Bagaimana Menulis dan Mengirim Tulisan di KLIKHIJAU?

oleh -67 kali dilihat
Bagaimana Menulis dan Mengirim Tulisan di KLIKHIJAU
Ilustrasi menulis - Foto/ janeb13 dari Pixabay

Klikhijau.com – Bagaimana menulis dan mengirim tulisan di Klikhijau? Pertanyaan ini memang kerap diajukan pada kami, baik secara langsung maupun via email.

Kali ini kami akan memberikan jawaban khusus perihal prosedur menulis dan menerbitkan artikel di Klikhijau. Selain pertanyaan ini, ada pula pertanyaan lain yang sekaligus akan kami jawab di sesi ini.

Sebelum itu, kami ingin sampaikan bahwa Klikhijau merupakan satu media yang sangat concern pada isu lingkungan hidup, kehutanan dan gaya hidup ramah lingkungan. Sejak berdiri pada awal tahun 2019 lalu, kami telah menerbitkan ribuan artikel dengan tema tersebut juga sub-tema lainnya yang relevan.

Sebagai media edukasi, Klikhijau inklusif dan fokus pada pelibatan publik. Baik itu dalam menjalankan program-program edukasi, pendampingan dan lainnya—maupun dalam aksi-aksi lingkungan. Kami berjejaring dengan banyak komunitas juga individu yang memiliki passion yang sama. Dan tentu juga senantiasa membuka ruang untuk keterlebitan pihak-pihak lain dalam ragam kegiatan maupun liputan.

KLIK INI:  Mendengar Suara Lingkungan dari Grup Kasidah Legendaris, Nasida Ria
Apakah terbuka ruang menulis?

Selama berdiri, Klikhijau memiliki Tim penulis dan liputan. Mereka adalah penulis dan jurnalis yang juga aktivis lingkungan. Beberapa diantaranya adalah anak-anak muda, pegiat lingkungan, praktisi dan mahasiswa. Mereka yang terlibat sebagai Tim Penulis, telah terlibat dalam penulisan paling tidak sepuluh artikel.

Tim penulis ini juga berkesempatan untuk melakukan liputan, penulis konten tertentu sesuai permintaan redaksi. Artikel mereka dipastikan akan ditayangkan setelah moderasi dari Redaktur kami. Dengan demikian, siapa pun berpeluang untuk menjadi bagian dari Tim Penulis atau Kontributor di Klikhijau.

Bagaimana mengirim tulisan?

Nah, bagi kamu yang punya ketertarikan pada isu-isu lingkungan, tentu berpeluang menjadi bagian dari Klikhijau. Caranya? Sila kirim tulisannya melalui email: webklikhijau@gmail.com dengan menyertakan nomor telepon, foto pribadi dan foto terkait artikel.

Lalu bagaimana syarat teknis sebuah tulisan yang layak muat di Klikhijau? Proses moderasi sangat ketat, jadi kami pastikan bahwa tulisan yang tidak memenuhi syarat tidak akan diterbitkan. Khusus untuk artikel yang dianggap menarik dan sebetulnya layak muat namun masih ada kekurangan di sana sini, Redaksi akan mendiskusikannya dengan penulis.

KLIK INI:  Mengenang Ibu Soed, Sang Pahlawan Pendidikan Lingkungan bagi Anak

Berikut ini beberapa syarat tulisan yang layak muat di Klikhijau:

  1. Tema artikel relevan dengan rubrik yang ada. Adapun tema besarnya adalah masalah lingkungan hidup dan kehutanan.
  2. Tulisan yang dikirim dapat berupa Artikel konten atau liputan yang ditulis sendiri dan dinyatakan lulus tes plagiarisme.
  3. Tulisan yang mengutip sumber literatur baik buku maupun website dilakukan secara benar sesuai kaidah ilmiah.
  4. Panjang tulisan minimal 650 Kata, terdiri dari Judul dan minimal 2 sub judul.
  5. Penyajian tulisan dilakukan dengan menarik dan enak dibaca, bisa model feature, esai, reportase, tulisan etnografi dan lainnya.
  6. Redaksi akan mengutamakan Artikel konten dengan sumber foto original (jepretan sendiri) untuk isu-isu flora fauna. Diutamakan pula yang bisa mengolah sumber-sumber informasi langsung pada pakar dan praktisi.
  7. Penulis yang telah diterbitkan tulisannya minimal 10 artikel akan diundang ke Grup Redaksi dan setiap saat dapat mengajukan topik liputan atau artikel.
  8. Penulis yang telah mencapai jumlah tulisan minimal 10 akan diberi poin akumulasi oleh Redaksi yang nantinya akan dikonversi sebagai honor tulisan.
  9. Tulisan yang dikirim ke Klikhijau tidak dikirim ke media lain atau di website pribadi.
  10. Setiap penulis wajib membagikan artikelnya pada platform media sosial pribadi dan lainnya.
Apa keuntungan menulis di Klikhijau?

Nah, ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan menulis di Klikhijau. Pertama, tentu menambah wawasan dan motivasi bagi kamu untuk terus meyuarakan isu-isu lingkungan. Kedua, kesempatan menulis membuat kamu lebih muda berjejaring dengan komunitas dan pegiat lingkungan lainnya.

Ketiga, tulisan yang dimuat sudah pasti akan dibaca banyak orang. Keempat, dengan menulis di Klikhijau, kamu juga mendapatkan honor tulisan yang akan diberikan sesuai kualitas dan jumlah artikel  yang dimuat. Bukan itu saja, menjadi penulis di Klikhijau membuat kamu berkesempatan ikut terlibat pada even-even lingkungan yang dilakukan Klikhijau dan jejaringnya setiap waktu.

Ayo menulis bersama dan menyuarakan ide untuk kelestarian lingkungan!

KLIK INI:  Bagaimana Menjadikan Musim Hujan sebagai Inspirasi dalam Menulis?