9 Tips Sederhana Liburan di Musim Hujan yang Perlu Diterapkan

oleh -50 kali dilihat
Ilustrasi liburan ke pantai
Ilustrasi liburan ke pantai/foto-Tempo.co

Klikhijau.com – Liburan telah jadi momen membahagiakan—selalu dinantikan. Kepenatan kerja membuat setiap orang butuh untuk suasana santai.

Liburan atau berlibur selalu dianggap mampu meringankan beban kerja dan menambah spirit. Karenanya banyak yang rela melakukan perjalanan jauh, bahkan membahayakan demi menikmati “sensasi” yang bernama liburan.

Berlibur merupakan waktu bagi seseorang atau sekelompok orang yang sedang jeda dari rutinitas ( cuti singkat), baik dari sekolah, pekerjaan atau tugas tertentu. Tujuannya untuk relaksasi.

Konsep liburan sendiri  adalah konsep yang terbilang baru, karena baru diterapkan pada pada zaman modern. Bahkan  baru berkembang selama dua abad terakhir.

KLIK INI:  Bagaimana Menaruh Ampas Kopi sebagai Penyubur Tanaman Anda?

Berlibur adalah upaya menghibur diri dan menghadirkan kebahagian untuk diri sendiri. Namun, liburan tak selalu berakhir bahagia, beberapa justru menjadi malapetaka. Niat mencari hiburan justru acap berakhir jadi tragedi.

Karena itu, ada hal yang perlu diperhatikan ketika ingin berliburan, khususnya di musim penghujan seperti saat ini:

  • Tentukan tempat  liburan

Hal paling utama yang harus dilakukan adalah menentukan destinasi tujuan wisata atau liburan Anda. Pastikan tempat yang akan dikunjungi aman. Perlu diingat musim hujan kerap membawa banyak masalah, mulai dari bencana alam hingga ancaman penyakit.

Jika Anda berniat menggelar liburan outdor, sebaiknya ubah rencana itu menjadi liburan ke destinasi yang tertutup dan memiliki cuaca yang cukup bersahabat.

  • Persiapan perlengkapan

Melakukan liburan di musim penghujan tentu berbeda dengan di musim kemarau. Perlengkapan yang dibutuhkan saat musim hujan jauh lebih banyak.

Jika di musim kemarau, Anda cukup membawa pakaian seperlunya, di musim hujan harus ditambah. Mungkin Anda bahkan perlu membawa selimut, jaket, jas hujan, payung hingga sepatu bot.

Persiapan perlengkapan ekstra itu untuk membuat suasana liburan Anda lebih nyaman.

KLIK INI:  10 Hijab Ramah Lingkungan yang Perlu Diketahui Para Hijabers
  • Intens memantau cuaca

Saat ini, pemantuan cuaca cukup mudah dan update setiap saat. Anda bisa memantaunya kapan saja dan di mana saja. Sebab Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sangat rajin memberi informasi tentang ramalan cuaca.

Dengan mengetahui kondisi cuaca pada destinasi yang Anda akan tuju, itu memudahkan Anda untuk melakukan persiapan sebelum melangkahkan kaki ke tempat tujuan.

  • Menyiapkan obat-obatan

Hal lain yang perlu disiapkan adalah obat-obatan. Di musim penghujan ancaman penyakit bisa datang lebih acap.

Persiapan obat-obatan juga sangat penting bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit yang kurang bersahabat dengan hujan. Dengan menyiapkan “penangkal” akan membuat liburan Anda nyaman dan berkesan.

  • Pilih kuliner hangat

Musim hujan identik dengan dingin. Anda pasti tak ingin liburan Anda berantakan hanya karena cuaca dingin, khususnya dalam hal menikmati kuliner.

KLIK INI:  Piknik di Pantai Berkubang Sampah

Karenanya, penting bagi Anda untuk memilih kuliner yang hangat, sehingga kondisi tubuh Anda bisa lebih bertahan dalam cuaca dingin.

Saat liburan, berburu kuliner yang khas daerah tempat dikunjungi menjadi daya tarik tersendiri, maka jika itu terjadi pilihlah kuliner yang bisa menghangatkan Anda dalam hujan.

  • Hindari tempat berbahaya

Pemilihan tempat tujuan berlibur sangat penting. Musim hujan selalu diintai dengan beragam bencana, baik tanah longsor, banjir hingga pohon tumbang.

Pastikan tempat tujuan Anda aman dari berbagai bahaya, misalnya menghindari kegiatan aoudor di hutan, di bawah pepohonan atau di pinggir sungai.

  • Pastikan kondisi fisik fit

Seperti disinggung di atas, musim hujan kerap diwarnai dengan kedatangan berbagai penyakit. Sebelum Anda melakukan perjalanan untuk berlibur, sebaiknya cek kondisi tubuh.

Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit untuk melakukan perjalanan. Anda pasti tak ingin jatah liburan yang telah diberikan dan direncanakan berantakan karena Anda sakit saat berada di lokasi atau saat tiba di rumah, bukan?

KLIK INI:  5 Tips Sederhana Merawat Tanaman Pot di Musim Hujan
  • Diskusikan dengan keluarga

Sangat penting melibatkan keluarga dalam mengambil keputusan. Ke arah mana destinasi berlibur Anda akan berlabuh.

Dengan melibatkan keluarga, maka keputusan terbaik sangat mungkin untuk diambil demi menghindari hal-hal buruk selama berlibur di musim hujan.

  • Ajak teman atau keluarga

Usahakan jika ingin pergi berlibur, jangan berangkat sendiri. Sebaiknya ajak teman atau keluarga. Tujuannya karena di perjalana atau di tempat yang Anda tuju segala sesuatu bisa terjadi, termasuk hal-hal yang buruk. Apalagi di musim penghujan.

Dengan adanya teman atau keluarga yang menemani. Anda setidaknya tidak akan menghadapi kesulitan seorang diri.

Sahabat hijau, itulah tips sederhana jika ingin liburan di musim hujan. Semoga memberi manfaat!

KLIK INI:  Hendak Mudik dengan Rasa Cinta Pada Lingkungan, Ikuti Tips Ini!