9 Jenis Buah Penurun Panas Tinggi yang Manjur dan Mudah Dijumpai

oleh -26.867 kali dilihat
9 Jenis Buah Penurun Panas Tinggi yang Manjur dan Mudah Ditemui
Ilustrasi buah-buahan-Foto/Pixabay
Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Cara paling alami menurunkan panas atau demam tinggi adalah konsumsi makanan alami seperti buah-buahan. Ini tentu masuk akal mengingat, pada buah alami terdapat kandungan murni nutrisi dan vitamin terbaik untuk penurun panas secara alami.

Untuk diketahui, buah yang memiliki kadar natrium tinggi berkhasiat sebagai penurun panas tinggi. Kandungan mineral pada buah semacam itu juga baik untuk pembuluh darah dan jantung seperti kalsium, kalium serta magnesium yang secara alami bisa menurunkan hipertensi.

Namun demikian, selain konsumsi buah segar kita juga perlu konsultasi dengan dokter tentang pemicu panas tinggi pada tubuh. Termasuk menanyakan lebih detail tentang makanan atau buah yang tepat untuk dikonsumsi dengan demam yang diderita.

Berikut ini 9 jenis buah penurun panas tinggi yang paling mudah dijumpai!

KLIK INI:  Sari Bambu, Minuman Alami Petani di Salassae yang Berkhasiat Jaga Stamina
Buah penurun demam tinggi yang baik
#Pisang

Buah satu ini tentu taka sing bagi siapa pun. Keberadaannya paling mudah dijumpai karena memang melimpah. Buah pisang sangat kaya akan kalium. Buah ini juga mengandung vitamin B6, mangan, serat, magnesium, vitamin C dan antioksidan.

Pisang juga cocok dikonsumsi bagi Anda yang ingin menjaga asupan kadar gulah darah. Sebaiknya, pilihlah pisang yang tidak terlalu matang atau masih hijau karena memiliki kadar gula yang lebih rendah dan serat yang lebih tinggi.

#Jeruk

Jeruk sudah dikenal luas sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Stoknya juga melimpah sehingga dapat dijumpai di mana pun dan kapan pun. Tidak hanya kaya akan vitamin C, jeruk juga kaya vitamin A, kalium, tiamin, asam folat dan antioksidan. Mineral serta nutrisi ini memainkan peran yang sangat penting dalam kesehatan pembuluh darah.

#Semangka

Pada saat musim panen buah ini tiba, ia seolah membajiri dunia. Menariknya, masa panennya selalu dating di saat yang tepat yakni kemarau. Persis saat kita sedang dahaga dan perlu sentuhan buah yang dingin dan manis.

Semangka, tidak hanya lezat, tapi juga juga kaya manfaat. Buah menggemaskan ini ternyata bisa menurunkan hipertensi karena mengandung l-citrulline. Zat ini membantu melemaskan pembuluh darah karena itu buah semangka dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

KLIK INI:  Unik! Pisang Blue Java, Buah Berwarna Biru dan Rasanya seperti Es Krim
#Mentimun

Apakah Anda termasuk orang yang suka makan lalapan mentimun? Mentimun tidak hanya bisa dijadikan sebagai lalapan tetapi juga bisa menurunkan panas. Kandungan zat dan air yang cukup banyak pada mentimun mampu menurunkan suhu tubuh secara efektif.

#Pepaya

Buah pepaya adalah buah yang disarankan dikonsumsi setiap hari karena baik untuk pencernaan. Konsumsi pepaya secara teratur juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium atau pottasium dalam buah pepaya sangat tinggi bisa juga dikatakan lebih tinggi dari tomat dan melon.

#Jambu Biji

Buah jambu biji ini memiliki kandungan kalium tinggi dan sumber serat alami. Karena itu, buah jambu biji bisa menurunkan hipertensi dan meningkatkan pencernaan sehingga mereka juga membantu untuk menurunkan berat badan. Buah ini mudah dijumpai pula.

#Kelapa

Selain sebagai peluruh dahaga, air kelapa efektif untuk mengatur tekanan darah. Air kelapa mengandung banyak elektrolit yang mampu menjaga kesehatan otot dan saraf, mencegah dehidrasi dan menyeimbangkan tingkat pH atau asam-basa dalam tubuh.

#Tomat

Buah tomat juga termasuk salah satu buah untuk menurunkan hipertensi karena mereka kaya akan kalium. Tomat juga memiliki kaya senyawa likopen yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti mencegah kanker, menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

#Melon

Melon sangat kaya vitamin C, vitamin A, kalium dan tiamin yang sangat baik. Satu gelas melon mengandung 485 mg kalium, yang setara 15 persen rekomendasi kebutuhan harian. Melon juga mengandung sumber asam folat, vitamin B6 dan magnesium yang baik.

Itulah 10 buah yang dapat menurunkan demam tinggi, semoga dapat bermanfaat!

KLIK INI:  Suka Kuliner Berkuah? Ini 5 Kuliner Berkuah Khas Sulsel yang Harus Kamu Nikmati