7 Spot Wisata Alam Menarik yang Ada di Sekitar Taman Buru Ko’mara

oleh -25 kali dilihat
7 Spot Wisata Alam Menarik yang Ada di Sekitar Taman Buru Ko’mara
Aktivitas nelayan di Pantai Galumbaya Takalar - Foto/Muhalisbebang

Klikhijau.com – Selain kawasan Taman Buru Ko’mara sebagai taman buru dengan sejarahnya yang kental tentang perburuan rusa, ada pula kawasan wisata alam di sekitarnya yang juga menarik.

Berdasarkan laporan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulawesi Selatan, setidaknya terdapat 7 lokasi wisata alam di sekitarnya. Keberadaan wisata alam tersebut, selain mendukung konservasi kawasan dan taman Suakamargasatwa Ko’mara, spot tersebut juga bisa jadi destinasi tambahan.

Berikut 7 lokasi wisata alam yang ada di sekitar Taman Buru Ko’mara:

  • Gunung Buakang

Gunung Buakang terletak di Kecamatan Polombangkeng Selatan, ketinggiannya mencapai 964 mdpl. Di pegunungan ini dapat dilakukan beberapa kegiatan wisata dan liburan antara lain: jelajah alam, tracking dan perkemahan. Daya tarik utama dari spot ini adalah panorama alam pegunungan dimana kita dapat melihat wajah Kota Takalar dari ketinggian.

KLIK INI:  Pemuda dan Nelayan di Galesong Unjuk Rasa Tolak Tambang Pasir
  • Wisata Pantai Paria Laut

Lokasi ini terletak di Kecamatan Mappakasunggu yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Polombangkeng Selatan. Selain memanfaatkan sarana wisata pada lokasi permandian alam seperti gasebo (bale-bale), baruga (rumah panggung), pelelangan ikan dan berbagai fasilitas lainnya, pengunjung juga dapat melakukan ragam aktivitas pantai seperti berenang, berjemur, berolahraga pantai, membakar ikan segar, berlayar dengan perahu tradisional dan aktivitas pantai lainnya.

  • Wisata Pantai Lamangkia

Lokasi objek wisata ini terletak di Kecamatan Mangarabombang. Lokasi ini dapat dicapai melalui perjalanan darat dari Taman Buru Ko’mara sekira 1 jam. Bila berkunjung ke lokasi ini Anda dapat melakukan ragam aktivitas pantai seperti berenang, berjemur, olahraga pantai, berlayar dengan perahu tradisional dan aktivitas wisata pantai lainnya.

  • Wisata alam Budaya Maudu Lompoa
wisata maudu lompoa takalar
Maudu Lompoa Takalar – Foto/Indonesia Kaya

Maudu Lompoa (Maulid Nabi Muhammad SAW) adalah pesta keagamaan masyarakat Takalar yang sarat dengan nilai-nilai budaya yang terus dilestarikan secara turun-temurun. Pesta Maudu Lompoa digelar massal dan menarik minat wisatawan datang sebagai satu wisata religi yang menarik. Terlebih kegiatan ini juga didukung oleh Pemerintah Kabupaten Takalar bahkan ditetapkan sebagai satu event wisata nasional.

KLIK INI:  Taman Buru Ko'mara, Historiografi dan Keanekaragaman Hayatinya
  • Wisata Pantai Galumbaya

Pantai Galumbaya merupakan alternatif lain obyek wisata pesisir di Kabupaten Takalar, selain pantai Paria Laut dan Pamangkia. Spot ini juga terletak di Kecamatan Mappakasunggu. Anda dapat berkunjung ke sana dan menikmati panorama wisata pantai.

  • Wisata Sejarah Monumen Lapris

Monumen Lapris merupakan suatu monumen yang terletak di Kabupaten Takalar. Monumen ini dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan dari Takalar. Spot ini berada di bukit Desa Bulukunyi. Ada daya tarik tersendiri di monumen ini yakni pesona alam dan hamparan lereng pegunungan di kawasan ini tertata rapi, seakan membawa kita berada di suasana pedesaan. Monumen ini berjarak sekira 12 km dari Kota Takalar.

  • Wisata industri

Di Takalar terdapat beberapa industri diantaranya Pabrik Gula, pabrik pengelolaan rumput laut, ikan bandeng dan shrimp hatchery. Pabrik gula Takalar merupakan industri hilir yang mengelola gula mulai dari bentuk mentah, seperti penanaman tebu hingga siap dikonsumsi dalam bentuk gula. Pabrik pengelolaan rumput laut juga banyak dikunjungi wisatawan untuk melihat langsung proses pengelolaan rumput laut sebelum diekspor ke luar negeri.

Selain 7 wisata di atas, terdapat pula beberapa kebudayaan masyarakat lokal di sekitar Taman Buru Ko’mara yang juga menarik, antara lain: Budaya Attunu Lammang (proses pembuatan panganan ketan dalam bambu).

Ada pula pesta panen di sejumlah desa di Takalar yang sangat semarak sebagai tanda syukur atas hasil pertanian yang melimpah. Masyarakat di sekitar kawasan juga sangat kental dengan budaya gotong royong sebagai sebuah local wisdom yang menarik sebagai pembelajaran nilai.

Itulah 7 spot menarik di sekitar kawasan Taman Buru Ko’mara yang juga penting Anda kunjungi. Semoga bermanfaat!

*Sumber: Dokumen Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan KLHK (2018)

KLIK INI:  Lagi, BBKSDA Sulsel dan PT Pertamina Serahkan Indukan Rusa ke Penangkar di Takalar