Baju Baru, Langsung Dipakai Saja Atau Sebaiknya Dicuci Dahulu?

oleh -49 kali dilihat
Baju Baru, Langsung Dipakai Saja Atau Sebaiknya Dicuci Dahulu
Ilustrasi - Foto/ BBH Singapore di Unsplash

Klikhijau.com – Baju baru yang dibeli dari toko memang menggoda untuk langsung dipakai. Betapa tidak, selain karena warnanya yang kinclong, baju baru identik pula dengan aroma khasnya. Namun, apakah sehat langsung memakainya tanpa harus mencucinya terlebih dahulu?

Tanpa disadari, tak jarang kita langsung mengenakan baju yang baru dibeli. Alasannya, kan masih baru dan belum pernah dipakai sebelumnya.

Faktanya, kebiasaan ini harus dihentikan karena berpotensi menyisakan masalah bagi kesehatan. Jadi, ada baiknya bersabar terlebih dahulu yah Sahabat Hijau! Jangan buru-buru, cucilah dulu baju baru yang dibeli sebelum dipakai!

Dikutip dari dari laman Purewow, baju baru yang langsung dipakai mengancam kesehatan penggunanya. Hal itu karena, ada kemungkinan baju tersebut telah lama terpajang di etalase toko. Bahkan, telah berganti-ganti orang memegang dan mencobanya.

Itulah sebabnya, para ahli kesehatan menyarankan agar baju baru sebaiknya dicuci dulu sebelum dipakai. Baju baru yang belum dicuci kemungkinan besar dihinggapi ragam bakteri, kuman dan virus berbahaya. Bakteri itu dapat memicu serangan penyakit seperti flu, gatal-gatal, infeksi jamur kulit dan lainnya.

Bukan itu saja, naju baru juga mengandung bahan kimia berbahaya yang berasal dari proses produksi pakaian.

KLIK INI:  Apa Itu “Slow Fashion”? Paradigma Berkelanjutan dalam Produksi Fesyen

“Anda harus benar-benar mencuci baju baru sebelum memakainya, terutama semua hal yang dipakai langsung menyentuh kulit dan akan terkena keringat,” kata Lana Hogue, ahli clothing manufacturing, Dikutip dari CNNIndonesia.

Menurut Lana, mencuci baju baru tidak hanya untuk menghilangkan bakteri yang melekat dan berbahaya bagi kesehatan, tetapi juga melenyapkan bahan kimia dari pakaian tersebut.

Ini berlaku untuk ragam jenis pakaian
baju baru
Ilustrasi – Foto/ Martin Jahr di Unsplash

Ketika memakai baju dan kita terkena sinar matahari, tubuh akan berkeringat sehingga pori-pori terbuka. Pada situasi inilah, kata Lana, bakteri pada pakaian yang belum dicuci berpotensi menyerap masuk ke dalam tubuh.

Lana mengatakan, hampir semua pakaian yang terdapat motif warna tertentu tak lepas dari penggunaan bahan kimia. Bahkan pakaian yang berasal dari serat alami pun tetap saja tak terbebas dari bahan kimia. Bahan kimia inilah yang dapat menyebabkan iritasi dan ruam merah pada kulit ketika langsung dipakai.

“Sebagian besar bahan kimia yang digunakan untuk mewarnai kain dan digunakan untuk penyelesaian benang akan membuat kulit jadi iritasi,” kata Lana.

Demikian pula saat Anda memesan pakaian dari luar negeri. Anda perlu hati-hati agar tak langsung memakainya. Hal itu karena tiap negara punya kebijakan berbeda-beda dalam penggunaan bahan kimia pada pakaian.

Donald Belsito, profesor dermatologi dari Columbia University Medical Center di New York juga menegaskan kepada The Wall Street Journal agar pakaian baru sebaiknya dicuci terelbih dahulu. Pasalnya pakaian yang telah lama dipajang di toko atau di gudang memungkinkan bakteri berkembang biak.

Apakah ini hanya berlaku pada baju saja? Tidak! Ini juga berlaku untuk semua jenis pakaian seperti celana, pakaian dalam, kaus dalam, kaus kaki, pakaian renang, masker kain dan lainnya. Semuanya harus dicuci terlebih dahulu agar kita terbebas dari bahaya bakteri yang tak kasat mata di pakaian.

Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Semut Berduyung-duyung Masuk Rumah, Usir dengan 10 Cara Alami Ini!