Anda Demam? Jangan Terburu-Buru Minum Obat!

Publish by -143 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Anda Demam? Jangan Terburu-Buru Minum Obat!
Pengukur suhu badan/Foto-pixabay

Klikhijau.com – Sejak semalam, suhu badan saya tinggi dan itu membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Yah, saya sedang demam, influenza, dan kepala terasa pusing.

Sebagian besar orang benci ketika mengalami demam, termasuk saya. Meski kenyataannya, demam merupakan tanda bahwa sistem imun sedang bekerja melawan infeksi virus, bakteri, jamur, atau zat asing lain yang masuk ke dalam tubuh..

Demam juga seringkali muncul bersamaan dengan gejala lain. Misalnya mual, batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, nyeri sendi, meriang, sakit kepala, dan lain-lain.

Salah satu alasan orang cepat-cepat menangani kondisi yang satu ini adalah untuk meringankan rasa tidak nyaman.

KLIK INI:  Hasil Penelitian: Lakukan Ini Agar Hidup Lebih Lama, Sehat dan Bugar

Secara umum, suhu tubuh dikatakan berada di atas normal saat mencapai 37 derajat Celcius melalui pengukuran mulut, atau 37,2 derajat Celcius ketika diukur melalui anus.

Tapi jika demam mencapai 40 derajat Celcius atau lebih, harus segera diberikan bantuan medis. Kondisi ini berisiko menyebabkan gangguan fungsi otak dan kejang, terutama pada bayi dan anak-anak.

Obat penurun panas yang tepat

Saat demam, gunakan pakaian yang tipis dan hindari pakaian tebal berlapis karena dapat memicu kenaikan suhu. Basuh tubuh dengan air hangat untuk membantu menurunkan suhu badan.

Hindari air dingin, air es, dan minuman berkafein karena minuman jenis ini dapat memicu terjadinya dehidrasi. Perbanyak minum air saat mengalami demam.

Selain itu, obat demam berikut ini bisa Anda konsumsi untuk meringankan gejalanya.

# Acetaminophen (paracetamol)

Acetaminophen atau paracetamol berguna untuk menurunkan suhu tubuh yang naik akibat demam. Obat ini juga sering digunakan untuk mengobati nyeri ringan sampai sedang.

Acetaminophen ini juga dapat meredakan flu atau pilek, sakit kepala, gejala menstruasi, sakit gigi, dan sakit punggung.

Ada banyak produk obat acetaminophen yang tersedia dan cara minumnya pun beragam. Misalnya tablet kunyah, pil, atau sirup.

Selalu baca aturan minum dengan cermat dan jangan mengonsumsinya lebih dari dosis yang disarankan. Biasanya dosis obat ditentukan berdasarkan usia.

# Ibuprofen (Motrin atau Advil)

Ibuprofen digunakan untuk mengurangi rasa sakit dari berbagai kondisi seperti sakit kepala, sakit gigi, kram perut saat haid, nyeri otot, dan radang sendi.

Ibuprofen sering juga digunakan untuk meredakan demam, flu, atau pilek. Obat ini bersifat antiradang yang bekerja dalam tubuh untuk menghalangi zat alami tertentu yang bisa menyebabkan peradangan, pembengkakan, atau nyeri ketika sedang demam.

Disarankan untuk tidak berbaring 10 menit setelah obat diminum. Sakit perut, mual, muntah, diare, sembelit, dan mengantuk adalah efek samping yang mungkin bisa dirasakan setelah obat diminum.

KLIK INI:  Kulit Melepuh Akibat Terkena Air Panas, Ini Cara Sederhana Mengobatinya
# Naproxen

Selain ibuprofen, naxproxen juga bisa digunakan untuk obat pereda nyeri, seperti sakit kepala, sakit gigi, tendonitis, dan nyeri haid, serta asam urat dan radang sendi. Cara kerjanya sama seperti ibuprofen yang mencegah peradangan pada tubuh.

Biasanya diminum 2 atau 3 kali sehari dengan segelas air dan tidak diperkenankan untuk berbaring setidaknya 10 menit setelah obat diminum.
Efek samping dari obat ini adalah sakit kepala, pusing, mengantuk, mual, dan nyeri pada ulu hati.

# Aspirin

Obat ini dapat menurunkan demam sekaligus meredakan nyeri akibat sakit gigi, sakit kepala, atau nyeri otot. Cara kerjanya sama seperti ibuprofen dan naproxen.

Selain itu, bisa juga digunakan untuk mencegah pembekuan darah yang berisiko mengakibatkan serangan jantung atau stroke.

Itulah sebabnya obat ini juga dikenal sebagai obat pengencer darah dan obat hanya boleh diminum dengan dosis kecil.

Obat alami pereda demam

Selain menggunakan obat yang tadi disebutkan, ada beberapa cara menyembuhkan demam tanpa obat kimia yang bisa Anda coba sendiri.

Tumbuk 5 siung bawang putih hingga berbentuk seperti pasta, kemudian campur dengan air dan yogurt. Bawang putih mengandung allicin yang bersifat anti mikroba sehingga bermanfaat untuk menurunkan demam.

Anda juga bisa menggunakan madu. Madu adalah makanan alami penurun panas karena serbuk sari pada madu bekerja secara efektif untuk menurunkan suhu badan.

Saat kamu terserang demam, Anda juga bisa mencoba cara unik ini, yaitu meletakkan beberapa potong kentang mentah dalam kaus kaki dan kemudian memakainya. Cara ini dipercaya berkhasiat untuk menurunkan suhu badan.

Air jeruk juga bisa Anda coba untuk membantu menurunkan demam. Kandungan vitamin C pada jeruk bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bakteri penyakit penyebab demam bisa hilang.

KLIK INI:  Daun Bidara Laut, Tanaman Herbal dengan Manfaat Antioksidan Tinggi
Editor: Ian Konjo
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!