Asap Kebakaran TPA Antang Beracun?

oleh -366 kali dilihat
Tiga Opsi Penanganan Sampah Kota Makassar ala Komunitas Manggala Tanpa Sekat
Kebakaran TPA Antang beberapa waktu lalu/foto-ist
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Api bisa datang melahap apa saja pada saat tak terduga. Tak kenal waktu, bahkan tempat. Seperti yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang, Makassar.

TPA yang menampung sampah warga Makassar tersebut dilaporkan dilaporkan terbakar sejak pukul 13.30 Wita siang tadi dan hingga kini terus meluas.

Kebakaran tersebut bukan hanya menghanguskan sampah yang “ditabung” warga. Tapi juga mengancam sumber kehidupan para pemulung dan menambah polusi udara Kota Makassar. Dan yang lebih mengerikan dari itu semua, asap kebakaran tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan.

KLIK INI:  Kambing Jadi Pasukan Pencegah Kebakaran Hutan di Portugal

Adalah  mantan Wali Kota Makassar Periode 2014-2019 Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto yang mengungkapkan jika asap dari kebakaran tersebut mengandung racun

Karenanya, masyarakat harus diungsikan untuk mencegah terpapar zat beracun. Sebab tumpukan sampah yang terbakar berbahaya bagi kesehatan sehingga

“Asapnya itu sangat beracun, karena gas dari pembakaran akan menciptakan ‘gas farrant” kata Danny, Minggu 15 September 2019 seperti yang dimuat di media lokal Makassar.

Untuk kronologi kebakaran sendiri dari puntung rokok pekerja di lokasi tersebut. Sebagian lagi menduga pemicu dari kebakaran ini adalah kaleng bekas yang berisi gas yang tertimbun sampah dan suhu yang sangat panas.

Untuk mencegah kebakaran meluas sejumlah armada kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) kota Makassar dikerahkan.

KLIK INI:  Kebakaran Besar Hutan Amazon Rugikan Lingkungan Hidup