9 Manfaat Rebusan Daun Salam, Poin Terakhir Patut Dicoba!

oleh -113 kali dilihat
9 Manfaat Rebusan Daun Salam, Poin Terakhir Patut Dicoba!
Bibit daun salam - Foto/Eko Budiharto

Klikhijau.com – Manfaat rebusan daun salam telah diyakini sejak lama dalam mengatasi ragam penyakit. Selain dikenal sebagai bumbu dapur, daun salam ternyata mengandung senyawa penting yang membuatnya familiar sebagai herbal alami.

Daun salam (Eugenia polyantha) merupakan tanaman khas Asia Tenggara yang banyak dijumpai di atas tanah dataran rendah sampai ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut.

Tanaman yang tergolong famili Myrtaceae ini dapat tumbuh menjadi pohon besar dengan tinggi mencapai 20-25 meter. Di pelosok desa, Salam banyak ditanam sebagai pagar atau pohon peneduh halaman.

Ciri khas utama dari tanaman obat ini adalah daunnya sangat lebat. Bentuk daunnya mempunyai sisi bulat telur dengan kedua ujungnya meruncing dan bertangkai pendek. Cabang dan rantingnya cukup rapat dan getas.

Sementara bunganya berbentuk untaian berwarna putih dan buahnya mirip buah duwet (Eugenia cumini), tetapi buah salam lebih kecil.

KLIK INI:  Ingin Punya Gigi Putih dan Sehat, Gunakan Daun dan Kulit Ini!
Kandungan Salam

Pada daun salam yang lebat mengandung senyawa kimia bermanfaat di antaranya minyak atsiri, tanin dan alkoloid. Senyawa ini memiliki manfaat untuk pengobatan ragam penyakit.

Wajar saja bila daun salam banyak dijadikan resep untuk pengobatan. Cara sederhana meraciknya adalah dengan merebus daun salam. Lalu, diminum sebagai obat atau digosokkan ke tubuh.

Artikel ini memandu Anda mengetahui manfaat rebusan daun salam dan cara meraciknya.

Manfaat rebusan daun salam

Berikut ini akan dijelaskan 9 manfaat rebusan daun salam dan cara meraciknya:

KLIK INI:  Sesak Napas, Penyebab dan Cara Mengatasinya
  • Mengatasi ketombe

Daun salam banyak digunakan untuk mengatasi ketombe dan masalah kesehatan rambut. Caranya yakni dengan merebus daunnya. Setelah dingin, air rebusan digosokkan pada kulit kepala. Resep ini diyakini dapat mengusir ketombe yang menyebalkan.

  • Mengobati penyakit gula

Rebusan daun salam juga dapat mengatasi penyakit gula atau diabetes melitus. Cara meraciknya adalah dengan merebus daunnya dengan 4 gelas air sampai mendidih. Lalu, diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore.

  • Menurunkan berat badan

Rebusan daun salam dapat menurunkan berat badan. Jadi, resep herbal ini sangat cocok buat Anda yang kelebihan berat badan.

Resepnya sederhana yakni dengan merebus 6 lembar daun salam, 1 sendok makan kayu manis dan 1 sendok madu murni. Air rebusan ini diminum di pagi hari sebelum makan.

KLIK INI:  Dengan Obat Alami Ini, Penyakit Kulit Dapat Diatasi
  • Mengatasi maag

Rebusan daun salam juga dapat mengatasi penyakit maag. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 2-3 genggam daun salam dan 1 potong gula merah. Rebus bahan-bahan tersebut dengan 7 gelas air sampai mendidih. Lalu, diminum 1 kali sehari selama  minggu berturut-turut.

  • Mengatasi batuk

Selain maag, daun salam juga dapat mengatasi batuk. Caranya mudah yakni dengan merebus 3 lembar daun salam, kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit. Lalu, rendam kain dalam rebusan kemudian usapkan di bagian dada. Resep alami ini dapat membantu meredakan flu dan batuk.

  • Mengatasi asam urat

Rebusan daun salam juga dapat mengobati asam urat yang mengganggu aktivitas. Caranya dengan merebus daun salam dengan 10 gelas air. Lalu, minum air rebusan 2 kali sehari.

  • Mengobati batu ginjal

Penyakit batu ginjal umumnya terjadi akibat kekurangan asupan air putih, sehingga terjadi penumpukan zat kapur.

Konsumsi daun salam dapat mengobati keluhan ini. Resepnya sederhana yakni dengan merebus daun salam kemudian minum saat masih hangat 2 kali setiap hari.

KLIK INI:  Hal Sederhana Ini Bisa Jaga Mata dan Pertajam Penglihatan
  • Mabuk berlebihan akibat Miras

Mabuk secara berlebihan akibat Minuman keras (Miras) sangat membahayakan. Bila tidak segera diantisipasi, kondisi mabuk berlebihan dapat berisiko.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memanfaatkan racikan daun salam. Siapkan  genggam buah salam yang sudah masak. Lalu, tumbuk halus dan diperas untuk diambil airnya. Kemudian airnya diminum untuk mengatasi mabuk berlebihan.

  • Mencegah penyakit jantung

Manfaat rebusan daun salam yang terakhir adalah mencegah penyakit jantung. Hal itu, karena daun herbal ini mengandung polifenol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Resepnya juga sangat mudah yakni rebus 10 lembar daun salam dengan 3 gelas air untuk disaring. Lalu, minum selagi hangat. Konsumsi secara rutin dapat mencegah penyakit jantung.

Kandungan daun salam lainnya seperti asam caffeic, fitonutrien, dan senyawa salisilat juga dapat membantu mencegah stroke.

Itulah 9 manfaat rebusan daun salam dan cara meraciknya. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Sekadar Diketahui, Keadaan Ini Bisa Sebabkan Gusi Bengkak