Benarkah Anda Butuh Waktu Tidur 8 Jam? Klik Ini!

Publish by -29 kali dilihat
Benarkah Anda Butuh Waktu Tidur 8 Jam? Klik Ini!
Ilustrasi tidur/Foto-pixabay

Klikhijau.com – Aktivitas yang padat membutuhkan stamina yang besar. Waktu tidur dan istirahat tentu diperlukan agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Kurang istirahat membuat tubuh kelelahan, menurunkan produktivitas, level stres yang meningkat, hingga berujung pada depresi.

Karena itu, tidur memiliki peran yang sangat penting, apalagi jika pekerjaan menjadikannya sulit untuk tidak menunda jam istirahat.

Sebenarnya, kapan dan berapa waktu tidur agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas? Mari teruskan membaca.

KLIK INI:  Bangun Pagi Berpotensi Hindari Wanita dari Kanker Payudara
# Waktu yang tepat untuk tidur

Tubuh manusia mampu menyesuaikan waktu siang dan malam untuk menentukan pola tidurnya (dilansir dari CureJoy). Waktu tidur terbaik berada di antara jam 10 malam dan bangun sekitar jam 6 pagi.

Menurut ahli tidur dari Australia, Dr. Carmel Harrington, tidak memiliki jadwal bangun tidur yang konsisten menimbulkan perasaan lelah saat bangun di pagi hari. Pendapat ini dikutip dari Wolipop.detik.com yang dituliskan oleh Arina Yulistara.

Beberapa ahli ada yang menyarankan mulai tidur pada pukul 8 malam. Jika waktunya berada antara pukul 8 malam sampai 12 malam, tidur akan nyenyak dan bisa bermimpi indah.

Namun, beberapa ahli juga ada yang mengungkapkan jika masing-masing orang bisa memiliki jam mulai tidur yang berbeda. Ada juga yang tidak selalu cocok tidur pada pukul 10 malam.

Waktu tidur bisa disesuaikan dengan rutinitas harian atau kesibukan yang sedang dikerjakan. Yang penting, waktu istirahat yang dibutuhkan pada orang dewasa yaitu 7-9 jam.

Bagaimana jika senang begadang? Atau terbiasa tidur setelah pukul 12 malam? Kebiasaan ini bisa memberikan risiko pada kesehatan.

Sebuah penelitian pada pekerja di Jepang menemukan bahwa tidur terlalu larut memiliki kaitan erat dengan prevalensi yang tinggi pada gejala depresi. Konsisten menjaga pola tidur sangat penting bagi kesehatan mental.

Solusi lain jika kekurangan waktu tidur di malam hari adalah dengan meluangkan waktu untuk tidur siang singkat. Yang terpenting adalah durasi tidur dan menjaga jadwal istirahat reguler.

Tapi jika semuanya kembali normal, cobalah benahi kembali jadwal istirahat Anda.

KLIK INI:  Ingin Begadang yang Sehat, Lakukan 6 Cara Ini!
# Waktu tidur yang dibutuhkan

Seperti disebutkan di atas, waktu tidur yang dibutuhkan oleh setiap orang tergantung pada usia. Orang dewasa normalnya membutuhkan waktu tidur rata-rata 8 jam per hari.

Analis Tidur Dr. Amy Reynolds seperti dikutip dari Wolipop.detik.com, mengatakan bahwa orang yang bekerja atau masih kuliah seharusnya mendapatkan tidur selama 7 – 9 jam. Ini termasuk dengan wanita berusia 26 tahun hingga 60 tahun.

Jadi sebanyak apapun aktivitas yang dilakukan, harus tetap dibatasi. Hal ini dibutuhkan agar bisa memperoleh nutrisi dan menyehatkan organ tubuh dengan beristirahat selama 8 jam itu.

Dikutip dari CNNIndonesia.com, tidur dibutuhkan agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Daya tahan tubuh yang kuat tentu akan membuat organ tubuh bekerja secara optimal.

Dengan begitu, bibit-bibit penyakit pun bisa dicegah. Jika tidak, akan terjadi sebaliknya.

KLIK INI:  Sering Kurang Tidur? Ini Dampaknya, Poin Terakhir Paling Berbahaya
Editor: Ian Konjo

KLIK Pilihan!