Bukan Main, Sampah Sedotan Terbuang Hingga 93 juta Ton per Tahun!

Publish by -39 kali dilihat
Bukan Main, Sampah Sedotan Terbuang Hingga 93 juta Ton per Tahun!
Sedotan/Foto-freepik

Klikhijau.com – Berapa kali kita mampir di sebuah kedai atau rumah makan lalu disuguhi sedotan minuman? Berapa banyak yang terbuang setiap harinya karena kebiasaan kita akrab dengan sedotan sekali pakai? Jawabannya sama, banyak kali dan tiada terhitung jumlahnya.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati, mencatat limbah kantong plastik setiap tahunnya mencapai 7,2 juta ton.

Sementara untuk limbah sedotan plastik yang dihasilkan Indonesia setiap tahunnya mencapai 93 juta ton per tahun.

“(Limbah) sedotan plastik yang kita hasilkan kalau kita jajarkan panjangnya itu dari Jakarta sampai Meksiko,” katanya saat ditemui di Stadion GBK, Jakarta Selatan, Minggu (28 Juli 2019).

KLIK INI:  Workshop Jaring Solusi Pencemaran Pesisir dan Laut

Wanita yang akrab dipanggil Viven ini berharap agar masyarakat beralih menggunakan tumbler.

Dengan menggunakan tumbler setidaknya penggunaan gelas plastik akan berkurang.

“Jadi bisa mengurangi sampah plastik. Biasanya kita membuang sampah 0,7 kilogram per hari per orang. Jadi kalau kita mengurangi botol plastik luar biasa. (Termasuk) sedotan plastik,” sambungnya.

Ia menyebut gelaran acara Gerakan Nasional 1 Juta Tumbler yang secara resmi dilaunching pada hari ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah untuk terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk mampu mengurangi sampah plastik.

“Kalau belanja kresek (kantong plastik) enggak usah diterima. Indonesia bersih plastik sampah hingga 30 persen pada 2025,” pungkasnya.

Ayo memulai terbiasa dengan tumbler!

KLIK INI:  PLKI Ketuk Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Pola Hidup Ramah Lingkungan
Editor: Ian Konjo
Sumber: Kumparan

KLIK Pilihan!