Bunga Dandelion, Si Liar yang Penuh Keunikan dan Manfaat Kesehatan

oleh -71 kali dilihat
Bunga Dandelion, Si Liar yang Penuh Keunikan dan Manfaat
Bunga Dandelion-foto/Unplash

Klikhijau.com – Bunga dandelion termasuk tanaman bunga yang tak masuk perencanaan untuk ditanam. Tumbuhan ini  hanya tumbuh liar saja di sekitar rerumputan.

Tak sedikit orang yang menganggap tumbuhan bernama latin Taraxacum ini adalah gulma. Sebagaimana  gulma pada umumnya, harus diberantas karena dianggap sebagai hama yang bisa merusak tanaman.

Di balik sifatnya yang liar dan meresahkan petani, tumbuhan ini rupanya memiliki keunikan tersendiri. Selain unik, juga mengandung beragam manfaat bagi kesehatan.

Bunga dandelion adalah sumber vitamin C, D, E, dan K, serat, tiamin, kalsium kalium, zat besi, magnesium, fosfor, folat, dan riboflavin.

KLIK INI:  Berkenalan dengan Bunga Pukul Empat dan 7 Fakta Menarik Tentangnya

Berikut beberapa fakta unik dari bunga dandelion atau yang juga dikenal dengan nama Randa tapak yang jarang terungkap:

  • Telah digunakan sejak berabad-abad

Selama berabad-abad lamanya bunga ini sudah banyak digunakan untuk membantu mengobati beberapa penyakit.

Bahkan ahli botani menyebut dandelion sebagai ramuan. Dandelion digunakan sebagai obat dari daun, batang, bunga hingga akar. Menurut sejarah tumbuhan ini berasal dari daratan Eropa dan Asia.

Namun, seiring banyaknya persebarannya kini dandelion menyebar ke berbagai negara. Hal ini dikarenakan ia bisa dan mudah tumbuh dengan subur di mana pun.

  • Tumbuh mandiri dan bebas

Bunga dandelion tidak terikat aturan para pencinta tanaman. Ia tumbuh saja dengan bebas tanpa perawatan tak seperti bunga lainnya. Ia bisa tumbuh subur di mana saja.

KLIK INI:  Mengenal Senggani, Tanaman Liar dengan Ragam Manfaat Istimewa
  • Kelopak bunga unik

Dandelion memiliki bentuk keunikan tersendiri pada kelopak bunganya. Bunganya berbulu,  tangkainya tumbuh tinggi, pada ujungnya tumbuh benih bunga dandelion yang berwarna kuning putih ataupun putih.

Dengan membentuk lingkaran yang mungil, tumbuhan ini  jadi salah satu pemanis pada rangkaian bunga. Biasanya ia menjadi bunga pemanis di antara bunga mawar yang terdapat dalam satu rangkaian bunga penuh.

  •  Mekar di pagi hari

My Dandelions Flowers mengungkapkan, fakta unik lainnya dari  bunga dandelion adalah ia hanya mekar di pagi hari. Ketika malam, bunganya kembali layu.

Tumbuhan ini juga jadi satu-satunya bunga yang mewakili tiga benda langit, yakni matahari, bintang, dan. Bunga kuning serupa matahari, bola kepulannya menyerupai bulan, dan biji-bijian yang menyebar menyerupai bintang-bintang di angkasa.

  • Memiliki arti dan makna

Arti dari bunga dandelion cukup dalam dan menyentuh, sehingga orang sering mengaitkan kehidupan dengan bunga ini. Ia mengajarkan tentang kehidupan. Seperti yang diketahui, bunga ini bisa tumbuh di mana pun. Bunganya yang terbang mengikuti arah angin akan tetap tumbuh ketika mendarat.

Hal itu mengajarkan bahwa dalam hidup kita harus mengikuti aliran alurnya dan tetap kuat meskipun sudah dikoyak badai.

Batang dandelion serupa, bahkan jika di situasi yang paling sulit, seseorang harus bertahan dan tidak menyerah.

