Berbagai Khasiat Rumput Laut Bagi Kesehatan, Cocok untuk Diet

Publish by -146 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Berbagai Khasiat Rumput Laut Bagi Kesehatan, Cocok untuk Diet
Rumput laut/Foto-deherba.com

Klikhijau.com – Sejak berabad-abad lalu, bahkan sebelum masehi, khasiat rumput laut telah diketahui, dikonsumsi dan digunakan sebagai obat. Di Asia timur, rumput laut telah dikonsumsi sebagai lauk sehari-hari.

Sementara, kebudayaan Romawi memanfaatkan rumput laut untuk mengobati luka bakar, dan ruam kulit.

Rumput laut adalah bagian dari keluarga ganggang multi sel yang terdiri atas ganggang hijau, ganggang merah, serta ganggang cokelat. Sayuran laut yang tumbuh di laut atau di dekat perairan air asin ini adalah sumber makanan untuk kehidupan laut.

Jika menyukai sushi, pasti tidak asing lagi dengan rumput laut alias seaweed ini. Sushi biasanya dibungkus dengan memakai lembaran rumput laut kering yang disebut nori.

KLIK INI:  Kecut Menggelikan, Ini Khasiat Belimbing Wuluh yang Layak Anda Ketahui!

Tumbuh di sepanjang garis pantai berbatu di seluruh dunia. Namun, makanan yang disajikan dengan rumput laut rata-rata berasal dari Asia seperti Jepang, Korea dan Cina.

Variasi yang dilimiki rumput laut dapat memudahkan Anda untuk memasukkan rumput laut ke dalam resep yang berbeda.

Meski hingga kini, masih sedikit uji klinis yang rekomendasi terapi menggunakan rumput laut. Namun manfaatnya telah dipercaya oleh masyarakat, terutama sebagai sumber nutrisi penting yang baik untuk kesehatan.

Apa saja manfaat mengonsumsi rumput laut? Simak penjelasan berikut!

# Baik untuk kesehatan jantung

Dikutip dari Idntimes, mengkonsumsi rumput laut memiliki efek yang baik untuk kesehatan jantung . Rumput laut mengandung omega-3 asam lemak.

Di dalam tubuh omega-3, asam lemak mampu meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat. Hal itu dapat mencegah penyumbatan arteri, memperlancar peredaran darah dan menjaga jantungmu tetap sehat.

# Menjaga dan menurunkan berat badan

Beberapa jenis rumput laut, seperti rumput laut cokelat, mengandung pigmen fucoxanthin. Kandungan ini dapat membantu metabolisme tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Food Chemistry menemukan bahwa alginat (serat alami pada rumput laut cokelat) dapat membantu sekitar 75% untuk menghalangi penyerapan lemak pada usus.

# Mempercepat sembuhnya luka

Khasiat rumput laut lainnya adalah membantu luka agar cepat sembuh. Rumput laut kaya akan vitamin K. Vitamin ini berkoordinasi dengan trombosit, jenis sel yang dapat membentuk gumpalan/pembekuan darah.

Vitamin K akan mengirim sinyal kimia di mana trombosit mengumpulkan darah dan membekukannya. Jadi saat Anda terluka, luka tersebut akan berhenti mengalir.

Anda bisa memilih jenis rumput mana pun. Namun perlu diketahui, wakame memiliki kandungan vitamin K yang lebih sedikit.

KLIK INI:  Psikiater Ungkap 3 Masalah Kesehatan Mental di Tengah Covid-19
# Mencegah kanker

Khasiat rumput laut menakjugkan lainnya adalah bisa mengatur kadar estrogen di dalam tubuhmu, sehingga mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Kandungan glikoprotein dan polisakarida sulfat pada beberapa jenis rumput laut juga dapat merangsang kekebalan tubuh melawan virus dan sel-sel kanker.

# Penguat tulang dan gigi

Selain zat besi, rumput laut diketahui juga memiliki kandungan kalsium yang sangat diperlukan tulang dan gigimu. Rumput laut wakame diketahui memiliki kandungan 60 mg kalsium, atau setara dengan 6 persen dari kebutuhan kalsium harian rata-rata.

Rumput laut juga memiliki efek anti inflamasi yang dapat memperbaiki fungsi kelenjar ludah dan membuat jaringan di dalam mulut lebih tahan terhadap kerusakan.

Namun, jika alergi terhadap susu sapi, pertimbangkan makanan lain yang mengandung kalsium.

# Mencegah katarak

Katarak adalah salah satu penyakit mata yang sering dialami oleh orang-orang lanjut usia.

Rajin mengonsumsi rumput laut bisa mencegah penyakit katarak. Ini karena fucoxanthin di dalamnya memiliki efek anti inflamasi okular yang berperan penting dalam pencegahan penyakit katarak.

# Meningkatkan energi dan mencegah anemia

Manfaat dari zat besi adalah memproduksi energi yang butuh untuk dibakar oleh tubuh saat melakukan aktivitas harian. Kurangnya zat besi dapat menyebabkan anemia.

Kandungan zat besi pada rumput laut bisa menambah asupan zat besi Anda. Semangkuk rumput laut menyediakan 1,1  atau 0,8 mg zat besi.

# Mencegah pembengkakan kelenjar tiroid

Kandungan yodium rumput laut adalah sesuatu yang cukup jarang ditemukan pada makanan lain. Yodium penting untuk mempertahankan tiroid yang sehat.

Tiroid yang bermasalah dapat menyebabkan beberapa gejala seperti rasa lemah, otot pun melemah, dan kolesterol tinggi Bahkan pada kasus yang parah dapat menyebabkan kondisi medis yang serius seperti gondok, jantung berdebar-debar, serta memori yang terganggu.

# Anti oksidan dan melawan penyakit

Vitamin yang terkandung pada rumput laut memang banyak, seperti magnesium, copper, zinc, riboflavin, niacin, thiamin, vitamin A, B12, B6, dan C. Beberapa nutrisi tersebut adalah antioksidan.

Selain mengandung flavonoid, rumput laut juga mengandung antioksidan tinggi lainnya seperti karotenoid. Antioksidan berfungsi untuk mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas, serta baik untuk kesehatan kardiovaskular.

***

Jika mengonsumsi rumput laut, hal-hal berikut perlu Anda perhatikan. Jangan terlalu banyak mengonsumsi rumput laut karena dapat menyebabkan yodium berlebihan pada tubuh.

Makan secukupnya saja. Bagi penderita hipertiroidis, sebaiknya tidak mengonsumsi rumput laut.

Rumput laut mengambil mineral yang ada di laut. Bisa saja tanaman ini menyerap arsenik dan metal berat lainnya. Saat dikonsumsi berlebihan, tentunya tidak akan baik untuk kesehatan tubuh.

KLIK INI:  Perlu Tahu, Begini Cara Iris Jeruk Nipis yang Benar
Editor: Ian Konjo

KLIK Pilihan!