8 Tips Ampuh Melerai Rasa Kantuk Usai Makan Siang

oleh -20 kali dilihat
9 Cara Terbaik Menyimpan Makanan Sisa agar Tetap Layak Konsumsi
Ilustrasi makanan - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Siang hari, setelah makan siang. Biasanya kantuk akan segera menyerang. Rasanya sungguh tidak enak. Jika dituruti, kerjaan bisa terabaikan. Tidak dituruti, semangat untuk bekerja tiada.

Karena itu, dibutuhkan sesuatu untuk mengusir rasa kantung di siang hari—saat jam kerja lagi sibuk-sibuknya.

Dilansir dari Medical News Today, penyebab rasa kantuk bisa saja dipengaruhi oleh  porsi karbohidrat dan protein yang besar.

Selain itu, dua hal tersebut porsi makan yang besar juga memang bisa membuat rasa kantuk tiba. Namun begitu, ada beberapa cara agak kantuk tak mendekat di siang hari, yakni:

KLIK INI:  Ingin Makan Siang Anda Lebih Sehat? Cobalah Tips Ini!
  • Banyak minum air putih

Selain mencegah makan berlebihan, minum lebih banyak air dapat mengurangi perasaan lemah, menjaga mood, dan fokus lebih baik.

Keluarkan hingga 1,5 liter air antara bangun tidur, makan sarapan, antara sarapan dan makan siang, makan siang hingga makan malam, dan waktu tidur.

  • Jalan-jalan setelah makan siang

Sebaiknya jangan langsung duduk setelah makan siang. Beri waktu tubuh Anda untuk bergerak, setidaknya dengan berjalan kaki atau naik tangga. Seperti yang dilaporkan NDTV, aktivitas fisik sederhana ini akan membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan meningkatkan energi.

  • Tidur yang cukup

Ketika kamu tidak cukup tidur di malam hari, Anda otomatis merasa mengantuk setelah makan siang. Kami menyarankan Anda untuk memastikan Anda tidur setidaknya tujuh jam di malam hari.

KLIK INI:  Inilah 4 Manfaat Tidur Siang Saat Berpuasa
  • Memilih camilan yang tepat

Disengaja atau tidak, pilihan snack antara sarapan dan makan siang mempengaruhi rasa kantuk. Memilih camilan tinggi gula bisa memicu kantuk.

Makan makanan tinggi gula dan lemak olahan saat makan siang dapat memperburuk ini. Gula memang meningkatkan energi, tetapi hanya sementara.

Segera setelah itu, Anda merasa lemah karena energi Anda menurun dan kemudian Anda mulai ingin makan lebih banyak.

  • Sertakan makanan kaya zat besi

Tambahkan makanan tinggi zat besi pada menu makan siang Anda, seperti ikan atau seafood lainnya, tahu, sayuran hijau, kacang-kacangan, daging merah.

Menurut Times of India, zat besi meningkatkan produksi hemoglobin, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk energi.

KLIK INI:  Calathea Memang Sedikit Rewel, Tetapi Ibu Muda Ini Punya Trik Mengatasinya!
  • Jaga porsi makan

Harus diakui porsi makan siang cenderung lebih besar dari porsi sarapan dan makan malam. Tetapi jika ukuran porsi terlalu besar, Anda akan mengantuk dan lemas.

  • Mencicipi permen karet

Tanpa makanan penutup? Mengunyah permen karet saja sudah cukup. Karena menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiology and Behavior, mengunyah permen karet bisa mengurangi rasa lelah dan meningkatkan kewaspadaan.

Namun, yang terbaik adalah mengunyah permen karet rasa mint setidaknya selama lima menit. Tujuannya agar tubuh tetap segar.

  • Minum kopi

Kandungan kafein dalam kopi bisa berfungsi untuk mengatasi kantuk usia makan siang. Kopi juga dikenal sebagai minuman yang bisa membangkitkan dan menambah energi. Jadi, minum kopi cocok untuk melawan rasa kantung di siang hari usai makan siang.

KLIK INI:  6 Hal yang Bisa Dilakukan Merayakan Hari Bumi di Tengah Pandemi