Jadi, andelion mengajarkan kita untuk bersikap optimis, berani,  dan mudah beradaptasi dengan lingkungan di mana pun kita berada.

KLIK INI:  Melacak Cara Menyebar Dandelion yang Menjadikannya Fondasi Ekosistem
  •  Filosofi bunga dandelion

Filosofi dandelion adalah harapan, cinta, kebahagiaan, kegembiraan, dan kesetiaan. Berkat filosofi bunga unik ini, ia menjadi identik dengan nasihat kehidupan. Saya bisa tinggal di mana saja dan di mana pun angin dengan biji dandelion berhenti, itu akan tumbuh di sana Mudah beradaptasi

Bunga dandelion mekar di perkebunan hijau atau sawah. Asalkan tanahnya cukup subur, bunga ini akan tumbuh dengan cepat. Kelopak tipis yang mengambang akan jatuh dan bunga baru akan tumbuh

Manfaat bunga dandelion bagi kesehatan

Meski tumbuh liar dan cenderung diabaikan, ternyata tumbuhan ini mengandung beragam manfaat, di antaranya:

  • Mengatur gula darah

Medical News Today melaporkan pada tahun 2016 bahwa beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman tersebut mengandung senyawa yang dapat membantu mengatur gula darah. Ini karena dandelion memiliki sifat anti-hiperglikemik, antioksidan, dan anti-inflamasi, yang dapat membantu mengobati diabetes tipe 2.

Namun demikian, hal ini masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut.

  • Menangkal radikal bebas

Siapa sangka tanaman liar ini mengandung beta-karoten dan polifenol, senyawa antioksidan yang menetralisir efek berbahaya dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah senyawa yang berkontribusi terhadap penyakit seperti penuaan atau kanker, bahan kimia yang meningkatkan metabolisme karbohidrat dan mengurangi penyerapan lemak.

KLIK INI:  Tips Membeli dan Memilih Anggrek yang Sehat
  • Menurunkan tekanan darah

Bunga dandelion merupakan tumbuhan yang mengandung potassium, yakni senyawa baik yang mampu menurunkan tekanan darah, terutama pada pengidap tekanan darah tinggi

  • Menurunkan berat badan

Tumbuhan ini mengandung asam klorogenat, yakni bahan kimia yang ampuh meningkatkan metabolisme karbohidrat, juga mengurangi penyerapan lemak.

Tanaman ini diduga kuat mampu menurunkan berat badan dan retensi lipid.  Namun, hal ini belum ada bukti yang kuat.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Dandelion juga telah ditemukan memiliki sifat antivirus dan antibakteri karena kandungan antioksidan di dalamnya. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan di Perpustakaan Kedokteran Nasional AS menemukan bahwa dandelion membantu membatasi pertumbuhan hepatitis B pada sel manusia dan hewan dalam tabung reaksi.

KLIK INI:  Perihal Wedelia, Tumbuhan Berbunga Indah dan Kaya Manfaat yang Terabaikan
  •  Menurunkan kolesterol

Berdasarkan penelitian dengan judul “Hypolipidemic and Antioxidant Effects of Dandelion (Taraxacum officinale) Root and Leaf on Cholesterol-Fed Rabbits” menunjukkan bahwa akar dan daun dandelion dapat menurunkan kolesterol pada kelinci.

Penelitian itu menyebutkan pula akar dan daun dandelion dapat menurunkan kolesterol pada hewan. Hanya saja hal ini belum bisa dipastikan pada manusia, sebab  belum ada temuan lebih lanjut.

  • Mengurangi peradangan

Dalam sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan di dalam National Library of Medicine, para peneliti menemukan bahwa bahan kimia dalam dandelion memiliki berbagai efek positif dalam mengurangi peradangan.

Namun, penelitian ini dilakukan dalam sel, bukan partisipan manusia. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk merangkum efek anti-inflamasi dandelion pada manusia.

KLIK INI:  Selain Indah, 5 Jenis Tanaman Pagar Hidup Ini Bikin Rumah Terhindar dari Polusi

Dari berbagai sumber