Benarkah Nikah Muda Berisiko Lahirkan Anak Stunting?

Publish by -34 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Benarkah Nikah Muda Berisiko Lahirkan Anak Stunting?
Ilustrasi /foto-Hipwee

Menikah muda menyebabkan kesiapan secara fisik perempuan mengalami berbagai tantangan dalam proses kehamilan

Klikhijau.com – Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (FEMA-IPB), Profesor Ujang Sumarwan mengungkapkan pernikahan di usia remaja atau muda mendatangkan banyak risiko.

Salah satu risikonya adalah melahirkan anak kerdil atau stunting. Kasus anak kerdil dibanding usianya banyak ditemukan pada keluarga yang menikah usia muda.

WHO menyebutkan usia remaja dimulai dari usia 10 hingga 19 tahun. Ketika memasuki masa ini remaja mengalami perubahan fisik, fungsi reproduksi, psikis dan sosial. Sayangnya, dalam masa perubahan tersebut, remaja banyak yang mengalami kekurangan gizi.

Data Studi Diet Total (2014) menunjukkan bahwa remaja di Indonesia usia 13-18 tahun mengalami defisiensi protein dan energi. Hal itu  menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada ibu dan janin.

KLIK INI:  Alih Fungsi Lahan Antar Danau Tempe ke Zona Kritis

“Ketidaksiapan secara fisik dan mental pada ibu yang hamil pada usia muda mengakibatkan berbagai tantangan selama proses kehamilan hingga melahirkan,” kata Ujang, seperti yang ditulis Sarah Ervina Dara Siyahailatua di Tempo, Sabtu, 26 Oktober 2019

Dalam jangka panjang, terbatasnya pengetahuan ibu tentang pentingnya persiapan gizi. Khususnya pada masa 1000 Hari Pertama Kehidupan juga meningkatkan risiko anak mengalami gangguan pertumbuhan hingga stunting.

Terkait hal itu, Ujang mengatakan walau ekonomi terus tumbuh, di bidang gizi dan kesehatan. Indonesia masih dihadapkan dengan berbagai tantangan termasuk stunting.

“Saya meyakini edukasi remaja adalah sebuah terobosan karena peningkatan pengetahuan gizi sebelum memulai keluarga akan berkontribusi pada kesadaran akan kesehatan ibu dan anak di masa penting dalam kehidupannya, termasuk memutus rantai persoalan stunting,” ujar dia.

Hmmmm, jadi yang masih berusia remaja, pikir-pikir dulu jika mau nikah, ya!

KLIK INI:  Pintu Air Bakal Dibangun Demi Melerai Sampah dan Bau di Losari
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Tempo.co

KLIK Pilihan!