Bakti Sosial MD KAHMI Makassar, Boyong Puluhan Dokter Ahli di Pulau Sabutung

oleh -16 kali dilihat
Bakti Sosial MD KAHMI Makassar, Boyong Puluhan Dokter Ahli di Pulau Sabutung
Ketua MD KAHMI Kota Makassar dan Wakil Bupati Pangkep yang juga Ketua MD KAHMI Pangkep saat Baksos di Pulau Sabutung - Foto/Ist

Klikhijau.com – Pengurus Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) Kota Makassar menggelar Bakti Sosial (Baksos) selama dua hari di Pulau Sabutung, Desa Mattiro Kanja, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Kabupaten Pangkep, 20-21 November 2021.

Kegiatan bertajuk “Baksos Pengobatan Gigi dan Operasi Bibir Sumbing” ini digelar atas kerjasama dengan Pengurus MD KAHMI Kabupaten Pangkep, Rumah Sakit Unhas, Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGMP) Unhas, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI), KAHMI Rayon Unhas dan Fakultas Kedokteran Gigi Unhas.

Rombongan Pengurus MD KAHMI Makassar dipimpin langsung oleh Ketua, Prof. H. A. Pangerang Moenta, SH, MH, DFM, Sekum A. Sri Hastuti Sultan, Bendum Dr. Asri Razul dan sekira 80-an pengurus KAHMI Kota Makassar lainnya yang tak lain adalah para dokter ahli dan tenaga medis lainnya.

“Bakti sosial ini merupakan kegiatan rutin KAHMI Kota Makassar. Setiap tahunnya, kami memang melakukan kegiatan sosial sebagai bentuk pengabdian KAHMI pada masyarakat.  Baksos tahun ini bekerjasama dengan KAHMI Pangkep, sebagai tindaklanjut dari agenda silaturrahmi kami beberapa bulan sebelumnya,” kata Profesor Pangerang Moenta.

Profesor Pangerang mengatakan, KAHMI Kota Makassar saat ini memiliki potensi yang sangat besar dengan keberadaan pengurus dari berbagai latar belakang akademik dan keahlian, termasuk di dalamnya para dokter ahli.

KLIK INI:  Benarkah Anda Butuh Waktu Tidur 8 Jam? Klik Ini!

“Kami memboyong sekira 30 dokter ahli gigi dan mulut dan 10 dokter ahli penyakit dalam. Ada juga dokter ahli kanker, spesialis kandungan dan lainnya. Mereka ini sebagian besar adalah pengurus KAHMI Makassar, seperti drg. Andi Tajrin, M.kes, S.p, BM(K) dan Prof drg. Ruslin, M.Kes, Ph.D, Sp.BM(K),” jelas guru besar Fakultas Hukum Unhas ini.

Sebelum berangkat ke Pulau Sabutung, rombongan KAHMI Kota Makassar disambut Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana yang juga Ketua Presidium MD KAHMI Pangkep. Lalu, menuju ke Dermaga Maccini Baji menuju pulau Sabutung dan tiba di dermaga pulau Sabutung pukul 10. 30 WITA (20 November 2021).

Rombongan disambut secara penyambutan resmi di aula pertemuan kantor kecamatan Liukang Tupabbiring oleh Sekcam Liukang Tupabbiring Mursalim J, S.Pd, dan Kepala Desa Mattiro Kanja, Musakkir, S.Pd.

Warga masyarakat di Sabutung tampak sangat antusias mengikuti bakti Sosial yang mulai berlangsung pada pukul 14. 00 Wita. Puluhan warga yang mengidap keluhan kesehatan langsung mendapat pelayanan dari dokter ahli secara gratis.

“Warga sangat antusias, karena biasanya mereka harus antri untuk periksa ke dokter ahli, namun hari ini bisa langsung bertemu dan gratis pula. Warga juga mendapat konsultasi kesehatan secara gratis, cabut gigi gratis dan diberikan vitamin serta obat-obatan gratis,” tambah Profesor Pangerang.

Selain itu, bagi warga yang akan mengikuti operasi bibir sumbing akan diberikan layanan operasi pada 11 Desember di RS Pangkep.

“Operasi tidak dilakukan di lokasi karena memang harus ada perlakuan dan alat yang steril. Kami sangat senang, Alhamdulillah Baksos KAHMI Kota Makassar dan KAHMI Pangkep berjalan lancar dan bermanfaat bagi warga di Pulau Sabutung,” pungkasnya.

KLIK INI:  Nyadran Perdamaian 2020 dan Upaya Menjaga Tradisi Lintas Generasi