Barang Bekas dan Sederet Ide Memanfaatkannya agar Lebih Bernilai

oleh -13 kali dilihat
Cara Simpel Membuat Pot dari Barang Bekas, Murah dan Ramah Lingkungan
Pot dari kaleng bekas - Foto/Trubus

Klikhijau.com – Barang bekas kadang melimpah di rumah atau di gudang. Apabila tidak memanfaatkannya dengan bijak, maka akan menjelma sampah meresahkan.

Biasanya barang bekas akan disimpan begitu saja. Padahal jika cukup kreatif  dapat melahirkan “produk baru” yang menarik.

Beberapa barang bekas, biasanya memiliki kualitas yang bagus. Namun, karena satu dan lain hal alasan, akhirnya dibiarkan saja menganggur.

Daripada barang-barang itu menganggur, ada baiknya dimanfaatkan kembali. Cara ini untuk menguji kreativitasmu, juga menjadi cara bijak mengurangi sampah.

KLIK INI:  7 Poin Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Konsumsi Obat dari Tanaman Bunga

Berikut beberapa ide mengubah barang bekas menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, pemanfaatannya pun tergantung jenis sampahnya dan daya kreativitas yang dimiliki:

  •  Makeover barang lama

Makeover barang-barang lama atau tua di rumah. Jika  memiliki ide dan rasa kreativitas tinggi, maka dapat dimanfaatkan dengan cara memodifikasinya terlebih dahulu. Dengan melakukan ini, barang tersebut akan lebih menarik untuk dijual kembali.

Barang bekas yang kamu miliki, apa pun jenisnya bisa dimodifikasi sehingga tampak baru dan unik.

  • Kotak penyimpanan

Terkadang kita membeli barang dengan kemasan yang cukup besar, misalnya barang elektronik dengan kemasan kardus yang besar.

Kardus itu biasanya disimpan saja menjadi barang yang menganggur. Padahal bisa dimanfaatkan menjadi wadah atau kotak penyimpanan.

Kemasan barang yang dibeli juga bisa dimanfaatkan sebagai pot, misalnya plastik kemasan minyak goreng—bisa dimanfaatkan sebagai pot untuk menanam aneka rempah atau tanaman hias.

KLIK INI:  Sampah, Sesuatu yang Bernilai Guna untuk Ditabung di Bank Sampah
  • Pot bunga

Jika kamu punya barang bekas berupa botol plastik, tempat oli, kaleng hingga jerigen—wadah tersebut bisa dimanfaatkan menjadi pot bunga.

Pot bunga saat ini banyak memanfaatkan barang bekas, bukan hanya yang terbuat dari plastik, bahkan handuk, pakaian hingga selimut bekas pun dapat dijadikan pot.

Persoalan menarik atau tidaknya pot yang dibuat, itu kembali ke tingkat kreativitas. Selain itu, memanfaatkan barang yang tidak lagi terpakai juga berarti kamu ikut andil menyelamatkan lingkungan dengan cara mengurangi sampah.

  • Kotak tisu

Jika kamu berkunjung ke rumah kerabat atau teman, apabila mereka memiliki kotak tisu. Cobalah perhatikan—barangkali terbuat dari barang bekas.

Karena saat ini banyak kotak tisu terbuat dari barang bekas. Selain itu, beberapa kotak tisu juga merupakan barang yang langsung diabaikan setelah tidak lagi terpakai.

Kotak tisu yang demikian biasanya berbahan kardus atau karton tipis. Nah, bahan tersebut dapat dijadikan hiasan atau apa saja sesuai kreasimu.

KLIK INI:  Sampah Jadi Masalah Utama Kota Berkembang, Termasuk Makassar
  •  Kerajinan tangan

Orang yang kreatif, biasanya akan mudah membuat kerajinan tangan. Nah, kerajinan tangan tidak melulu harus dari bahan yang baru.

Memanfaatkan barang bekas di rumah sangat bisa menghasilkan kerajinan tangan yang unik dan menarik bahkan bermutu.

Ada banyak contoh kerajinan tangan dari barang bekas, misalnya handicraft berupa gantungan kunci, tempat tisu, dan hiasan lainnya, biasanya terbuat dari barang yang tidak lagi terpakai.

  •  Sisa bongkahan ubin atau tegel

Saat renovasi rumah atau membuat rumah, ubin biasanya banyak pecah dan tidak lagi terpakai.

Karena dianggap tidak lagi berguna, biasanya dibuang begitu saja. Padahal sampah jenis ini bisa disulap untuk dekorasi yang membuat rumah lebih indah dan unik.

KLIK INI:  Berbagai Tips Agar Minim Sampah di Bulan Ramadan
  • Kardus karton atau tempat telur

Kardus karton tempat telur bekas, bukan hanya bisa digunakan sebagai pupuk tanaman. Lebih dari itu, kardus telur bekas bisa disulap jadi dekorasi rumah yang berfungsi membuat rumah lebih estetik dan juga bisa meredam suara.

Wadah ini pun bisa dimanfaatkan untuk menjadi tempat menyimpan sesuatu.

  • Preloved

Jika kamu punya barang second, kamu bisa melakukan  thrift shop atau toko yang menjual barang preloved atau bekas.

Misalnya, kamu punya celana, sepatu atau baju yang masih bagus. Namun, karena ukurannya tidak lagi sesuai dengan badan, maka tidak lagi terpakai.

Barang-barang tersebut bisa dijual kembali di lapak-lapak online atau membuka bisnis online thrifting di akun media sosialmu.

Tidak hanya pakaian barang elektronik  bekas pun bisa kamu tawarkan melalui   e-commerce.

KLIK INI:  Katalog Jenis Sampah yang Bisa Ditabung di Bank Sampah dan Perkiraan Harganya
  •  Botol bekas sabun cair

Bagi pengguna sabun cair, tentu tidak asing dengan botol bekas sabun cair di kamar mandi atau di tempah sampahnya.

Botol tersebut bisa dimanfaatkan kembali dengan cara membeli refill sabun dan mengisinya pada botol tersebut.

Atau jika tidak demikian, maka bisa dimanfaatkan menjadi hiasan atau wadah untuk menyiram tanaman, jadi kamu tidak perlu membeli yang baru alat penyiram tanaman.

  • Taplak meja

Pakaian bekas, selain  dijadikan barang preloved, juga bisa dimodifikasi atau dikreasikan menjadi taplak meja.

Tidak hanya itu, juga bisa dijadikan boneka atau bantal dengan cara memotong-motong kecil lalu masukkan ke sarung bantal atau boneka.

Nah, sahabat hijau itulah ide memanfaatkan barang bekas. Jika sahabat hijau punya ide lain, silakan berbagi.

KLIK INI:  7 Bagian Penting dalam Rumah yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan