Batang Pisang, Obat Ajaib yang Diabaikan

Publish by -414 kali dilihat
Penulis: Irhyl R Makkatutu
Batang Pisang, Obat Ajiab yang Diabaikan
Ilustrasi pohon pisang/foto-YouTube

Klikhijau.com – Jika kelak kamu berkunjung ke kampung saya. Jangan kaget bila disuguhi pisang. Sebab, sebagai daerah yang dominan penduduknya adalah petani. Pisang menjadi tanaman hampir “wajib” ada di kebun.

Pisang menjadi oleh-oleh yang paling mungkin di bawa pulang jika ada keluarga datang dari jauh. Warga di kampung saya hanya memanfaatkan buahnya saja. Sementara batangnya diabaikan.

Rupanya, bukan hanya di kampung saya hal itu terjadi. Namun, di Indonesia pada umumnya. Masyarakat masih minim sekali atau bahkan hampir tidak ada yang mengonsumsi batang pisang.

KLIK INI:  Begini Pemanfaatan Bandotan di Beberapa Negara di Dunia

Namun, menurut ahli gizi, batang pohon pisang mengandung berbagai nutrisi seperti tanin, gula, vitamin A, vitamin B, vitamin C, Saponin, Zat tepung, kalium, serotonin, hidrokitiptamin, dan neropinefrin.

Karena mengandung banyak nutrisi, maka batang pisang bisa berfungsi sebagai obat yang dapat mengobati berbagai penyakit:

  • Menyembuhkan Anemia

Batang pohon pisang bisa meningkatkan hemoglobin dalam darah, karena kandungan vitamin B6. Oleh karena itu, bagi penderita Anemia, mengonsumsi batang pohon pisang ini dipercaya bisa menjadi ramuan herbal untuk mengobati penyakit ini

  • Mencegah batu ginjal

Endapan kalsium dalam organ ini bisa menyebabkan munculnya batu ginjal. Namun, hal itu bisa kita cegah dengan cara alami. Salah satunya dengan memanfaatkan efek diuretik batang pohon pisang, yang dipercaya bisa melancarkan buang air kecil dan membersihkan saluran ginjal.

KLIK INI:  Bandotan, Rumput Liar yang Membuat Pasanro Angkat Topi Pada Leluhur
  •  Mengontrol keasaman

Orang dengan keasaam harus sering minum jus batang pisang, karena mampu memberikan bantuan dari tingkat keasaam lambung. Bahkan cara ini diyakini efektif untuk mencegah terjadinya kerusakan pada dinding lambung.

  • Mengobati diabetes

Jus batang pohon pisang bisa mengatur tingkat insulin dalam tubuh, hal ini sangat bermanfaat dalam mengobati diabetes.

Minum jus batang pisang dengan tetap mempertahankan kandungan seratnya, mampu mencegah kadar gula dan dan menatralisir tensi darah.

KLIK INI:  Penyakit Maag Anda Sering Kambuh? Atasi dengan 5 Obat Alami Ini!
  • Detoksifikasi

Minum jus batang pisang dapat membantu detoksifikasi seluruh sistem organ dalam waktu singkat. Sama seperti jus hijau lainnya, jus batang pisang dapat membersihkan sistem organ tubuh.

  • Membersihkan infeksi

Kandungan kalium dan vitamin lain yang hadir di batang pisang dapat mengobati gejala infeksi tertentu. Salah satunya minum jus batang pisang dapat menyembuhkan infeksi saluran kemih.

  • Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat batang pisang adalah menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh. Karena dengan mengonsumsi batang buah pisang, sistem pencernaan kita bisa selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang terhubung dengan sistem pencernaan.

KLIK INI:  Sarang Semut dan Segudang Manfaat untuk Pengobatan Berbagai Macam Penyakit
Editor: Ian Konjo
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!