KLIK INI:  Pesona 'Janda Bolong' dan Harganya yang Semirip Mahar Pernikahan
  • Verbena

Pada bulan April, bunga ini akan mengalami puncak kemekarannya. Bunga Verbena banyak ditemukan di Gunung Semeru, Malang, Jawa Timur. Bunga ini sering dikira bunga lavender.

Verbena Semeru merupakan tanaman yang bersifat invasif, yaitu sifat yang dimiliki oleh spesies yang menimbulkan ancaman bagi ekosistem dan lingkungan.

Bunga ini juga dapat ditemukan di Sabana Bromo, Penanjakan, dan Blok Argowulan

Bagi para pendaki direkomendasikan untuk memetik bunga ini oleh pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Jadi, biarkan saja tumbuh mewarnai alam pegunungan, ya!

  • Edelweis

Bunga paling terkenal bagi para pencinta selain mawar, barangkali adalah edelweis. Bunga ini dikenal sebagai bunga abadi. Karena mengandung hormon etilen yang berfungsi agar bunganya tidak bisa gugur.

Nama latinnya Leontopodium alpinum, uka tumbuh di tempat bebatuan sekitar 1,800-3,000 meter (5,900-9,800 kaki) diatas permukaan laut.

Bunga ini dilarang dipetik oleh para pendaki, jadi cukup nikmati saja keindahannya di alam liar di pegunungan.

KLIK INI:  Kenali 6 Media Tanam Anggrek juga Kelebihan dan Kekurangannya
  • Daisy

Bunga ini memiliki banyak variasi warna. Ada merah, putih, dan orange. Banyak ditemukan di Gunung Prau, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

Merah melambangkan cinta yang diam-diam, orange bermakna suka cita, kehangatan, dan semangat, dan putih bermakna kesucian dan kejujuran.

Namun, secara umum bunga dari keluarga Asteraceae bermakna kemurnian, kepolosan, kesucian, kesederhanaan, kelembutan dan kesetiaan

  • Cantigi

Saya memiliki teman yang biasa dipanggil cantigi. Awalnya saya pikir itu nama sebenarnya, ternyata bukan.

Cantigi adalah pohon mungil yang selalu melindungi pendaki. Tumbuh kokoh pada ketinggian di atas 1000 Mdpl.

Cantigi umumnya memiliki tinggi mencapai satu meter. Daunnya berwarna hijau kemerah-merahan dan mempunyai buah berwarna hitam.

Warnanya itulah yang tampak indah dan eksotis untuk ditatapi.

  • Turuwara

Turuwara atau rhododendron renschianum merupakan tanaman endemik di kawasan zona inti Danau Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Populasi turuwara di Kelimutu saat ini terbatas, dikarenakan pertumbuhannya yang cenderung lambat.

Namun, Balai Taman Nasional Kelimutu bekerja sama dengan Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI tahun ini sedang mengupayakan pengembangbiakkan tanaman turuwara.

KLIK INI:  Memikat dan Terus Diburu, Harga Janda Bolong Semakin Bombastis
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!