Berikut Tanaman Aquascape yang Bisa Menyulap Akuarium Lebih Eksotis

Publish by -106 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Berikut Tanaman Aquascape yang Bisa Menyulap Akuarium Lebih Eksotis
Ilustrasi tanaman aquascape/foto-Ist

Klikhijau.com – Ada sebutan khusus bagi kerajinan menempatkan tanaman di akuarium. Namanya aquascape. Dan tanaman yang digunakan biasanya disebut  tanaman aquascape.

Aquascape adalah  kerajinan menempatkan tanaman sebagai dekorasi akuarium untuk menciptakan tampilan yang indah menyerupai bawah laut.

Sederhananya aquascape sendiri adalah sebuah seni yang mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan lain sebagai dalam akuarium.

Kegiatan untuk melakukan aquascape biasa disebut aquascaping. Sebagian pegiatnya menyebut bahwa ikan hias bukanlah ornamen utama dalam melakukan aquascaping. Namun sebagian lain menyebut penting menambahkan ikan hias untuk memberi keseimbangan.

KLIK INI:  Musim Hujan Tiba, Begini Penampakan Tire di Kindang!

Namun, tidak sembarang tanaman bisa jadi tanaman aquascape. Ia haruslah tanaman yang bisa hidup di air atau yang dikenal dengan tanaman air

Setidaknya ada beberapa jenis tanaman aquascape yang bisa menjadi pilihan untuk mempercantik akuarium:

  • Ludwigia repens

Batang dari tanaman ini bisa merayap hingga 30 cm dan daunnya yang berukurang 4-5 cm tersusun saling berlawanan

Memiliki nama lain creeping primrose-willow, tanaman yang berasal dari wilayah Amerika ini cocok untuk  menghias aquascape di rumah.

  •  Jungle vallisneria

Tanaman ini bisa tumbuh hingga ratusan sentimeter.  Jungle Vallisneria merupakan anggota tanaman tapegrass. Tingginya bisa menjulang hingga luar akuarium dan memberikan perlindungan yang berharga bagi ikan yang pemalu.

KLIK INI:  Berkenalan dengan Aglonema Sang Ratu Daun, Primadona Ibu-Ibu Muda
  •  Giant hairgrass

Giant Hairgrass mudah dibiakkan dan tak perlu biaya mahal untuk dirawat. Karena panjang dan menjuntai, tanaman ini cocok difungsikan untuk menutupi pipa, pemanas, dan perangkat di dalam akuarium.

Giant Hairgrass memiliki daun yang memajang dan tipis menyerupai rambut. Tanaman ini dapat dengan mudah menjalar ke atas dan dapat tumbuh hingga 40 sentimeter.

  •  Amazon sword

Secara umum, tanaman air hias ini punya beragam varietas, misalnya Echinodorus bleheri yang berdaun lebar. Varietas lain, Echinodorus amazonicus berdaun lebih sempit dan panjang

Jenis tanaman aquascape background plants ini berbentuk satu batang kemudian daunnya menjulur ke atas.

  • Anubias nana

Pemilik Anubias nana harus telaten sebab membutuhkan pergantian air akuarium yang teratur. Anubias nana berasal dari Nigeria bagian timur, Kamerun, dan Bioko, Afrika Barat. Namun sekarang telah tersebar luas di Eropa, Asia, dan Amerika Serikat

  • Dwarf baby tears

Dwarf baby tears berasal dari Kuba, tanaman dengan nama yang unik ini adalah jenis tanaman aquascape terkecil.

Tanaman ini tidak perlu dirawat, hanya pastikan saja untuk memberikan pencahayaan tinggi karena, jika tidak, tanaman ini bisa tumbuh ke atas untuk mencarinya.

KLIK INI:  Kenali 6 Media Tanam Anggrek juga Kelebihan dan Kekurangannya
  • Water wisteria

Tanaman ini cukup tangguh hidup di berbagai kondisi. Hanya membutuhkan sedikit perawatan sehingga tak menyita banyak waktu pemiliknya.

Suhu air 18-25 derajat celcius adalah yang paling bagus untuk pertumbuhannya. Secara geografis, tanaman ini berasal dari India, Nepal, Bangladesh, dan Bhutan. Water Wisteria dapat ditemukan di perairan dangkal dan sepanjang pinggiran sungai

Water wisteria adalah jenis tanaman aquascape yang mudah dirawat.

  • Java moss

Tanaman ini bisa tumbuh ideal di air bersuhu 21-24 derajat Celsius, tanaman ini sangat ideal untuk pemula karena tidak memerlukan pencahayaan khusus

Tanaman satu ini adalah jenis yang paling umum di dunia aquascape. Pasalnya, java moss adalah tanaman tangguh yang tidak mudah mati.

KLIK INI:  Cek Fakta, Benarkah Monstera Bisa Bikin Tajir?
  • Bucephalandra

Tanaman menjadi pilihan pncinta aquascape karena memiliki varian warna yang beragam, mulai dari hijau, ungu, cokelat, hingga hijau tua. Bentuk daunnya pun bervariasi, ada yang berdaun lancip, bulat, dan sebagainya.

Tanaman ini merupakan tanaman endemik Indonesia yang tumbuh di Kalimantan.

  • Pakis lidah

Pakis lidah bisa tumbuh sangat baik dan optimal di bawah cahaya yang menyebar. Pakis lidah mudah dirawat karena tergolong tumbuhan aquascape tanpa CO2 tambahan.

Itu karena karena dapat tumbuh dengan baik walaupun tanpa ditambah karbon dioksida ekstra atau pupuk tambahan meski diletakkan dalam air.

Pakis Lidah tumbuh dari batang yang disebut rimpang. Tanaman ini dapat menyerap nutrisi dari air melalui daun dan akar

Itulah beberapa jenis tanaman  aquascape yang bisa jadi pilihan untuk mengindahkan akuarium di rumah sahabat hijau.

KLIK INI:  Kalanchoe, Kaya Manfaat dan Gampang Tumbuh Hanya dengan Menjatuhkan Daunnya ke Tanah
Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!