Antanan, Berkah dari Langit dan 5 Manfaat Ajaibnya

Publish by -151 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Antanan, Berkah dari Langit dan 5 Manfaat Ajaibnya
Antanan/Foto-Liputan6

Klikhijau.com – Antanan, sejenis tumbuhan liar yang bentuknya sangat familiar dalam ingatan saya sejak kanak-kanak. Yah, tumbuhan ini sering kami pakai sebagai properti dalam permainan rias pengantin. Disematkan melingkar di kepala sehingga tampak seperti payung-payung yang bergoyang.

Nama lainnya adalah pegagan (Centilla asiatica), tanaman liar yang mudah tumbuh di ladang, sawah bahkan tepi jalan. Tumbuhan ini berasal dari daerah Asia Tropik dan tersebar di Asia Tenggara termasuk Indonesia, India, Tiongkok, Jepang, Australia dan lainnya.

Jenis satu ini memang melimpah di kampung saya di Bulukumba yang bertanah subur. Tumbuh meriah berjejal walau harus diantarai beragam rerumputan. Bila dicabut dari akarnya, tarikannya lembut seolah pasrah pada takdirnya. Antanan memang tidak memiliki akar yang berserak kuat ke tanah, ia hanya menempel tipis di permukaan.

Itulah kenangan manis saya tentang antanan. Hingga suatu ketika saya terkejut saat membaca beberapa artikel tentang antanan dan manfaatnya. Tampaknya, Tuhan memang selalu menaruh cinta dan kehidupan pada ciptaanNya, juga di tumbuhan bernama antanan yang tampak tumbuh sepele.

KLIK INI:  Murah dan Efektif, Ini Khasiat Ajaib Daun Jambu Biji

Berikut 5 manfaat antanan yang perlu Anda ketahui.

Atasi Autisme

Informasi mengenai antanan yang dapat mengatasi autisme saya jumpai saat membaca Majalah Trubus. Seorang warga Jakarta Barat bernama Inneke berbagi pengalaman tentang anaknya yang perlahan sembuh dari autis berkat pegagan. Autisme adalah suatu kondisi gangguan perkembangan otak dan saraf yang kompleks, sehingga pengidapnya kesulitan berinteraksi dan berkomunikasi.

Oleh seorang dokter bernama Joshua Sujono menyarankan agar diberikan terapi herbal pada anak Inneke. Dokter Joshua memberikan daun pegagan dalam bentuk ekstrak herbal cair. Waw, perubahan yang dirasakan cukup luar biasa, dengan terapi rutin dari Oktober 2017 hingga Maret 2018, anak Inneke mulai bisa berkomunikasi secara baik.

Mengatasi stretch mark dan penuaan kulit

Bagi banyak perempuan, antanan adalah berkah murah yang istimewa. Yah, pegagan dapat meluruhkan stetch mark atau semacam belang-belang bergaris yang banyak menyerang perempuan. Dikutip dari penelitian Advances in Dermatology and Allergology (Dilansir Hellosehat), disebutkan bahwa pegagan mengandung triterpenoid yang mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Sebuah kandungan khusus yang dapat menyamarkan stretch mark yang menyebalkan dan juga dapat mencegahnya muncul kembali.

Antanan yang dikenal sejak 3000 tahun lalu ini ternyata memang dijadikan bahan herbal di India dan Tiongkok. Menurut dr. Linda Julianti Wijaya (dikutip Liputan6.com), antanan dapat meningkatkan proliferasi sel fibroblas dan keratinosit, sintesis kolagen I dan II sehingga dapat dijadikan bahan aktif pada kosmetik anti penuaan kulit.

KLIK INI:  Memilukan, Penyu Terkecil di Dunia Terancam Punah
Anti Infeksi dan peluruh air seni

Daun pegagan memiliki sifat manis dan sejuk. Efek farmakologisnya adalah anti infeksi, antitoxic, penurun panas dan peluruh air seni.

Mengaja kesehatan hati dan mencegah kerusakan otak

Menurut berbagai penelitian sebagaimana dikutip Manfaat.co.id, daun antanan mengandung ekstrak asiaticoside yang berguna untuk melawan kerusakan hati. Asiaticoside juga berfungsi untuk mengurangi kerusakan pada sel serta membantu pemulihan kembali fungsi hati.

Sebuah jurnal yang terbit pada Desember 2012 berjudul ‘Neurological Sciences’, antanan memiliki kandungan yang bisa mencegah terjadinya kerusakan pada otak yang disebabkan oleh paparan bahan kimia.

Meredakan kecemasan dan stress

Dikutip dari Hellosehat.com, kandungan senyawa triterpenoid dalam pegagan ternyata dapat meredakan kecemasan dan stres. Sebuah penelitian mengungkap bahwa ekstrak daun pegagan dapat menurunkan kecemasan bahkan depresi. Para ahli kemudian menduga bahwa ekstrak gotu kola dapat dijadikan sebagai pengganti obat antidepresan.

Kandungan di atas hanya sebagian kecil dari manfaat antanan yang saya rangkum dari berbagai sumber. Antanan memang sebuah berkah dan dari langit yang diturunkan pencipta pada manusia sebagai tanda kemurahannya.

KLIK INI:  Pantas Sereh Jadi Bumbu Idola, Begini Manfaat Istimewanya!
Editor: Anis Kurniawan
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!