Bertemu Inspirasi dalam Pengalaman Sang Motivator Lingkungan

Publish by -190 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Bertemu Inspirasi dalam Pengalaman Seorang Motivator Lingkungan
Buku Enjoy Life with Eco-Life/Foto-FB Dr. Ir. Darhamsyah

Judul buku: Enjoy Life with Eco-Life
Penulis: Dr. Ir. Darhamsyah
Penerbit:
Edisi: Cetakan Pertama, 2019
Tebal: 150 halaman
ISBN: 978-623-7306-08-05

“Kalau Anda ingin ikut kontribusi untuk bumi dan lingkungan kita, tapi bingung dari mana memulainya, maka baca buku ini! Semua dapat dimulai dari minset kita untuk hidup yang lebih sehat dan ramah lingkungan.”

(Tasya Kamila, Artis, Duta Lingkungan Hidup Indonesia)

Bagaimana menjalani hidup yang lebih bermakna? Punya duit yang banyak atau punya jabatan penting? Tidak selalu begitu rupanya. Faktanya, di dunia ini tak banyak orang yang meniktikberatkan hidupnya pada kebermaknaan walau hartanya berlimpah.

Dunia yang serba maju cenderung membuat banyak orang menikmati hidupnya secara egois—karenanya pada titik tertentu mereka akan menemukan dirinya yang hampa yakni hidup yang kehilangan kebermanfaatan pada bumi.

Hidup tak bermakna adalah hidup yang menjauh dari dimensi alam semesta. Pendeknya, hidup tak bermakna adalah hidup yang merusak harmoni lingkungan. Sebuah realitas hidup yang menggambarkan manusia di era ini—manusia yang seluruh gerak tingkahnya mengganggu dan mencederai kelestarian lingkungan. Pendeknya, pola hidup manusia modern berpotensi menimbulkan disprusi pada alam semesta.

Maka hidup bermakna yang paling indah adalah hidup yang bersahabat dengan lingkungan (eco friendly life atau eco life). Begitu, pesan kuat yang dituturkan Dr. Ir. Darhamsyah dalam bukunya berjudul “Enjoy Life with Eco Life”.

Sebuah buku yang seolah ingin membangkitkan kesadaran manusia betapa kita telah menjauh dari fitrah sebagai manusia. Apa itu? Manusia yang sejatinya memang dekat dengan alam, tergantung dengan alam, menikmati hidup istimewa berkat alam semesta dan mendambakan hidup yang nature.

Yah, seringkali kita mendengar frase ini: “back to nature!” Sebuah warning betapa modernisasi membuat hidup kita berjarak amat jauh dengan alam. Maka, pesannya jelas, kembalilah pada alam atau kehidupan yang alami. Sebab, kehidupan yang alami menjanjikan kebahagiaan, sebagaimana Darhamsyah berpesan dalam bukunya.

KLIK INI:  Ekofeminisme, Tentang Relasi Gender dan Kehutanan

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana menjalani hidup yang bersahabat dengan lingkungan? Perihal inilah yang dijawab tuntas oleh seorang Darhamsyah di buku ini.

Dengan pengalaman panjang dan kiprahnya selama ini di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Darhamsyah tentu punya cara pandang praktis yang layak diteladani. Kiprahnya di luar sebagai motivator lingkungan membuatnya kerap melahirkan ide-ide inspiratif dan out of the box. Pengalaman dan kiprahnya yang luas menjadikan buku ini layak dijadikan sumber motivasi dengan gaya kekinian.

Buku “Enjoy Life with Eco-Life” menyuguhkan berbagai upaya yang dapat dilakukan agar hidup kembali bersahabat dengan lingkungan. Buku ini juga mengungkap rahasia memicu kekuatan pikiran bawah sadar (unconscious mind) yang dahsyat. Sebuah kekuatan yang dapat menembus kesulitan “menyadarkan” masyarakat terhadap lingkungan hidup.

Tidak hanya itu, penulisnya juga berbagi tips sederhana bagaimana menata mindset cinta lingkungan yang terbukti berhasil mengubah cara pandang banyak orang. Wajar saja bila respon positif bermunculan atas terbitnya buku ini. Antara lain dari Tasya Kamila yang testimoninya menjadi disematkan di awal tulisan ini.

Tak sabar dan semakin penasaran? Tak ada salahnya membaca tuntas buku ini sembari bersantai ria, sebab buku ini memang disajikan dengan gaya bertutur cukup ringan—sehingga dapat dicerna semua kalangan pembaca.

KLIK INI:  Berbagi Tips Mengelola Masalah dari Komunitas Tobonga
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!