BBKSDA Sulsel Gelar Forum Penyegaran Bagi Pejabat Fungsional dan Tenaga Teknis

Publish by -43 kali dilihat
Penulis: Ian Konjo
Suasana forum penyegaran BBKSDA Sulsel/foto-dok BBKSDA Sulsel

Klikhijau.com – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulawesi Selatan menggelar penyegaran bagi Pejabat Fungsional dan Tenaga Teknis, Kamis 13 Juni 2019 di Makassar.

Kegiatan ini bertajuk “Membangun SDM Konservasi yang handal di era Digital Milenial”. Sebuah forum yang digelar demi memberi penguatan kapasitas dan sinergitas para Pejabat   Fungsional dan Tenaga Teknis.

Kegiatan ini dilakukan mengingat peran pejabat fungsional dan tenaga teknis yang sangat besar yakni sebagai think tank  atau sumber ide  suatu  institusi. Tim pemikir  teknis ini berperan strategis dalam memberikan input,  feedback, kritik   serta ide-ide yang kreatif dan inovatif untuk kemajuan institusi dalam menghadapai permasalahan dan tantangan saat ini dan kedepan khususnya di Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan.

KLIK INI:  BBKSDA dan Lindungi Hutan Gelar Even "Makassar Rawat Bumi" di Lantebung

Saat  ini tenaga fungsional dan tenaga teknis baik dengan status ASN maupun Pegawai   Non   ASN   berjumlah  90 orang yang terdiri dari PEH 19 orang,  Polhut 51 orang, Penyuluh Kehutanan 4  orang, Penggerak swadaya  masyarakat 1 orang. Bhakti Rimbawan 5 orang Pemandu  Wisata 5 orang, Dokter Hewan 1 orang, tenaga IT 1 orang,  Animal keeper 2 orang.

Tenaga fungsional tersebut  diharapakan mampu mendukung tenaga manejerial untuk melaksanakan tugas dan fungsi, yaitu perlindungan dan pengamanan Kawasan konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan jasa  lingkungan di 15 resort dan tapak  yang tersebar di 2 Provinsi    (Sulawesi Selatan  dan Sulawesi Barat) dan 9 Kabupaten/Kota    dengan  luas kawasan  konservasi     hampir mencapai  400 ribu hektar.

Dalam pengelolaan kawasan konservasi sangat kompleks dengan dinamika lapangan yang  dinamis, kegiatan penyegaran ini dilakukan agar tenaga fungsional dan tenaga teknis lainnya mendapat soft Skill dan kapasitas/kompetensi kekinian untuk dapat menyikapi  permasalahan yang  ada.

Adapun proses penyegaran ini diawali dengan Outbond untuk meningkatkan Team work yang bersinergi oleh Tim  Creative  BDK yang berisikan games-games seru.

KLIK INI:  BBKSDA Selenggarakan Jungle Track di Hari Bakti Rimbawan 2019

Keynotespeech Ir. Thomas Nifinluri, Msc, selaku Kepala Balai Besar KSDA Sulsel, mengantar materi yang dilanjutkan materi dari Kabidtek Anis Suratin. Pemateri lainnya adalah penulis buku sekaligus pecinta alam Sili suli dan Nur Alim Djalil seorang Dosen di Universita Fajar, Wartawan dan juga Penulis Buku, memberi penguatan dan motivasi bagi pejabat fungsional untuk banyak menulis dan menuangkan ide ide terkait tugas fungsi.

Kepala Balai Besar BBKSDA Thomas dalam topik paparannya menerangkan tentang Peran pejabat fungsional dan tenaga teknis lainnya dalam mendukung kinerja organisasi. Dimana seorang pejabat fungsional yang baik harus memiliki ke 9 sifat yaitu : 1. Inisiator, 2. advisor, 3. Assessor, 4. Communicator, 5. Corrector, 6. Facilitator, 7. Investigator, 8. activator 9. Developer.

Sementara Nur Alim Djalil lebih spesifik menginspirasi perlunya mengembangkan bakat menulis. Menurutnya, menulis khususnya isu lingkungan itu tidak selalu jurnalis dan wartawan yang melakukannya. Nur Alim menekankan betapa pentingnya menulis, yakni  dengan menulis dapat mempengaruhi kebijakan dan aturan-aturan yang ada di masyarakat.

KLIK INI:  Perihal Kehati dan Pesan Kepala BBKSDA Sulsel Kepada Kaum Milienial
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!