8 Daun yang Paling Akrab Dijadikan Lalapan Mentah di Meja Makan

oleh -276 kali dilihat
8 Daun yang Paling Akrab Dijadikan Lalapan Mentah di Meja Makan
Daun Kemangi - Foto/Ist

Klikhijau.com – Orang Indonesia khususnya di Pulau Jawa terbilang sangat familiar dengan daun lalapan. Lalapan berasal dari daun tumbuhan segar yang hanya dicuci bersih lalu ditambahkan pada sambel pedas.

Lalapan akan menambah selera makan, terlebih bila disantap dengan nasi panas dan ikan bakar. Apa saja daun yang bisa dimakan mentah sebagai lalapan?

Tidak semua dedaun bisa dibuat lalapan. Namun, setiap daerah punya daun lalapan andalan. Daun yang dilalap biasanya hanya dicuci saja lalu dimakan dengan cara menyelupkan ke dalam sambel.

Berikut ini, kami informasikan setidaknya 7 daun yang paling akrab sebagai lalapan. Satu diantaranya mungkin lalapan idaman kamu. Yuk kita simak:

KLIK INI:  Fakta Tak Terduga dari Pahlawan Penyerbuk yang Bernama Serangga
  1. Daun kemangi

Siapa yang tak kenal daun kemangi? Daun ini rasanya paling familiar di semua kalangan. Rasa dan aromanya yang khas membuatnya sangat digemari. Daun kemangi sangat nikmat bila dicampurkan dengan sambel pedas, kacang panjang, kol dan timun.

Menariknya, tanaman kemangi sangat gampang tumbuh. Tidak perlu perawatan serius dan bisa dipanen dalam waktu cepat. Jadi, kamu yang gemar lalapan dedaun satu ini taka da salahnya menanamnya meski di pot kecil.

  1. Daun asam jawa

Daun asam jawa yang masih muda dan bisa terdapat dibagian ujung dahan pohon juga tak kalah nikmatnya. Rasanya yang asam memberi kesedapan tersendiri bila dijadikan daun lalapan.

Nenek moyang kita di beberapa daerah di Sulawesi Selatan bahkan menjadikan daun asam jawa sebagai pangan lokal dan dimanfaatkan bila sedang perjalanan jauh.

  1. Pegagan

Di Jawa Barat, Pegagan bahkan diolah menjadi asinan. Pegagan sangat familiar sebagai tanaman yang bisa dijadikan lalapan. Cukup dengan mencuci bersih daunnya sudah bisa dikonsumsi dengan sambal pedas.

KLIK INI:  Mengesankan, Ini Fakta Menarik Kacang Tanah yang Baru Terungkap

Selain enak, pegagan berkhasiat sebagai pencegah pertumbuhan sel kanker. Hal itu karena pegagan mengandung antioksidan yang tinggi. Terdapat pula kandungan senyawa saponin di dalam daun ini yang bermnfaat untuk imunitas.

  1. Daun Jambu Mete

Daun jambu mete yang muda dengan warna hijau muda terlihat menggiurkan untuk disantap. Di desa-desa, dedaun muda mete biasanya langsung disantap di pohonnya dengan sekadar menambahkan garam kasar. Rasanya sangat khas dengan aroma biji mete.

Daun muda mete juga akrab sebagai lalapan. Sejumlah warung dan restoran menyiapkan daun mete sebagai lalapan andalan. Selain renyah dan tidak pahit, daun mete berkhasiat mengobati sariawan. Daun mete juga dapat mengatasai susah buang air besar karena memperbaiki sistem pencernaan.

  1. Daun Kedondong

Sebagaimana buah kedondong yang enak, daunnya yang muda juga asyik dijadikan lalapan. Daun kedonding mengandung senyawa saponin yang bermanfaat sebagai anti radang, anti nyeri, dan anti demam alami.

Pilihlah daun kedondong paling muda dan lembut sebagai lalapan.

  1. Ubi Dewa

Tanaman ubi dewa ini lebih akrab sebagai tanaman hias. Namun, siapa sangka bahwa tanaman ini juga bisa dimakan mentah lho.

Caranya praktis yakni pilih daun ubi dewa yang masih muda lalu cuci bersih sebelum dijadikan lalapan.

Daun satu ini mengandung senyawa flavonoid yang memiliki aktivitas antioksidan. Manfaatnya cukup istimewa yakni dapat menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko kanker. Bahkan, konsumsi daun ubi dewa mentah dapat membuat awet muda karena antioksidan di dalamnya berperan sebagai anti-aging alami.

KLIK INI:  Mikroplastik Mulai Pengaruhi Perilaku Kehidupan Kelomang
  1. Daun Pepaya

Tidak banyak yang menyukai rasa daun papaya yang agak pahit dan aroma yang kurang nyaman bagi orang yang tidak biasa mencobanya.

Jangan salah, rasa pahit pada daun papaya disebabkan oleh kandungan senyawa alkaloid. Senyawa ini berperan sebagai anti-bakteri dan antioksidan di dalam tubuh.

Daun papaya juga dapat mengatasi sembelit. Hal itu karena adanya kandungan senyawa karpain yang bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan.

  1. Beluntas

Sama seperti pegagan, beluntas juga merupakan tumbuhan semak liar yang kadang tumbuh liar. Daun dari tanaman berbulu ini bisa langsung dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dikukus. Pilih daun yang masih muda agar lebih enak dan nyaman dikunya.

Beluntas dipercaya dapat mengurangi risiko kanker karena terdapat kandungan flavonoid di dalamnya.

Itulah 8 daun yang sangat populer dijadikan lalapan di meja makan. Satu atau beberapa diantaranya mungkin lalapan idaman Anda. Semoga bermanfaat!

*Sumber

KLIK INI:  Kemangi, Manfaat dan 5 Fakta Menarik di Balik Aroma Khasnya