Anda Sedang Sakit Gigi? Coba Konsumsi Makanan ini!

Publish by -27 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Anda Sedang Sakit Gigi? Coba Konsumsi Makanan ini!
Sakit gigi/Foto-Liputan6

Klikhijau.com – Salah satu rasa sakit yang begitu menyusahkan adalah sakit gigi. Anda pernah mengalaminya? Sudah tahu kan bagaimana rasanya?

Tidak hanya membuat ngilu saat makan, tapi juga bisa menyebabkan sakit kepala dan demam. Bahkan bisa mengganggu kegiatan sehari-hari.

Sebenarnya, ada beberapa pilihan obat sakit gigi yang paling ampuh. Misalnya hidrogen peroksida 3%, paracetamol, ibuprofen, naproxen. Saya sendiri biasa menggunakan cataflam. Namun, namanya juga obat kimia pasti ada efek sampingnya.

Rasa sakit gigi terkadang membuat orang malas untuk makan. Padahal, asupan makanan tertentu justru bisa meringankan rasa sakit yang kuat pada gigi.

KLIK INI:  Begini Tips Agar Tidak Mabuk Kendaraan dalam Perjalanan

Karena itu sangat disarankan memilih makanan yang mengandung vitamin C dan kalsium tingkat tinggi. Vitamin dan kalsium tersebut membantu mengurangi rasa sakit.

Tapi butuh hati-hati juga memilih makanan yang akan dikonsumsi karena beberapa makanan tertentu bisa memperparah sakit gigi.

Simak penjelasan berikut tentang makanan yang baik dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakitnya.

# Bawang

Bawang mentah tentu memiliki rasa yang sangat tidak enak. Namun, air bawang alami diketahui dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Potong sebutir bawang, kemudian letakkan di atas gigi yang sakit, lalu gigit bawang tersebut agar jus bawang keluar. Jika ngilunya tidak seberapa, bawang merah dan bawang putih ini bisa jadi cara mengobatinya.

Kedua bawang ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi sekaligus mengendalikan rasa nyerinya.

Jika Anda tidak bisa mengunyah bawang, iris tipis bawang dan letakkan langsung di gigi yang sakit sebagai kompres.

# Sup

Milla Kurniaputri menulis di laman detikFood bahwa ketika sakit gigi, tidak dianjurkan untuk mengunyah terlalu sering.

Karena itu, sup adalah salah satu makanan yang cocok dikonsumsi karena tak perlu mengunyah terlalu banyak.

Sup bisa dipilih dengan aneka isian yang lunak, seperti pasta, telur dan kaldu sup bernutrisi untuk memberi asupan sehat. Nikmati saat sup sudah hangat.

# Es krim

Mengonsumsi makanan yang satu ini sebagai pengurang rasa sakit pasti belum banyak yang tahu.

Tidak masalah jika makan es krim ketika sakit gigi. Mengapa? Sebab es krim disarankan oleh beberapa dokter gigi untuk pasien yang telah menjalani operasi gigi.

Ketika pilek, es krim akan meringankan rasa ngilu pada gigi dan ketidaknyamanan setelah operasi. Es krim mungkin bisa jadi makanan terenak yang bisa dimakan.

KLIK INI:  Mau Daya Tahan Tubuh Tetap Oke Saat Puasa? Begini Tips Alaminya!
# Yogurt

Makanan lain yang tidak perlu dikunyah atau digigit adalah yogurt. Yogurt juga sangat sehat dan cukup mengenyangkan.

Yogurt bisa dipadukan dengan buah yang tidak terlalu keras. Misalnya blueberry atau pisang agar jadi makanan yang lebih bergizi.

# Kentang panggang

Kentang panggang juga bisa menjadi makanan enak yang bisa dinikmati. Mengonsumsi kentang panggang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena kandungan karbohidratnya.

Panggang kentang agak lama agar kentang memiliki tekstur yang empuk dan lembut sehingga tidak menyulitkan untuk dikunyah.

# Keju

Makanan lain yang bisa dimakan adalah keju. Keju juga tidak membutuhkan usaha keras untuk mengunyahnya.

Keju penuh dengan kandungan protein, beragam vitamin dan cepat mengenyangkan.

KLIK INI:  Kisah Bintang Game of Thrones dan Aneurisma Otak yang Dialaminya
Editor: Ian Konjo
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!