Bagaimana Menjadikan Musim Hujan sebagai Inspirasi dalam Menulis?

oleh -506 kali dilihat
WALHI NTT Adakan Lomba Menulis Tentang Lingkungan Hidup
Ilustrasi menulis-Foto/pixabay

Klikhijau.com – Percayalah, hujan memang menggoda kita untuk meringkuk dalam selimut, ketimbang membaca buku-buku bagus, apatahlagi untuk menulis.

Yah, hujan memang cenderung membuat orang mengantuk dan bermalas-malasan. Padahal, tahukah Anda pada lentingan air hujan dan cuaca dingin adalah saat terbaik mengumpulkan inspirasi menulis?

Ayo kita coba lakukan! Menjadikan masa-masa musim hujan sebagai momentum terbaik menulis dan menulis. Jangan biarkan waktu Anda habis tanpa makna dengan sekadar menengok jam dinding, menunda pekerjaan atau sibuk memutar jempol bermain di media sosial.

Jangan menunggu ide bagus datang begitu saja. Ciptakan motivasi sendiri dan menulislah sebagai jalan kreatif di kala hujan. Berikut 9 tips sederhana untuk Anda memanen inspirasi menulis di saat hujan membasahi bumi.

KLIK INI:  Begini Caranya Dapatkan Kulit yang Baik dengan Bedak Tabur!
  1. Temukan alasan terbaik

Perlu disadari bersama bahwa menulis adalah jalan keabadian. Menulis adalah aktivitas paling keren yang membuat Anda menjadi sangat bermanfaat. Menulis juga satu cara menyimpan kenangan dan membagikan cara pandang pada orang lain.

Karenanya, menulis merupakan aktivitas penting untuk dilakukan. Jadikanlah argumen ini dalam mengawali kegelisahan Anda saat musim hujan dan berada di rumah.

Setelah itu, temukan alasan-alasan mengapa Anda ingin menulis. Apakah sekadar karena inspirasi akan hujan? Tetiba memikirkan sesuatu? Apakah Anda ingin menulis sebagai sebuah gaya hidup? Menulis sebagai sebuah profesi yang dapat menghasilkan uang? Atau karena ada sesuatu yang mendesak Anda tuliskan? Atau sekadar karena ingin mengisi blog pribadi Anda yang sudah lama terbengkalai?

Apa pun alasannya, bila Anda dapat benar-benar mendapat suatu dorongan menulis, lakukanlah! Itu pertanda baik, dimana Anda benar-benar harus memanfaatkannya untuk memulai membuka laptop dan menulis!

KLIK INI:  Lebih Produktif Menulis dalam Masa Social Distancing
  1. Membaca buku fiksi

Bagi Anda yang terbiasa membaca buku fiksi semisal novel, hujan adalah saat yang tepat melakukannya. Ini berbeda dengan Anda yang mungkin lebih terbiasa baca berita online atau buku-buku non fiksi.

Saran sederhananya adalah cobalah membaca sebuah novel yang mungkin pernah Anda baca namun belum tuntas. Membaca novel di saat hujan, dapat memancing keinginan bahkan menciptakan inspirasi untuk menulis.

membaca
Ilustrasi membaca – Foto/ Prasanna Kumar di Unsplash
  1. Bergabunglah ke grup penulisan

Saat ini grup-grup penulisan bisa dijumpai melalui grup WhatsApp atau facebook. Cobalah bergabung dengan grup tersebut karena di dalamnya ada sejumlah penulis berbakat yang mungkin idola Anda.

Diskusi santai di grup-grup tersebut biasanya intens terjadi. Mereka juga aktif membagikan tautan yang berisi tulisan-tulisan yang mungkin menarik untuk Anda baca.

Cara lainnya adalah menghubungi rekan yang menyukai bidang penulisan dan berdiskusilah dengan mereka tentang apa saja. Berbagilah pengalaman menulis dengannya dan temukan motivasi terbaik dengan segera menyelesaikan artikel.

