Baru Dicanangkan, Jawi-Jawi Mangrove Mulai Intens Berkolaborasi

oleh -206 kali dilihat
Baru Dicanangkan, Jawi-Jawi Mangrove Mulai Intens Berkolaborasi
Penanaman mangrove yang dilakukan petani mangrove Jawi-jawi
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Masyarakat pesisir di Desa Tubo Tengah patut diapresiasi dalam hal menjadikan mangrove sebagai bagian dari denyut nadi kehidupan pesisir. Hal ini ditunjukkan dengan terbentuknya kelompok tani hutan Jawi-Jawi mangrove Tusalama Tubo Tengah sejak April 2017 lalu.

Seorang aktivis dan pegiat yang sebelumnya sukses menjadi bagian dari Mangrove Learning Center (MLC) di Desa Baluno Majene bernama Tavip Anwar menjadi pelopornya. Sejak diresmikan oleh pemerintah desa pada Desember 2018, kelompok tani hutan Jawi-Jawi sangat intens melibatkan masyarakat dan banyak pihak dalam pengembangan kawasan baru tersebut.

Selain melibatkan sekaligus mengedukasi masyarakat, komunitas Jawi-Jawi Mangrove juga membuka kran kolaborasi dengan para stakeholders.  Akhir tahun 2018, komunitas ini menggelar kegiatan bekerjasama dengan Kodim 1401 Majene, Polsek Sendana, dan sekolah terdekat.

KLIK INI:  Baru! Destinasi Wisata Hutan Mangrove Idaman di Jeneponto yang Memukau

“Penanaman dan sosialisasi mengenai mangrove itu dilakukan dalam rangka hari bakti kartika Kodim 1401 Majene. Selain TNI dan Polri, kami juga melibatkan sekolah dan komunitas yaitu Madrasah Aliah Lombona Tubo Tengah, SMK Negeri 4 Majene, SMK 8 Majene, dan KSR Majene,” jelas Tavip.

Menariknya, selain memberikan edukasi mengenai pentingnya mangrove, kegiatan tersebut juga melakukan penyuluhan dampak Narkoba pada remaja dan penyuluhan bela negara.

“Jadi para peserta yang kebanyakan remaja usia sekolah tersebut diharapkan memiliki kecintaan terhadap mangrove, sekaligus memiliki semangat nasionalisme berkebangsaan yang kuat,” tegas adik kandung Aziil Anwar itu.

Sesi penanaman mangrove secara bersama berlangsung meriah. Komunitas Jawi-Jawi Mangrove bertekad akan terus menggelar kegiatan serupa dengan prinsip partisipasi dan kolaborasi.

Keindahan Pesisir Pantai di Tubo Tengah

Sebagai desa yang terletak di wilayah pesisir, panorama pantai di Tubo Tengah Kecamatan Sendana cukup istimewa. Desa yang dilalui saat melintasi jalur poros Majene-Mamuju tersebut memiliki pemandangan memukau dengan pantai yang pasirnya putih, hutan mangrove, dan senja yang merona di sore hari. Ini satu potensi destinasi wisata bahari yang dapat dikembangkan pemerintah setempat.

KLIK INI:  Baru! Destinasi Wisata Hutan Mangrove Idaman di Jeneponto yang Memukau