7 Tumbuhan Ini Ampuh Mengatasi Asam Urat

oleh -805 kali dilihat
Brotowali, Tanaman yang Seluruh Bagiannya Pahit, Namun Khasiatnya Manjur
Daun Brotowali yang juga ampuh atasi asam urat -foto/aksiografi

Klikhijau.com – Benarkah penyakit asam urat yang paling banyak menyerang manusia dapat diatasi dengan tumbuhan obat yang ada di sekitar kita?

Penyakit ini cukup menyebalkan karena bila kumat akan menimbulkan rasa nyeri hebat pada persendian baik di kaki, lutut maupun tangan. Asam urat biasanya menyerang pada usia 40 tahun ke atas. Penyakit ini terjadi akibat penurunan fungsi penyerapan nutrisi pada ginjal dan saluran pencernaan.

Akibatnya, zat-zat yang sejatinya harus terbuang justru mengalami penumpukan dalam tubuh. Asam urat secara khusus adalah suatu kondisi dimana zat asam dalam tubuh meningkat.

Asam yang menumpuk ini terjadi karena zat purin yang menghasilkan asam urat. Atau pengeluaran zat purin dalam tubuh lebih rendah dari pada penyerapan.

Kelebihan zat asam urat berpotensi terakumulasi pada persendian yang memicu rasa nyeri atau sakit hingga mengakibatkan pembengkakan pada tangan atau kaki.

KLIK INI:  Kaya Khasiat, Begini Cara Budidaya Tanaman Yakon

Selain menghindari beberapa makanan yang bisa memperburuk gejala asam urat semisal kacang-kacangan atau daging merah, penyakit ini juga dapat diatasi dengan beberapa tanaman herbal. Apa saja? Berikut 7 diantaranya, tumbuhan obat yang dapat dimanfaatkan mengatasi asam urat.

  • Tanaman Kumis Kucing

Kumis kucing  (Orthosiphon aristatus) merupakan tanaman herbal yang sudah dikenal sebagai obat tradisional peluruh kencing dan penyakit batu ginjal.

Selain itu, tanaman yang mudah tumbuh ini juga ampuh mengatasi asam urat. Hal itu karena adanya kandungan orthosiphonin glikosida dan diuretik pada kumis kucing yang dapat menstimulasi pengeluaran zat asam urat dalam tubuh melalui air kecing. Anda dapat konsumsi kumis kucing dengan alami cukup dengan meminum air rebusan daunnya secara rutin.

  • Brotowali

Brotowali  (Tinospora crispa) merupakan tumbuhan dengan sejumlah kandungan kimia bermanfaat antara lain zat pahit pikroretin, berberin, alkaloid, damar lunak, kokulin pati dan lainnya.

KLIK INI:  Perlu Dicermati, Ini Efek Samping bila Konsumsi Kunyit Berlebihan

Zat tersebut secara umum memilik ragam manfaat pengobatan seperti rematik, demam kuning dan lainnya. Selain itu, Tinospora juga berkhasiat untuk mengatasi asam urat.

Bagaimana cara mengolahnya? Cukup simpel, cukup dengan merebus dan meminum airnya. Rasanya memang super pahit tak tertahankan, namun dapat menurunkan asam urat.

  • Jahe Merah

Jahe merah dikenal sebagai bahan jamu yang berkhasiat untuk daya tahan tubuh dan kesegeran. Jahe Merah juga dikenal dapat mengatasi masalah tenggorokan. Faktanya, selama pandemi Covid-19, harga jahe merah melambung tinggi karena permintaan yang banyak.

Faktanya, jahe merah juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat. Anda dapat meminumnya dengan olahan sarabba Makassar atau wedang jahe. Ramuan ini dapat membuang asam urat dalam tubuh yang menumpuk. Selain itu juga dapat mengobati peradangan sendi serta melancarkan peredaran darah.

KLIK INI:  Makan Anggur Jangan Buang Bijinya, Ini Alasan Mengejutkan di Baliknya
  • Sambiloto

Sambiloto (Andrographis paniculata) merupakan tanaman herbal yang juga dapat mengatasi asam urat. Bagian dari sambiloto yang biasa dimanfaatkan untuk asam urat adalah daunnya.

Bagaimana caranya? Sangat mudah yakni rebus daun segarnya, lalu diminum setelah hangat. Kandungan pada tanaman ini antara lain Keton, aldehid, alkane, flavanoid dan beberapa mineral penting seperti kalsium, nutrium dan kalium.

  • Daun Salam

Selain sebagai bumbu masakan, daun salam ternyata kaya manfaat untuk pengobatan ragam penyakit. Daun salam yang wnagi ini juga dipercaya dapat mengatasi penyakit asam urat.

Caranya juga sangat mudah yakni cukup dengan merebusnya dan minum airnya secara teratur. Daun salam mengandung zat kimia bermanfaat antara lain tanin, flavanoid, dan minyak atsiri yang efektif mengatasi penyakit asam urat.

KLIK INI:  Manfaat Peterseli untuk Kesehatan, Tanaman Sayur yang Mirip Seledri

Sidaguri (Sida rombofolia) merupakan tanaman yang tumbuh liar di kebun atau di halaman rumah. Tak disangka, sidaguri dapat bermanfaat untuk mengobati asam urat.

Sidaguri mengandung zat alkaloid ephedrine dan bersifat diuretik. Bagaimana cara mengolahnya? Sangat mudah yakni cukup dengan merebus tanaman ini bersama bijinya, ambil airnya lalu minum, teratur. Sidaguri juga bermanfaat mengatasi radang pada saluran kencing dan sebagai herbal alami penambah stamina.

Gnetum gnemon atau melinjo adalah tanaman yang terbilang cukup produktif. Kulitnya bisa dijadikan abon kulit melinjo. Setiap panen, melinjo bisa menghasilkan biji sebanyak 80-100 kilo gram.

Meski banyak yang menganggap hoaks, kulit melinjo memang mengandung zat antioksidan yang dapat menstabilkan kadar asam urat tubuh. Senyawa ini bertindak seperti obat asam urat jenis urikostatik, yakni allopurinol.

Obat ini menghambat kerja enzim xantin oksidase penyebab penumpukan asam urat yang mengakibatkan radang sendi kronis.

Berdasarkan riset dari Institut Pertanian Bogor, pemberian ekstrak kulit melinjo dosis 450 mg/kg bb dan 900 mg/kg bb lebih efektif dibandingkan dengan allopurinol dosis 90 mg/kg bb.

Persentase penurunan kadar asam urat yang dihasilkan ekstrak kulit melinjo masing-masing sebesar 50 persen dan 54,62 persen.

Itulah 7 tumbuhan herbal yang dapat dijadikan obat mengatasi asam urat. Selain konsumsi obat tradisional ini, Anda juga perlu memulai pola hidup sehat, olahraga teratur, banyak minum air putih dan menghindari minuman alkohol.

Selain itu, Jangan Asal Gasak, 5 Buah Ini Berisiko bagi Penderita Asam Urat!

Salam sehat!

KLIK INI:  Lerai Rasa Penasaran Tentang Manfaat Buah Naga, Ini 9 di Antaranya!