7 Tanaman Hias dengan Fungsi Herbal dan Cara Meramunya!

oleh -1.712 kali dilihat
7 Tanaman Hias dengan Fungsi Herbal dan Cara Meramunya!
Bunga Bakung - Foto/Jenis

Klikhijau.com – Tidak sedikit tanaman hias memiliki fungsi ganda yakni juga sebagai herbal yang ampuh mengatasi ragam penyakit dan masalah kesehatan. Apa saja tanaman itu dan apa manfaatnya pada kesehatan dan bagaimana cara meramunya?

Berikut 7 diantaranya yang mungkin sudah Anda tanam. Bila belum, tak ada salahnya Anda tanam segera agar dapat menikmati manfaatnya istimewa.

Kalanchoe
Kalanchoe – Foto/Pixabay

Cocor bebek sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman herbal yang juga sebagai obat. Tanaman ini mengandung zat penting antara lain magnesium malat, asam formiat, tannin, appelzuur, damar dan zat lendir. Ini berkhasiat  untuk mengobati batuk, sakit dada, borok, demam, penyakit kulit seperti bisul dan obat luka serta memperlancar haid yang tidak teratur.

Cara meramunya bagaimana? Untuk sakit kepala, batuk, borok dan sakit dada, daun cocor bebek digiling secukupnya hingga halus dan tempelkan di bagian yang sakit.

KLIK INI:  Tips Menjaga Tanaman Hias dan Bahayanya bagi Anak

Sedangkan untuk mengatasi demam, rebus lima lembar daun cocor bebek dengan 2-3 gelas. Rebus selama 30 menit dengan api kecil, lalu minum air rebusannya dua kali sehari.

Untuk mengobati luka, cukup dengan menghaluskan daun cocor bebek, lalu tambahkan 1 sendok makan air kapur sirih. Lalu, usapkan pada luka dan bebat dengan kain sirih. Lakukan dua kali sehari! Sedangkan untuk penyakit bisul, cukup dengan menghaluskan daun dan menambahkan dengan air garam, kemudian diusapkan pada bisul.

tanaman herbal bunga matahari
Bunga matahari (Helianthus annuus L)-Foto/Pixabay

Biji bunga matahari mengandung senyawa kelompok flavonoida, betasitosterol, polifenol dan protaglandin. Salah satu khasiatnya adalah mengatasi sakit demam.

Cara meramunya adalah sebagai berikut: sangrai 100 gram biji bunga matahari selama 15 menit kemudian ditumbuk hingga lumat. Tambahkan ½ gelas air, lalu aduk hingga menjadi adonan seperti bubur

KLIK INI:  Beragam Jenis Penyakit Tanaman Hias yang Perlu Diketahui
  • Jawer kotok (Coleus Atropurrieus)

jawer kotok

Daun jawer kotok mengandung zat alkaloida, zat pati, minyak terbang dan mineral. Kandungan ini dapat mengobati ragam penyakit antara lain radang telinga, keputihan hingga wasir.

Cara menyamunya bagaimana? Ramuan untuk radang anak telinga, cuci setengah genggam daun jawer kotok, giling sampai halus lalu tambahkan tiga sendok makan air masak, peras dan saring. Lalu, teteskan pada anak telinga yang sakit 3 – 6 kali sehari.

Sedangkan untuk keputihan, cuci 2/3 genggam daun jawer kotok, rebus dengan tiga gelas air bersih gingga tersisa ¾ gelas. Saring setelah dingin, lalu minum bersama madu tiga kali sehari.

Untuk mengatasi wasir, rebus 12 lembar daun jawer kotok dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Lalu, minum sekali sehari.

KLIK INI:  Philodendron Pastazanum, Tanaman Daun Berbentuk Hati yang Indah
  • Kenanga (Canangium Odoratun Baill)
tanaman herbal kenanga
Bunga Kenanga – Foto/Greeners

Tanaman ini mengandung minyak terbang yang ampuh mengatasi penyakit kudis.

Cara meramunya sebagai berikut: siapkan 3 buah kulit batang kenanga sebesar jari tangan, 1 sendok makan minyak kelapa dan 2 sendok teh minyak kayu putih. Kulit batang dicuci, lalu ditumbuk sampai halus. Campurkan dengan minyak kelapa dan minyak kayu putih, lalu gosokkan dua kali sehari pada kudis.

  • Bakung putih (Crinum Asiaticum Linn)
bunga bakung
Bunga Bakung – Foto/Jenis

Bakung putih mengandung zat alkaloida (likorin) yang dapat menyembuhkan penyakit frambusia.

Bagaimana cara meramunya? Tumbuk halus 20 buah bakung putih dan 2 cangkir beras merah. Tambahkan air secukupnya, lalu masak sampai mendidih. Usapkan ramuan pada bagian tubuh yang terkena frambusia, setidaknya 2-3 kali sehari.

KLIK INI:  Bunga Cleome, Tanaman Hias yang Bisa Menumbuhkan Dirinya Sendiri
  • Kembang sepatu (Hibiscus Rosa-Sinensis Linn)
Kembang Sepatu
Kembang sepatu

Bunga tanaman ini mengandung hibiscetin, sedangkan batang dan daunnya mengandung kalsium oksalat, peroksidase, protein dan lemak.

Ini berkhasiat mengobati bronchitis, haid tidak teratur, kencing nanah, obat sakit panas, demam pada anak-anak, sariawan, batuk, gondok dan sakit kepala.

Cara meramunya untuk penyakit bronchitis  sebagai berikut: Pertama, cuci dua kuntum bunga kembang sepatu, lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu, beri ¾ gelas air masak dan sedikit garam. Aduk hingga rata, lalu peras dan saring.  Minum dua kali sehari.

Untuk kencing nanah, cuci enam kuntum bunga kembang sepatu, rebus dengan tiga gelas air hingga airnya tersisa ¾ gelas. Setelah itu, saring dan didiamkan (diembunkan) selama satu malam. Lalu, minum dengan madu tiga kali sehari sebanyak ½ gelas.

KLIK INI:  Cara Menanam dan Merawat Bunga Dahlia agar Tumbuh Cetar Mempesona

Sedangkan untuk demam pada anak-anak, lumatkan daun kembang sepatu secukupnya dengan sedikit air, lalu lumurkan di seluruh badan 2 – 3 kali sehari.

Bila sakit sariawan dan batuk, kembang sepatu juga dapat dijadikan ramuan alami. Caranya adalah rebus daun kembang sepatu secukupnya dalam tiga gelas air mendidih selama 15 menit, lalu saring. Air rebusan kemudian diminum 2 -3 kali sehari.

Sedangkan untuk mengatasi gontok, caranya adalah siapkan akar kembang sepatu, lalu diserbukkan dan direbus dalam air mendidih selama setengah jam. Kompreskan pada bagian yang sakit 2 – 3 kali sehari. Bila sakit kepala, serbuk daun kembang sepatu direbus selama setengah jam kemudian dikempreskan pada dahi.

  • Jengger ayam (Celosia cristata)
jengger ayam
Bunga Jengger ayam – Foto/Bungaku

Jengger ayam mengandung  flavonoid, saponin, dan polifenol yang berkhasiat mengatasi penyakit kencing nanah.

Cara meramunya bagaimana? Rebus dua gugus bungga jengger ayam dengan tiga gelas air bersih hingga mendidih dan tersisa ¾ gelas, lalu dinginkan dan diminum dengan gula 3 kali sehari.

Itulah 7 tanaman hias herbal yang menarik diketahui, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Patah Tulang, Tanaman Hias yang Ampuh Patahkan Penyakit