Asam Jawa, Tumbuhan Keramat yang Khasiatnya Membantu Kelangsungan Hidup Manusia

Publish by -414 kali dilihat
Penulis: Ahmad Muthahir
Asam Jawa, Tumbuhan Keramat yang Khasiatnya Membantu Kelangsungan Hidup Manusia
Buah Asam - Foto/Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Asam jawa, tumbuhan kenangan bagi saya. Bisa dibilang, saya tumbuh bersamaan dengan pohon ini. Sepulang sekolah dahulu adalah waktu yang tepat untuk berteduh di tengah teriknya matahari, sembari membaca doa yang diikat masyarakat setempat pada batang pohon tersebut.

Hampir setiap hari orang merubut di sana mengucapkan doa yang rupa-rupa jenisnya serta mengikatkan kain rupa-rupa warnanya dan berjanji membuka ikatan itu setelah doa mereka terkabul.

Orang-orang di kampung saya akan tetap percaya bahkan jika harus didebat hingga mulut berbusa. Mereka meyakini bahwa arwah nenek moyangnya bersemayam di dalam pohon.

Kini, pohon asam itu sudah besar dan semakin tua. Kira-kira dapat diukur dengan lima orang dewasa melingkarkan lengan untuk mampu memeluk batangnya. Dengan kenangan mistis itulah yang mengantarkan saya untuk memulai mencari tahu segala tentang pohon asam ini.

Ternyata, tumbuhan yang dikenal dengan nama latin Tamarindus indica ini merupakan gudang berbagai jenis senyawa kimia, mulai dari struktur dan sifat yang sederhana sampai yang rumit dan unik.

KLIK INI:  Gara-gara Burung, Aulia Harus Berurusan dengan Polisi

Beragam jenis senyawa kimia yang terkandung dalam tumbuhan ini, akan berkorelasi positif dengan khasiat dan manfaat yang dimilikinya.  Khasiat dan manfaat itulah, yang secara ilmiah akan berguna bagi penyembuhan suatu penyakit yang ada pada zaman sekarang.

Adapun kandungan dalam Tamarindus indica berupa asam-asaman seperti asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin dan gula invert.

Ciri dan kegunaan

Di kampung saya, di bagian Selatan Sulawesi selatan tumbuhan ini sering disebut dengan cempa (camba dalam bahasa Makassar), yang merupakan tanaman daerah tropis dan termasuk tumbuhan berbuah polong.

Batang pohonnya yang cukup keras dapat tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang. Bertangkai panjang, sekitar 17 cm dan bersirip genap, dan bunganya berwarna kuning kemerah-merahan dan buah polongnya berwarna coklat dan tentu saja berasa masam.

Biasanya di dalam polong buah, juga terdapat biji berkisar 2-5 yang berbentuk pipih dengan warna coklat agak kehitaman (Amin, 2009).

KLIK INI:  Demi Seekor Burung, Sebuah Lapangan Bola di Amerika Ditutup

Sejak dulu tanaman asam jawa, dikenal sebagai obat tradisional, bumbu dapur, kayu bangunan, dan merupakan salah satu komoditas ekspor potensial. Tanaman asam berpotensi untuk dikembangkan secara intensif dan berpola komersial karena nilai sosial dan ekonominya cukup tinggi.

Tanaman ini juga dapat berfungsi untuk memperindah dan melindungi pekarangan rumah, jalan-jalan didalam kota, dan jalan raya. Di samping itu, juga berfungsi sebagai bahan penghijauan dan penahan angin serta banyak digunakan untuk memperbaiki lingkungan yang gersang dan tandus (Amin, 2009).

Zat yang terkandung di dalamnya

Daging buah asam jawa mengandung 8-14% asam tartarat, 30-40% gula,serta sejumlah kecil asam sitrat dan kalium bitaetrat sehingga berasa sangat masam. Warna asli daging asam adalah kuning kecoklat-coklatan.

Akibat pengaruh pengolahan, warnanya berubah menjadi kehitam-hitaman. Pulp buah asam yang masak mengandung air sekitar 63,3-68,6%, bahan padat total 31,3-36,6%, protein 1,6-3,1%, lemak 0,27-0,69%, sukrosa 0,1-0,8%, selulosa 2,0-3,4%, dan abu 1,2-1,6%.

Abu dari tanaman asam tersusun atas kalium, silikon, natrium, fosfor, dan kalsium. Asam tartarat merupakan komponen asam yang paling utama dalam pulp. Kandungan asam dalam pulp asam berkisar antara 8-16%, sedangkan asam lainnya total hanya sekitar 3% dari berat pulp (Departemen Kesehatan R.I. 1996).

KLIK INI:  Namaku Sri Nabila, Penghuni Baru Taman Nasional Gunung Leuser
Khasiat dan manfaat

Dari beberapa kandungan senyawa kimia yang dimiliki oleh Tamarindus indica  ini, ternyata memiliki berbagai kegunaan dalam hal kesehatan. Cara menyajikannya dapat dibuat olahan bumbu rumah tangga, juga dapat dikonsumsi langsung jika anda dapat tahan dengan rasa masam yang dimilikinya, siap-siap menyernyitkan kening sembari menutup mata.

