Bantu Pulihkan Kesehatan Anak, Italia Buat Pantai Buatan dalam RS

Publish by -27 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Bantu Pulihkan Kesehatan Anak, Italia Buat Pantai Buatan dalam RS
Ilustrasi anak bermain di pantai/foto-Pixabay.com

Udara laut diyakini baik untuk kesehatan, maka Italia membuat pantai buatan dalam rumah sakit untuk kesehatan anak-anak

Klikhijau.com – Para dokter di salah satu rumah sakit (RS) di Genoa, Italia percaya keberadaan pantai mampu mempercepat pemulihan kesehatan anak-anak. Maka kemudian pihak RS memutuskan untuk membuat sebuah pantai buatan.

Tentu itu hal yang sangat langka dan menakjubkan. Membawa desiran ombak dan aroma laut ke dalam RS. Tempat yang sangat dihindari banyak orang, khususnya anak-anak.

Namun, para dokter di RS tersebut juga percaya memberi ruang bagi anak-anak ke udara segar dan sinar matahari dapat bekerja sebagai bagian dari perawatan heliotherapeutic atau berbasis matahari. Sangat baik bagi kesehatan anak.

Apalagi udara laut juga diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan. Dapat membantu anak-anak memulihkan energi, memperkuat tulang, dan bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.

KLIK INI:  5 Hal Istimewa di Rumah Hijau Denassa yang Membuat Anak Ceria

Pantai buatan tersebut dibuat karena pihak RS merasa perlu memberi anak-anak hari yang menyenangkan. Sekaligus dapat membantu kesehatan mental dan fisik mereka, terutama membantu anak-anak mengatasi kecemasan atau depresi.

Para pasien yang ingin menikmati pantai buatan tersebut pun tak dikenai biaya tambahan. Asalkan telah mendapatkan izin dari para dokter. Fasilitas yang terdapat pada pantai tersebut pun dibuat sama seperti pantai pada umumnya.

Tak ada penjaga pantai

Pantai buatan dalam rumah sakit tersebut dilakukan oleh sebuah klub rekreasi dari Gaslini Pediatric Institute of Genoa. Kemudian diberi nama pantai Pantai Gaslini

Pantai Gaslini yang berada di dalam sebuah rumah sakit di Genoa, Italia itu. Dilengkapai berbagai fasilitas, mulai pasir pantai, meja dan kursi serta payung, bahkan sebuah arena bermain.

KLIK INI:  5 Permainan Outdoor untuk Anak yang Layak Dihidupkan Kembali

Hanya saja, pantai buatan tersebut mereka tidak menyediakan penjaga pantai. Tetapi pasien anak-anak yang bermain di pantai buatan tersebut tetap mendapat pengawasan.

Untuk mencapai pantai Gaslini, Klub yang bertanggung jawab membuat pantai buatan itu membangun sebuah terowongan paviliun yang menghubungan rumah sakit dengan ruangan yang dijadikan sebagai pantai pribadi.

Pantai tersebut digunakan untuk memberikan perawatan ekstra bagi anak-anak yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

Pada tahun 2018 , diyakini bahwa sekitar 300 anak menikmati pantai. Orang lain diizinkan mengakses pantai, tetapi mereka diharuskan membayar biaya. Ini termasuk pensiunan, keluarga, dan karyawan rumah sakit. Pada tahun 2019, pengunjung ke pantai meningkat 50% dari tahun sebelumnya.

KLIK INI:  Anak yang Dikelilingi Ruang Hijau Lebih Tangguh dari Gangguan Mental?
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Liputan6.com

KLIK Pilihan!