Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur, Ini Penjelasannya!

oleh -561 kali dilihat
Bahaya Langsung Tidur Setelah Santap Sahur, Ini Penjelasannya!
Ilustrasi - Foto/Aladokter
Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Bahaya langsung tidur setelah sahur ternyata cukup mengerikan. Selama Ramadhan, sebagian orang megalami siklus hidup yang berubah, terutama jam tidur.

Kita harus bangun lebih awal untuk melaksanakan sahur. Namun tak jarang dari kita yang memilih kembali tidur usai menyantap hidangan sahur karena tak kuat menahan kantuk.

Kebiasaan tidur setelah sahur ini harus diwaspadai karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, terutama bagi organ-organ pencerna makanan.Hal itu karena kita tak memberikan jeda untuk mencerna makanan yang baru disantap.

Langsung tidur setelah sahur membikin tubuh akan bekerja lebih ekstra untuk mencerna makanan. Bahkan hanya berbaring saja tanpa benar-benar tidur dapat memicu masalah seperti refluks asam.

Oleh karena itu, tegak adalah posisi tubuh yang lebih paling baik untuk mencerna makanan serta memungkinkannya menyerap makanan dengan mudah. Meski tak bisa disangkal bahwa berbaring setelah makan memang terasa nyaman.

Dilansir dari LiveScience, jika makanan yang dikonsumsi saat sahur kaya karbohidrat, protein, dan sayuran, maka dibutuhkan sekira tiga jam untuk makanan turun sempurna dari lambung.

Jika langsung tidur kurang dari waktu cerna yang direkomendasikan, akan berdampak mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi tubuh.

Nah, berikut ini lima dampak buruk bagi kesehatan tubuh jika kita tidur setelah santap sahur!

KLIK INI:  Anti Ribet, Ini 5 Cara Diet Sehat Menurut Ahli Gizi
Serangan Jantung

Menurut ScienceDaily, kebiasaan tidur setelah makan memiliki dampak yang buruk seperti emosi terpancing dan meledak. Sedangkan menurut penelitian, tidur setelah makan kurang dari dua jam bisa  memicu hingga 2,8 kali peningkatan tekanan darah sepanjang malam.

Jika tekanan darah tak kunjung turun dan terjadi dalam waktu yang lama, tubuh akan terserang risiko penyakit kardiovaskular. Contoh penyakit tersebut seperti serangan jantung, jantung koroner, stroke, dan penyakit kronis lainnya.

Gangguan Pencernaan

Tiga jam adalah waktu yang ideal diperlukan untuk mengosongkan lambung setelah makan. Jika tubuh memilih tidur atau berbaring sebelum waktu tersebut maka akan menghambat proses pengosongan.

Bahkan, jika terjadi terus menerus, kebiasaan itu dapat memicu sembelit dan sulit buang air besar. Maka dari itu, perbanyak buah dan sayuran saat sahur agar pencernaan lancar.

Naiknya Asam Lambung

Tidur setelah makan sahur bisa mengakibatkan asam lambung meningkat. Itu karena makanan yang sudah diantar melalui esofagus ke lambung tidak dicerna dengan sempurna.

Akibatnya, dinding lambung bisa iritasi dan memicu asam lambung. Biasanya gejala yang ditumbulkan adalah nyeri di sekitar lambung atau perut kiri atas. Bahkan, bisa membuat sensasi panas dan nyeri di dada.

KLIK INI:  Tips Cegah Kulit Kering Selama Puasa Ramadan
Menaikkan Berat Badan

Sudah jadi rahasia umum bahwa dampak dari kebiasaan langsung tidur usai makan membuat berat badan melonjak naik. Tak heran, ketika Ramadan banyak orang bukan bertambah kurus tapi justru sebaliknya.

Hal ini disebabkan Anda mengonsumsi lebih banyak kalori ketimbang yang dibakar. Kurangnya aktivitas fisik saat berpuasa dan langsung pergi tidur usai makan membuat tubuh menimbun lemak karena Anda tidak memberikan kesempatan untuk membakar kalori yang masuk.

Dilansir dari ScientificAmerican, Profesor dari Missouri State University Jeremy Barnes menuturkan bahwa ketika orang tidur, terjadi peningkatan kadar hormon grehlin. Akibatnya, muncul rasa lapar ketika bangun. Jika Anda menerapkan hal ini saat puasa, tentu berat badan akan berangsur-angsur naik dan sulit turun.

Sakit Tenggorokan

Langsung tidur setelah sahur juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Sensasi panas tak cuma dirasakan di dada saja tetapi juga di daerah tenggorokan. Ini disebabkan oleh efek lanjutan refluks asam.

ketika tubuh berbaring dengan perut penuh, katup antara lambung dan kerongkongan tidak menutup sepenuhnya membuat asam lambung mudah naik ke tenggorokan dan menimbulkan sensasi terbakar pada tenggorokan. Jika kondisi itu dibiarkan memperburuk akan menyebabkan peradangan.

Itulah 5 risiko atau bahaya langsung tidur setelah sahur bagi kesehatan tubuh. Memang terkadang sangat berat menahan kantuk ketika perut sudah kenyang usai sahur. Namun, tidak ada salahnya menahan sedikit waktu tidur demi kesehatan jangka panjang.

KLIK INI:  Hal-hal yang Perlu Dikonsumsi untuk Tingkatkan Mood