Air Terjun Pangkadari di Manggarai, Pesona Alam yang Mengesankan Wisatawan

oleh -105 kali dilihat
Air Terjun Pangkadari - Foto:
Air terjun Pangkadari di NTT - Jefri Teping/Arka Dewa

Klikhijau.com – Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki kekayaan alam yang mendunia. Keindahan alam NTT menyebar di 21 Kabupaten, salah satunya adalah kabupaten Manggarai.

Kabupaten Manggarai terletak di wilayah Pulau Flores.  Manggarai dikenal dengan lokasi wisata yang luar biasa, seperti Wae Rebo, Liang Bua, Sawa lodok Cancar atau Sawah jaring laba-laba.

Potensi destinasi wisata di kabupaten Manggarai memberikan kepuasan bagi wisatawan, seperti lokasi wisata yang megoda mata para wisatawan dan memberikan ketenangan berada di Kecamatan Cibal Barat, yaitu air terjun Pangkadari.

Lokasi air terju ini menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun banyak diantara wisatawan yang kebingungan mencari jalur menuju ke lokasi air terjun.

Staf Kecamatan Cibal Barat,  Jefri Teping alias Arka Dewa menjelaskan, jalur menuju ke Air Terjun Pangkadari searah dengan jalur menuju Golowoi ibukota kecamatan Cibal Barat.

KLIK INI:  Komisi IV DPR RI Dukung Pengembangan Wisata Alam Papua

“Kurang lebih 30Km dari Ruteng menuju Golowoi kita akan menemukan pertigaan sebelum Kampung Raci. Arah kanan menuju Golowoi dan  arah kiri menuju SMAN 2 CIBAL dan Air Terjun Pangkadari,” jelasnya.

Pria yang hobi traveling bersama komunitas motor gede itu menambahkan, sekira 500 meter dari pertigaan itu, pengunjung akan menemukan Posko Pangkadari yang dibangun dan dijaga oleh Komunitas Pangkadari yang di ketuai oleh Saudara Libert.

“Di Posko tersebut wisatawan membayar tiket masuk Rp.20ribu dan untuk jasa guidenya wisatawan bisa memberikan donasi seikhlasnya,” ucapnya.

Dikatakannya, kendaraan wisatawan bisa diparkir di sekitar area posko dan wisatawan bisa  memulai perjalanan kurang lebih 30 menit, melewati jalan Desa Wae Codi yang sudah ditelford, sebelum akhirnya melewati persawahan untuk menuju air terjun Pangkadari.

Jefri menegaskan, besar harapannya agar sepanjang perjalanan dan di lokasi air terjun Pangkadari, wisatawan tidak meninggalkan jejak sampah dalam bentuk apapun, karena di area air terjun Komunitas Pangkadari tidak menyediakan tempat sampah. “Sampah dibawa pulang”

Ia menambahkan, lokasi wisata air terjun Pangkadari memiliki keunikan dan keindahan yang luar biasa.

Suasana yang sunyi, lumut yang tumbuh subur menempel pada bebatuan namun tidak mudah rontok dan tidak licin. Pohon-pohon tumbuh subur, udara sejuk, air yang bening dan bersih. Sungguh alami dan luar biasa.

KLIK INI:  Begini Peran TNTP sebagai Kawasan Konservasi dan Pendorong Kemajuan Wilayah