Aroma 6 Bunga Ini Mampu Hilangkan Stres, Benarkah?

oleh -2.387 kali dilihat
Aroma 6 Bunga Ini Mampu Hilangkan Stres, Benarkah?
Bunga mawar penghilang stres.

Klikhijau.com – Stres pada dasarnya merupakan reaksi tubuh saat menghadapi situasi yang berbahaya atau sulit. Stres tidak pernah lepas dari kehidupan Anda.

Penyebabnya bisa karena masalah di tempat kerja, bertengkar dengan teman, masalah rumah tangga, hingga berpisah dengan pasangan.

Dikutip dari laman alodokter.com, stres berat dalam jangka panjang bukan tidak mungkin menyebabkan gangguan kesehatan serius, seperti depresi, sakit punggung, tekanan darah tinggi hingga sakit jantung.

Namun, tak usah khawatir, meski stres selalu mengikuti kemana pun. Banyak hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres tanpa harus menghabiskan banyak uang. Salah satu caranya adalah dengan menghirup aroma bunga.

KLIK INI:  Bunga Telang, Cantik Menawan dan Sederet Manfaat Ajaibnya Bagi Kesehatan

Mencium aroma bunga tentu akan sangat mudah dilakukan, apalagi di negara kita setidaknya ada banyak sekali taman atau kebun yang dipenuhi dengan bunga. Tak perlu jauh-jauh, asal sudah mencium bunga di dekat rumah tanpa perlu merusak apalagi memetiknya, otak akan menjadi lebih tenang dan stabil.

Nah, jenis bunga apa saja yang efektif untuk menenangkan stres yang dihimpun dari beberapa sumber. Berikut 6 bunga penghilang stress yang Klikhijau.com rangkum.

1. Bunga Mawar

Dikutip dari thehealthsite.com, penelitian yang dilakukan Departemen Fisiologi dan Patologi Universitas Paraíba-Caixa Brasil membuktikan bahwa bunga ini dapat meredakan stres dan depresi serta kelelahan.

Esens dari bunga mawar saat dihirup akan menimbulkan efek sedatif. Wangi yang tercipta dari mawar dapat membantu menenangkan pikiran.

Pada jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice yang dikutip dari satuharapan.com disebutkan bahwa, aromaterapi mawar secara klinis dapat menurunkan gangguan kecemasan atau depresi secara umum, terutama pada perempuan pascamelahirkan.

2. Bunga Lavender

Menghirup aroma bunga lavender ternyata bisa membantu menenangkan pikiran dan memberi efek relaksasi pada tubuh. Jurnal Endurance (2018) seperti dikutip dari Greeners.co, menyebutkan lavender disebut memiliki efek sedatif (menenangkan) dan anti-neurodepresive.

Aroma lavender mampu mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat saraf dan otot-otot yang tegang.

Dalam jurnal penelitan yang sama dijelaskan bahwa menghirup lavender dapat meningkatkan frekuensi gelombang alfa dan keadaan ini diasosiasikan dengan bersantai (relaksasi) sehingga dapat mengobati insomnia.

KLIK INI:  Selain Berkebun, Ini 12 Tips Sederhana Lainnya Atasi Stres, Poin Terakhir Menggiurkan
3. Bunga Kenanga

Sebuah studi dalam jurnal ilmiah Phytotherapy Research membuktikan bahwa ekstrak bunga kenanga bisa menenangkan saraf-saraf otak sehingga tekanan darah menurun dan detak jantung menjadi stabil.

Bagi yang memiliki penyakit hipertensi dan sedang dilanda stres, minyak esensial bunga ini bisa jadi solusinya.

Aroma bunga kenanga juga mampu membangkitkan emosi positif, meredakan rasa amarah sekaligus memberi efek menenangkan.

4. Bunga Melati

Seorang professor dari Ruhr University, Hanns Hatt melakukan uji eksperimen pada sekelompok tikus dalam kandang dengan wewangian bunga melati.

Menurut Hanns efek tersebut sebenarnya dimunculkan oleh senyawa aktif Gamma Amino Butyric Acid (GABA) yang terdapat di otak mammalia.

Fungsi senyawa GABA adalah untuk meredakan kegelisahan. Dari eksperimen tersebut membuktikan bahwa, GABA akan meningkat ketika menghirup wewangian.

Dari ratusan jenis wewangian yang dicoba, wangi melati paling efektif meredakan ketegangan.

KLIK INI:  4 Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan, Poin Terakhir Menakjubkan!
5. Bunga Chamomile

Bunga chamomile adalah tumbuhan semusim dari famili Asteraceae atau suku kenikir-kenikiran.

Chamomile seringkali dikenal sebagai “tanaman dokter” karena bisa membantu pertumbuhan tanaman lain yang tumbuh di dekatnya, terutama yang menghasilkan minyak esensial (essential oil).

Bunga yang bisa dijadikan minuman teh ini punya aroma yang menyegarkan dan menenangkan. Aroma yang menenangkan ini mampu mengurangi stres.

6. Bunga Geranium

Geranium tidak hanya enak dilihat, tetapi juga memiliki beberapa efek positif pada tubuh.

Dikutip dari Kompas.com, aromatik dan minyak esensial yang dihasilkan oleh dedaunan dalam bunga ini mendorong tubuh untuk memproduksi serotonin, yang berkaitan dengan perasaan kebahagiaan.

Selain kemampuannya untuk mengangkat suasana hati Anda, bunga ini bisa digunakan di kamar mandi sebagai detoksifikasi yang sehat.

Nah, itulah 6 aroma bunga yang bisa menghilangkan stress.

KLIK INI:  Tanaman Hias untuk Kecantikan? Berikut Penjelasannya!