Begini Tips Agar Tidak Mabuk Kendaraan dalam Perjalanan

oleh -411 kali dilihat
Begini Tips Agar Tidak Mabuk Kendaraan dalam Perjalanan
Ilustrasi kendaraan.

Klikhijau.com – Kalian pasti sering sering melakukan perjalanan jauh. Baik itu perjalanan saat mudik, traveling atau tugas pekerjaan. Tetapi apakah kalian pernah mengalami mabuk selama perjalanan?

Hal itu wajar saja bagi orang yang sehat. Mabuk perjalanan memang tidak bisa dihindari bagi mereka yang tidak kuat melakukan perjalanan jauh baik menggunakan kendaraan darat, laut maupun udara.

Saya pun mengalami mabuk perjalanan beberapa hari yang lalu saat sedang bepergian menggunakan kendaraan darat.

Nah, beberapa faktor penyebab tubuh mengalami mabuk perjalanan diantaranya karena tubuh tidak bisa menerima perjalanan yang cukup jauh.

Selain faktor tersebut, hilangnya keseimbangan tubuh juga menjadi pemicu karena mata dan telinga kita terganggu dengan kendaraan yang terus bergerak. Hal ini menimbulkan gejala seperti kepala berputar, mual, hingga muntah seperti dikutip dari phinemo.com.

KLIK INI:  Jaga Kesehatan Mata dengan Tips Sederhana Ini

Segi fisik dan sisi kendaraan juga termasuk faktor penyebab orang mabuk saat melakukan perjalanan. Mengutip dari hellosehat.com, bahwa dalam segi fisik ada yang dinamakan motion sickness yaitu penyakit yang diakibatkan pergerakan.

Untuk itu, ada beberapa tips untuk mencegah terjadinya mabuk perjalanan di kendaraan yang dirangkum dari beberapa sumber.

Dikutip dari phinemo.com, dokter Marlinca Agung Rusmalinda Putri, mengatakan ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa mabuk perjalanan.

  1. Sebelum naik kendaraan isi perut terlebih dahulu (makan). Jangan sampai perut dalam kondisi kosong.
  2. Minum obat anti muntah.
  3. Saat naik kendaraan usahakan jangan meminum minuman bersoda, makan makanan yang sekiranya dapat memicu mual (biasanya setiap individu memiliki faktor pemicu tersendiri).
  4. Saat naik kendaraan, posisikan badan senyaman mungkin dan hindari aktivitas membaca buku atau bermain HP. Usahakan mata agar tetap fokus.
  5. Posisikan kepala dalam keadaan stabil.
  6. Jangan makan secara berlebihan.
  7. Konsumsi permen mint dan pejamkan mata untuk mencegah gejala mual.
  8. Jika gejala mual, pusing, dan keringat dingin mulai muncul, pejamkan mata dan mulailah untuk istirahat sampai serangan reda.

Sementara itu dipublis liputan6.com, tips-tips tadi bisa ditambahkan dengan cara berikut.

KLIK INI:  5 Manfaat Skipping Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
Mengemil saat perjalanan

Makanlah makanan ringan setiap beberapa jam untuk menjaga makanan tetap ada di perut. Apa pun yang Anda makan harus hambar, rendah lemak dan asam.

Pilihlah tempat duduk yang tepat posisisnya

Di dalam mobil, pilih kursi penumpang paling depan. Di kereta, duduk di sebelah jendela, dan menghadap ke depan, ke arah yang dilalui kereta. Jangan duduk berlawanan dari arah perjalanan Anda.

Istirahatkan mata

American Academy of Otolaryngology bagian Bedah Kepala dan Leher merekomendasikan bahwa orang-orang yang rentan terhadap mabuk perjalanan duduk di kursi yang menghadap ke depan dan menghindari membaca saat bepergian.

KLIK INI:  Sering Gatal, Begini Cara Menaklukannya!
Dapatkan cukup udara segar

Perjalanan dapat membuat Anda merasa panas dan berkeringat, dan angin (atau hembusan udara bertiup ke arah Anda) dapat membantu Anda merasa lebih baik. Untuk mencegah mabuk laut, berdirilah di luar (di atas dek kapal) di udara dingin selama beberapa menit.

Mengunyah jahe

Banyak penelitian membuktikan khasiat jahe dalam mencegah mabuk perjalanan. Rempah-rempah ini mungkin merupakan sekutu terbaik Anda selama perjalanan mudik.

Fokus pada pernafasan

Jika semuanya gagal, dan Anda terjebak dalam pergolakan penderitaan mabuk perjalanan, fokuslah pada napas Anda. Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, satu studi menunjukkan bahwa mengambil napas yang lambat, tenang, masuk dan keluar akan menenangkan dan memusatkan Anda pada perasaan damai.

Saat Anda dalam keadaan mabuk perjalanan, lakukan tips-tips di atas. Selamat mencoba!

KLIK INI:  Bermain Gawai Membuat Mual di Mobil Saat Perjalanan? Ini Kata Medis