Agar Lamanti (Leunca) Tumbuh Subur, Berikut Cara Budidayanya!

oleh -190 kali dilihat
Tumbuh Liar Jadi Gulma, Lamanti Tetap Diminati sebagai Sayuran
Lamanti atau leunca-foto/Ist

Klikhijau.com – Lamanti atau leunca selama ini belum dibudiyakan secara massif. Biasanya dibiarkan tumbuh liar saja menjadi gulma.

Padahal manfaatnya sungguh banyak, selain bisa jadi sayuran, juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal, baca di SINI

Sebagai tanaman liar, bukan berati lamanti atau biasa juga disebut ranti tidak bisa dibudidayakan sebagai bahan pangan potensial untuk sayuran.

Tumbuhan ini masa panennya terbilang cepat, yakni dikisaran usia 3—4 bulan dari waktu menebar. Untuk buahnya, sebaiknya yang dipanen yang hampir tua. Karena, buah yang sudah tua rasanya akan liat. Untuk daunnya, biasanya yang dipanen adalah daunnya yang muda.

KLIK INI:  Cara Membuat Taman Rumah Berkelanjutan dengan 3 Pertanyaan

Produktivitas buah tanaman ini bisa cukup tinggi mencapai lebih dari 2,5 ton perhektare. Namun, meski mudah tumbuh ada beberapa cara cara yang bisa dilakukan untuk membudidayakan tumbuhan dari spesies Solanum nigrum ini, di antaranya:

  • Meyediakan modal

Sebuah usaha yang akan dilakoni tidak bisa dilepaskan dari modal. Begitu juga jika ingin membudidayakan leunca.

Namun, karena tumbuhan ini banyak tumbuh liar saja, maka modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu banyak.

Semisal untuk bibit, tidak perlu membeli. Cukup ke kebun saja mengambilnya. Pun bisa langsung ditabur saja.

  • Cara pemilihan bibit

Tumbuhan ini berkembangbiak melalui buahnya. Karena itu jika menginginkan bibit yang berkualitas, haruslah buah yang tidak terkena hama.

Tidak sulit menemukan bibitnya. Jika tidak sempat mengambil bibitnya dalam bentuk biji, bisa dipakai atau ditanamnyang sudah tumbuh.

  • Menyiapkan lahan atau lokasi

Leunca mudah tumbuh. Ia bisa tumbuh pada lahan kering dan juga dipinggiran air. Lahan yang memiliki tanah subur yang gembur. Bisa dilihat dari warna tanahnya, jika hitam atau terlihat merah kekuningan. Itu merupakan tempat yang cucuk untuk menanam leunca.

  • Pembuatan tempat penyemaian

Untuk tempat penyemaiannya, bisa dilakukan dengan cara bedeng atau polibag. Penyemaian ini pun bisa menggunakan pupuk organik agar leunca bisa lebih subur.

KLIK INI:  Si Cantik Coelogyne celebensis Anggrek Karismatik Sulawesi
  • Pengelohan lahan

Meski mudah tumbuh, lahan yang ingin ditanamani tumbuhan ini sebaiknya digemburkan terlebih dahulu. Bisa dengan cara dicangkul. Hal ini bisa lebih memudahkan petani untuk menanaminya.

  • Menaburi  pupuk organik

Untuk penaburan pupuk organik, ini bisa dilakukan setelah pembuatan lubang untuk tumbuhan ini. Caranya taburi  pupuk organik secukupnya sesuai aturan. Pupuk organik tersebut bisa didapatkan melalui kotoran hewan, semisal kotoran ayam atau kuda.

  •  Menanam leunca

Setelah lubang ditaburi pupuk organik, sebaiknya biarkan selama empat hari pupuk organik tersebut bercampur dan merata dengan tanah.

Setelah itu, bersiaplah menanaminya dengan bibit leunca. Ini bisa dilakukan dengan bibit yang masih bentuk biji atau yang sudah tumbuh.

Untuk bibit yang sudah disemai akan lebih baik jika bibit yang  telah berumur satu bulan atau lebih. Itu dikarenakan dalam perkembangan kelak bisa menjadi lebih baik, sehingga besar peluang untuk tumbuh dengan baik dengan subur dan hijau.

  • Cara memelihara leunca

Hal terpenting lainnya setelah penanaman adalah pemeliharaan. Caranya bisa dicek setiap saat untuk memeriksa mana tumbuhan yang terkena hama. Upayakan untuk menyingkirkan tanaman yang telah terserang hama dengan yang belum terkena.

Ini dilakukan sebagai upaya pencegahan agar hama tidak menyebar dan merusak tanaman. Pemeliharaan tanaman ini tidak ribet, bahkan terbilang  sangat mudah. Itu disebabkan karena pada habitat aslinya di alam, buahnya merupakan pohon semak. Tumbuh liar dan subur meski diabaikan dan menjadi gulma.

Tanaman ini tumbuh bersama gulma yang lain, untuk itu yang perlu dilakukan ada memisahkan atau membersihkan gulma yang mengganggu pertumbuhannya.

Itulah tips sederhana cara menanam leunca dilansir dilansir dari tokopertanian99, semoga memberi manfaat bagi sahabat hijau.

KLIK INI:  Meski Tumbuh Liar, Awar-awar Menawarkan Beragam Manfaat