7 Tips Memilih Produk Fashion Ramah Lingkungan

Publish by -14 kali dilihat
Penulis: Redaksi
7 Tips Memilih Produk Fashion Ramah Lingkungan
Ilustrasi - Foto/CNN Indonesia

Klikhijau.com – Kesadaran dan pengetahuan tentang produk fashion ramah lingkungan pada akhirnya menginspirasi kita mulai selektif dalam memilih.

Konsep sustainable fashion agaknya penting diaplikasikan dalam menentukan produk ramah lingkungan. Nah, orang Indonesia termasuk yang gampang tergoda dengan rayuan diskon yang kemudian memicu koleksi baju menumpuk di rumah.

Pilihannya pada produk fashion dengan alur produksi yang cepat (fast fashion) atau produk yang sustainable fashion. Kita tentu menginginkan baju atau aksesoris lainnya yang kita gunakan diproduksi dengan pendekatan yang hemat energi dan tanpa risiko lingkungan.

Lalu, bagaimana cara memilih produk fashion ramah lingkungan? Berikut 7 tips sederhana yang dapat Anda terapkan:

KLIK INI:  Cara Sederhana Mengajarkan Anak Cinta Lingkungan
Kumpulkan informasi lengkap

Ada baiknya mulai mengumpulkan infomasi secara lengkap mengenai brand pakaian yang selama ini kita pakai atau brand yang akan kita beli. Apakah produsen tersebut telah menjalankan paradigma keberlanjutan?

Pastikan bahwa prosess produksinya tidak memiliki dampak negatif pada lingkungan. Produk terbaik harus memakai bahan yang dapat didaur ulang.

Ada baiknya memilih bahan yang diproduksi dengan cara yang lebih ramah lingkungan misalnya pakai katun organik, pewarnaan dengan pewarna alami dan dikemas dengan material yang gampang didaur ulang.

Pilih produk lokal terpercaya

Produk lokal tentu lebih baik karena ada efisiensi pengiriman sehingga meminimalkan emisi yang dihasilkan dari pengirimannya. Selain itu produk lokal umumnya lebih murah ketimbang fashion impor.

KLIK INI:  Apakah di Masjid Tempat Anda Shalat Jumat Sudah Ramah Lingkungan?

Saat ini, bahan fashion ramah lingkungan yang sedang berkembang  adalah yang terbuat dari bahan rayon serta kayu yang disebut viscose. Produsen viscose di Indonesia adalah Asia Pasific Rayon yang ada di Provinsi Riau.

Bahan baku yang dipakai adalah serat benang yang berasal dari pohon yang dapat terurai secara alami.

Beli baju Vintage

Fashion ala vintage memang satu alternatif yang ramah lingkungan. Seperti diketahui Fast fashion sudah jelas beracun bagi lingkungan, studi terbaru menyebut bahwa emisi gas yang dihasilkan akibat produksi tekstil setara dengan 1,2 miliar ton tiap tahun (lebih dari yang dihasilkan oleh pesawat dan kapal laut bahkan jika keduanya digabung).

Pilih produk yang tanpa zat kimia dan pewarna

Pilihlah produk yang benar-benar terbebas dari zat kimia dan pewarna berbahaya. Saat ini telah berkembang sejumlah inovasi baju dengan pewarna alami dan tanpa bahan kimia. Fashion ramah lingkungan jika bahan pewarnanya diekstrak dari bahan vegetatif seperti buah, bunga, batang, akar, dan dedaunan.

KLIK INI:  Kurangi Pencemaran Udara, KLHK Perkenalkan Konsep dan Manfaat Eco Driving
Sustainable Fashion

Konsep sustainable fashion harus diterapkan dalam memilih fashion. Pilihlah produk fashion yang terbuat dari katun organik. Katun organik tidak mengandung pestisida dan pupuk kimia. Kita perlu mendukung desainer dan produsen lokal yang meluncurkan produk-produk fashion ramah lingkungan dengan bahan katun organik dari bambu, rami, kedelai, kayu, serat pisang, dan serat nanas.

Jangan tergoda rayuan diskon

Rayuan diskon memang selalu ada saat kita berselancar di Marketplace atau mampir di Mall. Seringkali ada baju-baju yang dibeli namun tidak sepenuhnya dibutuhkan hanya karena rayuan diskon. Ada baiknya menahan diri dan memastikan belanja baju untuk kebutuhan.

Oya, konsep sutainable fashion yang dikembangkan saat ini juga menawarkan fashion yang awet sehingga membuat kita lebih efisien memakainya, meski harganya memang sedikit lebih mahal.

Rawat baju lama

Tanpa disadari ada banyak baju-baju lama yang masih layak pakai. Rawat baju dengan baik agar tetap awet. Simpan dengan benar, jangan terpapar matahari dan lindungi dari jamur. Sewaktu-waktu, baju tersebut dapat dipakai kembali.

Jika ada baju yang rusak, tahan diri untuk beli lagi. Perbaiki saja atau jika memang sudah tak mau memakainya lagi sebaiknya dihibahkan kepada kerabat atau keluarga.

Itulah 7 tips memilih produk fashion ramah lingkungan, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Tips Sukses Terapkan Green Ramadhan di Bulan Penuh Berkah
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!