Akuilah Tempat Sampah Memang Menjijikkan, Tapi Sangat Dibutuhkan, Kenapa?

oleh -1,969 kali dilihat
Tolong, Jangan Panggil Saya "Kamu Bau!"
Ilustrasi tempat sampah/ foto-radarbangka.co.id
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Artikel Apakah di TPS Anda Ada Tempat Sampah? Yang dimuat di Klikhijau.com, mungkin bagi kebanyakan orang tak penting membahasnya. Tapi, bagi lingkungan hal itu sangat urgen. Karenanya, sudah seharusnya setiap ada hajatan, tempat sampah selalu disiapkan

Harus diakui, meski menjijikkan  tempat sampah adalah kebutuhan esensial dalam kehidupan manusia. Saya yakin, di setiap rumah ada tempat sampahnya. Sebab hampir setiap hari kita menghasilkan bergagai jenis sampah.

Pertanyaannya, ke mana sampah yang kita hasilkan itu di buang setelah tempat sampah di rumah penuh? Ke mana?

Jika kamu hidup di kampung, biasanya warga akan membawanya ke belakang rumahnya. Menumpuknya di sana. ada yang membuatkannya lubang ada juga yang membuangnya begitu saja atau kadang ada juga yang membakarnya.

KLIK INI:  Apakah di TPS Anda Ada Tempat Sampah?

Namun, jika kamu hidup di kota, sampah-sampah dari rumah, kamu akan temukan di pinggir jalan, di trotoar, di bawah pohon atau kadang ada yang terlalu kreatif—menggantungnya di pohon.

Tempat sampah mutlak diperlukan, bukan hanya dalam rumah, tetapi juga di luar rumah. Sebagai tempat penampungan sampah sebelum petugas pengangkut sampah datang mengambilnya, tujuannya agar tak berserakan mencemari lingkungan.

Semakin banyak jumlah sampah maka semakin besar pula ukuran tempat sampah yang di butuhkan. Banyak ukuran tempat sampah dan jenis yang dijual di pasaran. Dari mulai 5 liter, 1200 liter, hingga bak sampah besar berukuran 6 kubik.

Kamu bisa memilih besar ukuran sesuai kebutuhan. Bentuk tempat sampah pun memiliki beragam variant. Ada tempat sampah dengan model tutup goyang, tempat sampah beroda, atau tempat sampah dengan pedal. Belum lagi variasi dibahan yang digunakan. Di mana terdapat tempat sampah plastik, fiber, seng, hingga Stainless Steel.

Kenapa sekarang manusia membutuhkan tempat sampah, sebab jenis sampah sekarang berbeda dengan zaman dulu. Manusia  dulu hanya sebatas kotoran dari tubuh, sisa-sisa pakaian bekas dan kayu bahan bangunan yang sudah lapuk  sehingga cara menghilangkannya hanya dengan cara di kubur ke dalam tanah atau di buang ke sungai.

Sampah di zaman itu sangat mudah terurai di dalam tanah berubah menjadi pupuk untuk tanah dan tanaman sekitarnya, beberapa sampah yang di buang ke dalam sungai habis di makan hewan air.

KLIK INI:  2030 Taiwan Bebas dari Sampah Plastik, Indonesia Kapan Ya?

Namun, sekarang  sampah lebih beragam, bahkan   banyak rumah produksi dan pabrik yang menghasilkan limbah sampah yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Semua jenis sampah saja terurai hanya saja waktu yang di butuhkan berbeda beda.

Seperti sampah organik memerlukan waktu yang sangat singkat untuk membusuk  secara alami, akan tetapi sampah non-organik memerlukan waktu yang sangat lama, bahkan ada pula yang ratusan tahun baru bisa terurai.

Bayangkanlah jika tak ada tempat sampah di lingkungan kita?  Bayangkan jika dirumah ada 10 orang, setiap orang membuang 1 sampah per satu hari.  Hitunglah  10 orang x1 sampah x 30 hari = 300 sampah.  Itu baru satu keluarga, jika satu kampung 50 KK?

Karena itu dibutuhkan tempat sampah, tujuan dari sebuah tempat sampah adalah memberikan tempat khusus bagi orang – orang yang ingin membuang sampah, baik sampah tersebut organik maupun non-organik.

Dengan adanya tempat sampah, kita dapat menjaga kebersihan, karena tak lagi ada sampah berserahkan. Dengan adanya tempat sampah juga dapat mengurangi polusi udara dan pencemaran lingkungan.

KLIK INI:  Asyik, Sampah Bisa Ditukar Emas di Pegadaian