Waspada, Empat Kebiasaan Ini Menandakan Anda Tak Ramah Lingkungan

Publish by -82 kali dilihat
Waspada, Empat Kebiasaan Ini Menandakan Anda Tak Ramah Lingkungan
Ilustrasi kran air bersih/foto-istimewa

Klikhijau.com – Masalah Lingkungan menyangkut masalah semua orang. Ketika ada pihak yang berperilaku buruk dan berpotensi mengakibatkan kerusakan pada lingkungan, semua orang akan terkena dampaknya.

Tidak hanya itu, masalah lingkungan menyangkut keberlanjutan manusia dan alam. Dampak yang belum terasa sekarang, boleh jadi terjadi di masa depan.

Dengan demikian, setiap kita harus berani merefleksi kebiasaan atau tindakan yang boleh jadi tidak ramah pada lingkungan.

Boleh jadi karena ketidaktahuan, atau anggapan yang sepele pada kebiasaan buruk yang akhirnya menjadikan kita sebagai bagian dari penyumbang masalah lingkungan.

Berikut ini, ada empat kebiasaan yang menandakan seseorang tak ramah lingkungan
KLIK INI:  Susu dan Makanan ini Menyebabkan Perut Kembung, Benarkah?
  • Membuang sampah sembarangan

Kebiasaan membuang sampah sembarangan. Umumnya setiap orang sadar bahwa sampah itu harus dibuang pada tempatnya, tetapi ada kebiasaan kecil yang sering disepelekan yakni membuang sembarangan sampah kecil-kecil.

Misalnya, bungkusan permen atau lembaran kertas kecil. Kebiasaan kecil ini tanpa disadari bisa menjadi budaya bila tidak diubah dari sekarang dengan membiasakan tertib membuang sampah pada tempatnya.

  • Boros memakai air bersih

Boros pemakaian air bersih. Kita seringkali lupa bahwa masalah kelangkaan air bersih merupakan salah satu masalah besar ke depan khususnya di wilayah perkotaan.

Tetapi, tidak sedikit di antara kita tanpa sadar sering memakai air bersih secara berlebihan. Bahkan berpikir bahwa air yang dipakai itu tidak masalah bila digunakan tanpa aturan, toh juga bisa dibayar tagihannya.

Ini keliru! Air bersih yang sudah digunakan bahkan bisa digunakan lagi pada tujuan lainnya agar air itu tidak terbuang begitu saja. Hemat air di rumah sangat penting.

  • Tak ada ruang tanam di halaman rumah

Tidak menyediakan ruang menanam di halaman rumah. Bagi warga perkotaan, menyediakan ruang tanam di sekitar rumah seringkali sulit.

Desakan memperluas banguan rumah, kebutuhan parkir kendaraan dan lainnya membuat kita lalai menyiapkan ruang tanam.

KLIK INI:  Minum Teh Setelah Makan Sebaiknya Dihindari, Begini Dampak Buruknya

Perilaku tidak memikirkan perlunya menaman atau merawat tanaman di sekitar rumah adalah suatu sikap tak bijak pada lingkungan.

Kecintaan pada tanaman seringkali dimulai dari kebiasaan kecil menanam atau mengoleksi tanaman di rumah.

  • Tidak terbiasa membawa tumbler

Tidak terbiasa membawa tumbler bila sedang di luar rumah. Hal ini memicu kita mengkonsumsi air mineral botolan dengan frekuensi tinggi.

Apalagi bila sedang bepergian dan tidak punya waktu cukup membuang sampah kemasan air mineral pada tempatnya.

Sebenarnya masih banyak lagi kebiasaan kecil yang tanpa sadar merugikan lingkungan. Saatnya kita memulai mengubah pola pikir dengan selalu menyadari bahwa lingkungan adalah tanggungjawab semua orang.

Tindakan positif sekecil apa pun sangat dibutuhkan dan akan berdampak baik pada keberlanjutan lingkungan. Kita bisa memulainya dari diri sendiri, dari rumah dan menjadi influencer di masyarakat.

Aksi kecil menanti seperti mengolah sampah di rumah, mendaur ulang sampah, memperbanyak tanaman, membuat biopori, terbiasa membawa tas belanja dan banyak lagi.

KLIK INI:  Ini Satu Manfaat Daun Pepaya yang Jarang Difungsikan

KLIK Pilihan!