Apa yang Dapat Kita Lakukan untuk Menghemat Energi di Rumah?

oleh -13 kali dilihat
Apa yang Dapat Kita Lakukan untuk Menghemat Energi di Rumah
Ilustrasi pemakaian laptop - Foto/Alex Knight di Unsplash

Klikhijau.com – Tanpa disadari setiap hari kita menghabiskan begitu banyak energi dari fasilitas rumah tangga dan aktivitas keseharian. Energi yang dihabiskan terutama listrik dan penggunaan bahan bakar BBM, kita tahu bersumber dari energi fosil yang tidak dapat diperbaharui.

Oleh sebab itu, kita perlu hemat energi dengan mengurangi penggunaan energi dan efisiensi pada pola konsumsi. Hemat energi dapat berdampak positif bagi penggunanya, baik itu secara ekonomi maupun dalam aspek kualitas lingkungan.

Praktik sederhana untuk hemat energi adalah dengan konservasi energi yakni pemakaian energi secara efisien sesuai kebutuhan saja. Jangan lupa, Sahabat Hijau bahwa aktivitas penghematan energi juga dapat mengurangi dampak perubahan  iklim.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk menghemat energi di rumah? Berikut 8 tindakan sederhana  sebagai upaya konservasi energi yang dapat dilakukan dan dimulai dari rumah masing-masing:

KLIK INI:  Agar Tetap Sehat di Musim Hujan, Ini 9 Tipsnya!
  • Penggunaan lampu LED

Penggunaan lampu Light Emitting Diode (LED) merupakan satu bentuk hemat energi. Mengapa? Hal itu karena lampu LED lebih efisien dalam konsumsi listrik. Jadi, ada baiknya segera mengganti lampu-lampu di rumah Anda dengan jenis LED.

Hemat energi
ILustrasi – Foto/ angela González garcia di Unsplash
  • Cabut peralatan yang tak digunakan

Seringkali kita lupa mencabut celokan listrik pada alat elektronik atau charger handphone. Mungkin karena terlalu terlalu terburu-buru atau karena menganggap ini tidak mengeluarkan energi listrik. Padahal, peralatan yang tidak dicabut celokannya tetap saja akan menghabiskan energi listrik.

  • Gunakan AC seperlunya

Kebiasaan menggunakan AC di kamar atau dalam ruangan, baik di rumah maupun di kantor memang telah membuat kita ketergantungan pada suasana dingin. Padahal, ada kalanya kita tidak perlu menyalan AC karena cuaca tidaklah terlalu panas terutama di malam hari atau saat pagi hari.

  • Gunakan laptop dibanding komputer meja

Penggunaan laptop tentu lebih hemat ketimbang komputer duduk. Hal itu karena, sewaktu-waktu celokan laptop dapat dibuka saat baterai laptop telah terisi. Dengan begitu, kita dapat lebih hemat listrik.

KLIK INI:  Lebaran Kali Ini Lebih ‘Hijau’, Bisakah?
  • Matikan lampu yang tidak dipakai

Tanpa disadari kita kadang lupa mematikan lampu di kamar, terutama di kamar mandi. Padahal, ada masa tertentu dimana lampu itu sebenarnya tidak perlu harus menyala. Misalnya saat hari telah siang atau karena memang tidak ada aktivitas di dalam ruangan tersebut.

  • Tutup rapat pintu kulkas

Pastikan tidak berlama-lama di depan pintu kulkas tanpa ada tujuan pasti. Mengapa? Itu karena tindakan tersebut dapat menghabiskan energi listrik yang besar. Oleh sebab itu, segera tutup kulkas untuk mengurangi pemakaian energi.

  • Gunakan mesin cuci seperlunya

Penggunaan mesin cuci mestinya lebih bijak agar kita dapat menghemat energi. Gunakan mesin cuci seperlunya dan berupaya untuk mengeringkan pakaian di bawah sinar matahari langsung.

  • Minimalisir penggunaan pemanas dan pendingin

Baik alat pemanas maupun pendingin, sama-sama menghasilkan energi listrik yang besar. Ada baiknya meminimalkan pemakaian pemanas dan pendingin di rumah seperti dispenser untuk dapat lebih hemat energi. Kurangi pula pemanasan air untuk mencuci atau mandi.

Itulah tindakan sederhana yang dapat dilakukan di rumah untuk menghemat energi. Ayo segera kita mulai di rumah yah! Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Perlukah Perlakuan Khusus Pada Tas Belanja Selama Masa Pandemi Covid-19?