Bisnis Ramah Lingkungan, Menyulap Sabut Kelapa Menjadi Pot Bunga

oleh -71 kali dilihat
Bisnis Ramah Lingkungan, Menyulap Sabut Kelapa Menjadi Pot Bunga
Sabut kelapa-foto/Ist

Klikhijau.com – Sabut kelapa lebih banyak terbuang menghuni tempat sampah. Itu karena dianggap tak memiliki manfaat.

Anggapan itu tentu saja keliru. Sabut kelapa memiliki segudang manfaat bagi orang yang bertangan kreatif.

Sabut kelapa bisa diolah menjadi kerajinan tangan, salah satunya adalah pot bunga. Pot yang terbuat dari limbah kelapa itu bisa dimodel  gantung atau pot biasa saja yang dapat diletakkan di atas lantai atau meja.

Penggunaannya sebagai media tanam, baik tanaman hidroponik maupun tanaman dalam pot  memiliki beragam manfaat.

KLIK INI:  Pesona 'Janda Bolong' dan Harganya yang Semirip Mahar Pernikahan

Menurut Washington State University,  manfaatnya saat digunakan dalam penanaman hidroponik, dapat menawarkan kapasitas pertukaran kation yang sangat baik. Itu  berarti lebih baik dalam hal mentransfer nutrisi.

Selain itu, sabut kelapa juga tidak mudah dipadatkan. Hal itu memungkinkan sistem akar berkembang dengan mudah tanpa tergenang air atau menjadi sesak.

Keunggulan lainnya, sebagai media tanam cukup baik karena ringan dan lapang, dengan kemampuan menahan kelembapan dalam waktu lama. Selain itu, bahannya tergolong mudah dibentuk sesuai dengan yang diinginkan.

Secara alami, sabut kelapa  dapat menjadikan pH tanah seimbang dan netral. Tentu hal tersebut dapat mendorong pertumbuhan lignin, artinya dapat pula meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di sekitar sistem akar tanaman.

KLIK INI:  Sehimpun Quotes tentang Hutan yang Penuh Inspirasi
Kaya akan kalium

Pot yang terbuat dari sabut juga kaya akan kalium, yang merupakan salah satu unsur hara yang penting bagi tanaman.

Namun, sabut kelapa juga mengandung tannin dalam jumlah yang cukup banyak. Tannin dapat mengakibatkan tanaman mati. Karenanya, sebelum menggunakannya, sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Guna  mengurangi kandungan tannin yang dimilikinya.

Sabut kelapa adalah media tanam yang dapat digunakan sebagai pengganti lumut gambut, bola tanah liat, atau rockwool.

Namun, ketika dicampur dengan perlite, sabut kelapa sangat sangat dimanfaatkan sebagai media tanam untuk tanaman hidroponik. Ketika kompos atau perlit  ditambahkan ke dalamnya, dapat digunakan sebagai tanah pot.

Serat sabut kelapa dapat digunakan kembali hingga tiga kali tanpa penurunan hasil tanaman.  Namun, menurut University of Tennessee, meski memiliki banyak manfaat untuk tanaman, sabut kelapa dapat mengunci zat besi, kalsium, dan magnesium, karena nilai tukar kationnya yang tinggi dan hal itu juga bisa mengandung tinggi garam.

Sabut kelapa paling baik dimanfaatkan sebagai media tanam hidroponik atau pot.  Media tanam ini  kurang cocok untuk penanaman di tanah karena sebagian besar manfaatnya dapat menghilang.

Meski begitu, menggunakan sabut kelapa sebagai mulsa pun sangat baik, karena akan membantu mempertahankan kelembapan dan menekan gulma.

KLIK INI:  Mengapa Tumbuhan Harus Beradaptasi dengan Lingkungannya?
Peluang bisnis

Oya, sahabat hijau, pengolahan sabut menjadi pot tanaman hias, saat ini telah menjadi peluang bisnis yang menarik.

Untuk harga jualnya ditentukan dari model, ukuran, dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya. Peminat pot jenis ini cukup banyak.

Hanya saja, jika ingin membuka usaha pot dari sabut kelapa, pastikan bahannya selalu tersedia. Karena yang sering terhambat adalah persediaan bahan baku yang terbatas.

Bahan baku produk ini adalah limbah sisa produksi. Ketika produksi mengalami kelangkaan bahan baku, maka produsen juga akan mengalami hal yang sama.

Daya tarik produk ini terletak pada bahan kreatif dan ramah lingkungan yang digunakan dibandingkan dengan bak plastik.

Pot dari sabut kelapa bisa menjadi alternatif bagi pecinta tanaman hias karena dapat memberikan tampilan baru yang menawan.

Selain digantung atau ditaruh di rak atau lantai, kamu juga bisa didesain sebagai taman vertikal atau taman dinding.

Jadi, selamat berkreasi, selamat menguji kreativitasmu dengan memanfaatkan limbah yang berada di sekitar kamu.

KLIK INI:  Bunga Cleome, Tanaman Hias yang Bisa Menumbuhkan Dirinya Sendiri