Apakah Anda Sadari 3 Daun Ini Wajib Ada Saat Lebaran?

Publish by -128 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Apakah Anda Sadari 3 Daun Ini Wajib Ada Saat Lebaran
Daun pisang/foto-Ist

Klikhijau.com Daun telah menjadi kebutuhan manusia sejak dahulu. Keberadaannya cukup banyak membantu, baik sebagai obat hingga pembungkus makanan.

Boleh dikata dedaunan dan manusia adalah dua hal yang tak terpisah. Apalagi saat lebaran, baik lebaran Idul Fitri maupun lebaran Idul Adha.

Setidaknya ada 3 daun yang wajib ada saat lebaran. Ketiganya telah menjadikan lebaran lebih semarak, bahkan menjadi ciri khas. Selain itu, penggunaan daun juga lebih ramah lingkungan.

Tanpa ketiga daun tersebut, khususnya di Indonesia, rasanya lebaran akan hambar. Nah, inilah ketiga daun yang dimaksud itu:

KLIK INI:  Meriah, Lomba Baca Puisi Tema Lingkungan Akan Diagendakan Setiap Tahun
  • Daun pisang

Daun pisang yang hijau tak hanya menyegarkan pandangan mata. Namun, juga menjadi barang yang sangat penting saat lebaran tiba.

Daun pisang telah lama digunakan oleh manusia, sebelum payung kain bermunculan, misalnya. Daun pisang telah jadi andalan untuk melindungi diri dari hujan dan terik.

Saya ingat, ketika masih di bangku sekolah dasar. Daun pisang adalah payung paling andalan jika sedang hujan. Daun pisang telah menyelamatkan banyak orang dari basah kuyup.

Selain sebagai payung, daun pisang juga telah lama digunakan sebagai pembungkus makanan.  Daun pisang memiliki banyak senyawa penting guna menjaga kesehatan tubuh Anda. Kandungannya antara lain seperti lignin, allantoin, hemiselulosa, protein, dan polifenol yang berguna sebagai antioksidan.

Dan saat lebaran, daun pisang yang masih muda adalah bahan baku utama untuk membungkus buras. Lebaran tanpa buras memang akan terasa hambar.

  • Pandan wangi

Pandan wangi, selain memiliki aroma khas yang wangi, juga memiliki manfaat lain dalam mendukung dunia kuliner.

Di Sulawesi Selatan, pandan wangi menjadi hal  yang harus selalu tersedia sebagai bahan baku pembuatan ketupat. Ketupat adalah kawan setia coto. Keduanya tak terpisahkan. Di mana ada coto di situ ada ketupat.

Saat lebaran, ketupat menjadi kuliner yang wajib ada di atas meja makan. Ketupat telah menjadi ciri khas dari lebaran itu sendiri. Sering kita temukan ucapan selamat lebaran dengan gambar ketupat.

Pandan wangi memiliki banyak manfaat sebab kaya zat alkaloida, polifenol, flavonoida, tannin, saponin dan mengandung zat warna alam.

KLIK INI:  Coba Lakukan 7 Hal Ini, Agar Ketupat Tak Cepat Basi!

Memang pandan wangi bukan satu-satunya daun yang biasa digunakan untuk membuat ketupat. Tapi, masyarakat banyak menjatuhkan pilihannya pada pandan wangi untuk membuat ketupat karena aromanya yang bikin ngiler.

Di kampung saya, pandan wangi tak hanya dibuat sebagai ketupat, tapi daun wajib saat ziarah kubur. Selengkapnya baca di sini

  • Janur kuning

Janur kuning atau janur barangkali menjadi daun paling pepuler, khususnya di dunia percintaan. Ia jadi penanda ‘kesetian’ sebuah hubungan, juga jadi isyarat bagi yang masih ingin berjuang mempertahankan hubungannya.

Sering kita temukan istilah, sebelum janur kuning menghias, yang bisa diartikan bahwa sebelum janur kuning menghiasi rumah orang yang diidamkan sebagai pendamping, peluang masih ada.

Memang janur kuning menjadi salah satu tanda pernikahan. Selain sebagai tanda pernikahan, janur kuning juga menjadi sesuatu yang wajib ada saat lebaran.

Janur kuning ini bisa berasal dari dua pohon, yakni pohon aren dan pohon kelapa. Yang disebut janur kuning adalah daun pohon aren atau kelapa yang masih muda.

Janur  saat lebaran adalah pembungkus makanan khas lebaran yang juga menjadi andalan. Ekstrak daunnya memiliki potensi menjadi bahan pengemas aktif karena memiliki kandungan total senyawa fenolik dan aktivitas antioksidan.

Itulah 3 jenis dedaunan yang wajib ada saat lebaran. Semoga bermanfaat.

KLIK INI:  Tanaman Pot Primadona, Pilih Aglonema atau Janda Bolong?

Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!