Begini Alasan Mengapa Kita Sebaiknya Hindari Air Dingin Saat Buka Puasa!

oleh -289 kali dilihat
Begini Alasan Mengapa Kita Sebaiknya Hindari Air Dingin Saat Buka Puasa!
Ilustrasi minum air es/liputan6.com
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Di saat puasa, dahaga adalah yang terberat bagi kebanyakan orang. Terlebih bila cuaca panas dan tetap harus menjalani aktivitas sehari-hari. Saat seperti ini, minuman dingin jadi primadona banyak orang.

Tak hanya minuman dingin, makanan dingin juga diidamkan. Itu karena kita berada pada tingkat kehausan yang maksimal di siang hari.

Lihat saja, jajanan makanan dan minuman juga serba dicampur dengan es batu. Asumsinya sederhana, air dingin sangat menyegarkan untuk berbuka.

Padahal, di balik rasanya yang segar ternyata air dingin memiliki efek berbahaya bagi kesehatan. Mulai dari gangguan pencernaan hingga sakit tenggorokan bisa terjadi pada Anda.

KLIK INI:  Puasa, Kurma dan 4 Manfaat Istimewa di Baliknya
  • Gangguan pencernaan

Pada saat Anda meminum air dingin dalam keadaan perut kosong, lambung akan berkontraksi karena menerima cairan yang suhunya jauh berbeda dari suhu tubuh. Nah, hal tersebut bisa membuat perut Anda mulas seperti ingin ke kamar mandi.

Oleh karena itu, lebih baik hindari air dingin agar buka puasa Anda lebih nyaman.

  • Mudah terserang penyakit

Salah satu efek dari minum air dingin ketika buka puasa adalah memproduksi lendir berlebih pada tubuh Anda. Kelebihan lendir ini ternyata mampu menurunkan fungsi sistem pertahanan tubuh Anda, sehingga mudah terserang penyakit.

Berikut beberapa gangguan kesehatan karena sering minum air dingin.

KLIK INI:  Mau Daya Tahan Tubuh Tetap Oke Saat Puasa? Begini Tips Alaminya!
  • Sakit tenggorokan

Minum air dingin bisa menyebabkan sakit tenggorokan memang bukanlah kabar yang mengejutkan. Jika Anda sering melakukan kebiasaan ini,  lapisan pelindung saluran pernapasan Anda akan menumpuk, sehingga rentan terhadap infeksi tenggorokan.

  • Tidak menyerap nutrisi untuk tubuh

Pada saat Anda mengonsumsi air dingin, tubuh akan bekerja keras untuk menyeimbangkan suhunya. Nah, karena energinya terlalu banyak dipakai untuk keseimbangan suhu, tenaga yang seharusnya digunakan untuk menyerap nutrisi pun berkurang.

  • Sakit kepala

Sama seperti saat Anda memakan es krim, reaksi tubuh Anda saat menerima air dingin juga dapat dikatakan brain freeze. Kondisi ini dipengaruhi oleh jaringan saraf tulang belakang. Saraf yang cukup sensitif ini ternyata mengirimkan pesan kepada otak Anda, sehingga menyebabkan sakit kepala.

KLIK INI:  Puasa Tetap Lancar Walau Diabetes, Ini Syaratnya!

Meskipun demikian, sakit kepala akibat minum air dingin ini biasanya tidak lama. Anda hanya akan merasakannya sebentar saja lalu dengan cepat rasa tersebut hilang lagi.

Air Hangat Lebih Sehat untuk Berbuka

Kesimpulannya, alangkah baiknya Anda menghindari minum air dingin saat buka puasa. Mengingat terlalu banyak efek yang ditimbulkan dari minum air dingin ini, bukankah Anda ingin menjalankan ibadah puasa tanpa harus menderita penyakit apapun?

Oleh karena itu, usahakan untuk minum air putih yang bukan berasal dari kulkas atau ditambahi es.

Usakahan untuk memilih air hangat sebagai pembatal puasa Anda. Air hangat dipercaya mempunyai segudang manfaat untuk tubuh Anda, terutama saat puasa, seperti:

  • Membantu melancarkan pencernaan
  • Membuang toksin dari tubuh
  • Menghambat penuaan
  • Meredakan hidung tersumbat

Nah, setelah tahu ini, Anda masih ingin meminum yang dingin-dingin? Demi menjaga kesehatan dan kelancaran puasa, ada baiknya Anda mempertimbangkannya!

KLIK INI:  Tips Minum Air Putih yang Benar Saat Buka Puasa dan Sahur