KLIK INI:  Tips Memotivasi Anak Agar Menyukai Olahraga Lari
  1. Luangkan waktu untuk bermain

Bila sedang dilanda kemalasan akut yang menggerogoti kreativitas Anda, cobalah untuk meluangkan waktu bermain. Ajaklah anak-anak di rumah Anda untuk bermain apa saja dan nikmatilah seni kebebasan ala kanak-kanak.

Atau cobalah membebaskan diri dengan seolah-olah seperti di masa kanak-kanak dan carilah ide bermain apa saja yang menyenangkan di rumah Anda.

Bolehjadi dengan bermain tersebut, ide dan inpirasi untuk menulis dapat muncul. Hal itu karena Anda sedang merasakan kegembiraan sembari memutar kenangan di masa kecil. Menulis perlu perasaan gembira dan kebebasan sebagaimana anak-anak yang bebas mengekspresikan dirinya saat bermain.

  1. Dengarkan Podcast

Dewasa ini, podcast lagi marak. Ada banyak inspirasi dan informasi menarik yang dapat ditemukan melalui Podcast.

Cobalah menonton sejenak. Pilih topik-topik yang menginspirasi seperti pendidikan, hiburan atau profil tokoh idola Anda.

Sekadar catatan, mendengarkan kisah orang lain adalah cara lain selain membaca untuk membangkitkan motivasi menulis. Anda juga dapat melakukan eksperimen dengan mencoba menjadikan topik dalam Podcast sebagai topik tulisan Anda.

KLIK INI:  Mengejutkan, Mencium Aroma Pasangan Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur
  1. Kunjungi website idola

Ada banyak website atau situs saat ini yang menyajikan isu-isu menarik dengan model penulisan yang renyah. Cobalah berselancar ke sana dan temukan inspirasimu.

Pilihlah website sesuai dengan tema-tema yang menarik untuk dibaca saat bersantai, semisal isu-isu petualangan, wisata, kuliner, lingkungan, budaya, profil tokoh dan lainnya.

Sempatkan membaca beberapa topik artikel dan cobalah memulai menulis setelahnya. Untuk tulisan yang diproyeksikan akan diterbitkan di sebuah media online, cara ini sangat efektif memantik ide Anda yang mungkin masih beku.

  1. Melatih imajinasi dengan tidak biasa

Pergilah ke tempat umum yang relatif aman dari suasana hujan, semisal di mal. Lihatlah situasi yang terjadi di sana, amati orang-orang bergerak dan simaklah bagaimana dinamika yang terjadi.

KLIK INI:  5 Peristiwa Alam yang Hanya Bisa Dijumpai di Musim Hujan

Gambarkan situasi tersebut dalam sebuah tulisan tentang apa pun yang Anda lihat dan rasakan. Menulis tentang sebuah situasi yang dilihat langsung merupakan satu cara melatih daya imajinasi.

  1. Tulis satu catatan kenangan

Menuliskan satu kenangan dari masa lalu sangatlah menggoda bila dilakukan di saat hujan. Buka jendela kamar Anda dan lihatlah air hujan yang saling beririsan. Konon tak seorang pun yang luput dari kenangan hujan. cobalah menemukan satu kenangan terbaik tentang hujan dan tuliskan kembali.

Anda dapat melakukannya sembari menyeruput kopi atau menonton film drama.

  1. Lakukan hal baru

Meski hujan mengundang kantuk, cobalah melakukan hal-hal baru di rumah, semisal mengatur ulang lemari buku. Anda juga dapat membuka-buka kembali dokumen lama yang mungkin terbengkalai di lemari.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, termasuk membuat suatu kerajinan atau mengatur ulang posisi meja makan. Apa pun itu, pastinya Anda sedang mencoba mengalihkan perhatian dari godaan selimut.

Lakukan saja dan temukan inspirasi menulis setelahnya.

Bagaimana Anda mengumpulkan inspirasi menulis saat musim hujan? Tetap jaga kesehatan, Agar Tetap Sehat di Musim Hujan, Ini 9 Tipsnya!Cobalah melakukan hal-hal sederhana di atas, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Bahagia itu Sederhana, Cukup Berbuat Baik, Ini Alasannya!