Bagaimana Menaruh Ampas Kopi sebagai Penyubur Tanaman Anda?

oleh -91 kali dilihat
Bagaimana Menaruh Ampas Kopi sebagai Penyubur Tanaman Anda
Ilustrasi tanaman dan bukuk bopi - Foto/ Nor Gal ( hutterstock) via lifehacker.com
Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Kopi yang Anda seduh rasanya selalu menggoda justru karena rasa pahitnya. Bagi penggemar kopi, rasa pahit itu tidak sekadar ada sebagai suatu rasa khas—tetapi juga mengandung filosofi kehidupan yang dalam.

Selain diseruput, ampas kopi ternyata sangat bermanfaat sebagai penyubur tanaman. Ini tentu sangat baik bagi Anda pecandu kopi dan sekaligus maniak tanaman atau bunga-bunga.

Daripada terbuang sebagai sampah, ampas kopi dapat daur ulang untuk membantu taman atau tanaman hias Anda tumbuh. Namun, banyak yang bertanya-tanya, seperti apa caranya? Apakah ampas kopi langsung dibubuhi begitu saja di atas tanaman atau seperti apa?

Sampai di sini, banyak yang salah kaprah. Menaruh ampas kopi di permukaan media tanam justru berpotensi menyisakan masalah. Bahkan memicu pertumbuhan yang lambat pada tanaman. Jadi, tidak selalu sesederhana membuang bubuk kopi segar di atasnya.

Kopi yang diseduh cukup asam, ampas kopi yang digunakan cukup netral, yang berarti bahwa kopi tersebut kemungkinan tidak akan banyak merusak atau baik dalam hal pH.

Namun, ada masalah lain yang perlu dicermati. Dikutip dari Lifehacker, kafein yang tersisa di bubuk kopi Anda dapat memicu atau bahkan menghambat pertumbuhan tanaman.

KLIK INI:  Ingin Bersedekah Sampah, Ini Saran Kasi Kebersihan Kecamatan Biringkanaya Makassar

Selain itu, menumpuk tanah di atas tanaman Anda dapat mencegah udara dan air bersirkulasi dengan baik dan meresap ke dalam tanah.

Karena itu, diperlukan suatu cara khusus agar bubuk kopi dapat memperbaiki struktur tanah dan dapat mencegah hama (terutama hewan peliharaan yang menyukai tanaman). Jadi apa yang harus menjadi perhatian?

Tambahkan ampas ke kompos atau mulsa Anda

Pendekatan tidak langsung akan memungkinkan tanaman Anda memperoleh manfaat dari bubuk kopi bekas Anda tanpa mempertaruhkan pertumbuhan yang terhambat.

Campurkan bubuk ke dalam mulsa atau tumpukan kompos Anda, yang kemudian dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas tanah Anda.

Namun, pastikan seluruh wadah kompos Anda tidak terbuat dari bubuk kopi. Tambahkan atau campurkan ampas kopi tersebut dengan bahan organik lainnya untuk hasil maksimal.

KLIK INI:  Jangan Buang Tisu Basah ke Lubang Toilet! Ini Dampaknya
Gunakan langsung dalam jumlah kecil

Jika Anda tidak memiliki kompos buatan sendiri, Anda bisa menaburkan segenggam kecil bubuk ke tanah dan dengan lembut mencampurkannya ke dalam satu atau dua inci pertama.

Anda juga dapat membuat “teh” untuk tanaman dalam ruangan dan wadah dengan menggunakan 2 cangkir ampas untuk 5 galon air yang direndam semalaman.

Tambahkan ke wadah kompos Anda

Jika Anda memiliki pengaturan kompos cacing tanah, bubuk kopi bisa menjadi makanan yang enak.

Jadi intinya adalah ampas atau bubuk kopi tidak semudah membuangnya secara langsung ke tanaman Anda. Pastikan melakukannya dengan langkah seperti yang telah diterangkan di atas. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Kopi yang Nikmat Nan Otentik, Direbus atau Diseduh?