Adapun rincian kegunaannya dalam dunia kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Berbagai kandungan asam seperti asam tartrat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat, asam asetat yang berguna untuk memperlancar buang air besar (BAB), juga dapat memperlancar dan mendinginkan peredaran darah.
  2. Mengandung Pektin yang berfungsi dapat menurunkan kolestrol melalui mekanisme pengikatan kolestrol dan asam empedu kemudian mendorong dan mengeluarkannya dari saluran pencernaan.
  3. Kandungan Flavonoid juga dapat memperlancar BAB, selain itu juga dapat berfungsi sebagai penghilang rasa sakit, antiradang, dan membantu pengeluaran keringat.
  4. Zat Tanin yang yang terkandung didalamnya dapat berfungsi sebagai antiseptik yang dapat membunuh kuman atau mikroorganisme yang berbahaya bagi tubuh.
  5. Pro vitamin A, merupakan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan dini, juga dapat mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker serta melindungi asam lemak tidak jenuhganda yang dihasilkan dari proses oksidasi. Jika tubuh perlu vitamin A maka pro vitamin A/betakaroten di hati akan diubah menjadi vitamin A.
  6. Vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk pembuatan kolagen (protein berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang). Pengangkut lemak, pengangkut elektron dari berbagai reaksi enzimatik, pemicu gusi yang sehat, pengatur tingkat kolestrol, pemicu sistem kekebalan tubuh. Vitamin C untuk anti oksidan, membantu mencegah berbagai macam jenis  kanker: kanker paru, kolon, kandung kemih, pancreas, payudara, juga mengurangi radikal bebas pemicu kanker. Vitamin C juga dapat mengurangi risiko katarak, memperkuat dinding kapiler darah, mengurangi resiko penyakit jantung, menghambat penuaan, memperbaharui sel darah putih.
  7. Kalsium yang dapat mengisi kepadatan tulang, pembentukan gigi, membantu bekuan darah, transmisi saraf, stabilitas asam-basa (pH) darah, dan mempertahankan keseimbangan air.
  8. Kalium/potassium yang mampu memelihara keseimbangan cairan dan elektrolit serta keseimbangan asam basa di dalam tubuh. Juga berperan dalam transmisi saraf dan relaksasi otot serta sebagai katalisator dalam banyak reaksi bilogik, terutama dalam metabolisme energi, sintetis glikogen, dan protein.
  9. Selain kandungan vitamin C dari asam jawa, terdapat antioksidan dalam bentuk lain yang bermanfaat bagi tubuh manusia yaitu Fenol. Fenol merupakan antioksidan alami yang lazim ditemui dalam buah-buahan dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Menurut Healthy Eating for Your Heart, fenol membantu melindungi tubuh dari oksidasi radikal bebas dan membantu kesehatan dinding arteri. Penelitian dalam “Journal of Nutrition Malaysia” mencatat bahwa kadar fenol dari asam paling terkonsentrasi bila dipanaskan hingga titik didih ( Heyne, 1987 ).
KLIK INI:  Bukan Hanya Kekasih, Harimau Juga Ngambek Jika Keinginannya Tak Dipenuhi
Keseluruhan bagian yang kaya manfaat
  1. Daging buah ini sangat populer dikalangan ibu rumah tangga, dan digunakan dalam aneka bahan masakan atau bumbu di berbagai belahan dunia. Buah yang muda sangat masam rasanya, dan biasa digunakan sebagai bumbu sayur asam, ikan masak, tumisan, dan bahan utama campuran rujak.
  2. Buah yang telah masak dapat disimpan lama setelah dikupas dan sedikit dikeringkan dengan bantuan sinar matahari. Cempa sokkoq demikian ia biasa disebut di kampung kami dan inilah yang biasa diperdagangkan antar pulau dan antar negara. Selain sebagai bumbu, untuk memberikan rasa asam atau untuk menghilangkan bau amis ikan.
  3. Daging buah asam biasa digunakan sebagai bahan sirup, selai, gula-gula, dan jamu.
  4. Biji asam biasa dimakan langsung setelah direndam, direbus, atau setelah dipanggang.
  5. Olahan biji asam juga dapat dijadikan tepung untuk membuat kue atau roti.
  6. Bagian daun asam yang hijau dapat dipadukan dengan kunyit dan bahan ramuan lain untuk membuat jamu jawa tradisional yaitu jamu sinom untuk minuman kesegaran, jamu gepyok diminum untuk melancarkan dan memperbanyak air susu ibu dan juga bisa digunakan sebagai tapal (dioleskan dipermukaan kulit atau ditempelkan dipermukaan kulit) untuk mengurangi radang dan rasa sakit di persendian, di atas luka atau pada sakit rematik (Doughtary, 2006).
  7. Daun muda yang direbus untuk mengobati batuk dan demam.
  8. Kulit kayunya yang ditumbuk digunakan untuk menyembuhkan luka, borok, bisul dan ruam.
  9. Kulit kayu asam juga digunakan sebagai obat penambah stamina bagi pria dewasa, dan dapat menjaga vitalitas.
  10. Tepung bijinya untuk mengobati disentri dan diare.
  11. Kayu teras asam jawa berwarna coklat kemerahan, berat, keras dan bertekstur halus, sehingga kerap digunakan untuk membuat meubel, kerajinan, ukir-ukiran dan patung.
  12. Semasa kecil saya sering menggunakan kayu pilihan dari pohon asam untuk membuat gasing, karena tekstur kayunya yang padat dan berat. Dan bijinya juga kerap kami gunakan dalam permainan galaceng (congkak).

Itulah penjelasan singkat mengenai tanaman yang buahnya bisa membuat Anda bekernyit, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Ini Manfaat Ajaib Lengkuas, Bumbu Masak yang Sering Mengecoh
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!