Baikkah Berolahraga di Malam Hari? Begini Penjelasannya!

Publish by -23 kali dilihat
Penulis: Ian Konjo
Baikkah Berolahraga di Malam Hari? Begini Penjelasannya!
Ilustrasi lari di malam hari/Foto-Kompas.com

Klikhijau.com – Rutin berolahraga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk berolahraga pada pagi hari. Masing-masing memiliki alasan tersendiri. Misalnya, karena sibuk kerja pagi hari.

Tetapi mestinya itu tidak menjadi alasan utama untuk tidak berolahraga. Mengapa? Karena berolahraga bisa juga dilakukan di malam hari.

Olahraga di malam hari ternyata juga memiliki manfaat yang positif. Simak penjelasan yang ditulis Nabilla Tashandra di Kompas.com!

# Tidur bisa lebih nyenyak

Beberapa studi menemukan bahwa orang-orang yang latihan beban di malam hari memiliki kualitas dan durasi tidur lebih baik daripada yang melakukannya di pagi atau siang hari.

Tidur berfungsi untuk pertumbuhan dan pemulihan otot. Namun, tidur yang lebih nyenyak dan panjang akan membuat kita merasa lebih baik dan cukup istirahat di pagi harinya.

Kita akan lebih siap menghadapi aktivitas esok paginya.

KLIK INI:  Baik untuk Kesehatan, Ini Khasiat Merica yang Jarang Diketahui
# Meningkatkan pertumbuhan otot dan ketahanan tubuh

Selain membuat tidur lebih nyenyak, beberapa studi menemukan bahwa olahraga di malam hari bisa secara signifikan meningkatkan pertumbuhan otot dan ketahanan tubuh.

Professor Ilmu Olahraga Terapan, Lara Carlson, Ph.D. dari University of New England, mengatakan olahraga pada malam hari dapat meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot, serta membantu merilekskan tubuh setelah seharian bekerja.

Artinya, kita berpeluang mendapatkan manfaat lebih ketika berolahraga di malam hari.

# Membantu mengatasi insomnia

Secara teori, menurut ahli kesehatan Dr. Michael Triangto, SpKO, olahraga malam hari bisa membantu masalah tidur seperti insomnia.

Asal dilakukan dengan benar dan intensitasnya sesuai dengan kapasitas tubuh kita. Olahraga berlebihan akan membuat tubuh dehidrasi dan sulit tidur.

# Tekanan darah lebih rendah

Sebuah studi dari Journal of Strength Conditioning Reseach menemukan, orang-orang yang latihan di malam hari berpeluang memiliki tekanan darah 15 persen lebih rendah daripada mereka yang olahraga di pagi hari.

KLIK INI:  Waspada, Penyakit Ini Mengintai Anda Bila Sering Buang Sampah Sembarangan!
# Hasil lebih baik dan cepat

Sebuah studi dari New England University of Birmingham menemukan, mereka yang berolahraga di malam hari bisa melakukan olahraga 20 persen lebih lama dengan intensitas yang lebih tinggi.

Berarti, ada lebih banyak kalori yang dibakar di malam hari dan akan ada beberapa manfaat lebih yang kamu dapatkan. Seperti lengan lebih kencang, kaki lebih kuat, perut lebih ramping, serta lebih sehat secara keseluruhan.

# Di malam hari, tubuh lebih siap berolahraga

Tidak hanya membuat kita tidur lebih nyenyak, menurut sebuah riset, level kortisol lebih tinggi pada pagi hari dan kondisi itu bisa menghambat pertumbuhan otot.

Sedangkan pada malam hari, level testosteron lebih tinggi sehingga bisa memicu pertumbuhan otot. Itulah mengapa olahraga di malam hari adalah cara tepat untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Meski demikian, waktu olahraga yang tepat bagi masing-masing orang bisa berbeda, tergantung kebiasaan dan ritme hidupnya.

Penelitian lain menunjukkan, pagi hari juga menjadi waktu yang baik untuk berolahraga dengan alasan-alasan tertentu.

***

Begitulah manfaat berolahraga di malam hari. Hal yang perlu diperhatikan kata dokter spesialis olahraga, Andi Kurniawan, jangan berolahraga terlalu malam.

Berolahraga terlalu malam bisa mengganggu jam tidur dan mempengaruhi kualitas tidur. Ketika selesai berolahraga pun, sebaiknya jangan langsung tidur. Beri jeda waktu 1-1,5 jam antara waktu olahraga dan waktu tidur.

KLIK INI:  Anak yang Dikelilingi Ruang Hijau Lebih Tangguh dari Gangguan Mental?
Editor: Ian Konjo
Sumber: Kompas.com

KLIK Pilihan!