7 Manfaat Sorgum, Baik untuk Jantung hingga Perkuat Daya Tahan Tubuh

oleh -1.589 kali dilihat
7 Manfaat Sorgum, Baik untuk Jantung hingga Perkuat Daya Tahan Tubuh
Sorgum milik petani muda di Brebes, Abadi Sukandar - Foto/Ist
Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Manfaat Sorgum sangat istimewa sebagai tanaman pangan yang dapat dibudidaya demi mengatasi ancaman krisis pangan. Kandungan sorgum hampir setara dengan pangan utama lainnya seperti beras dan jagung.

Hal ini menunjukkan bahwa tanaman satu ini dapat dikembangkan untuk pangan alternatif. Nira batang sorgum merupakan sumber bioetanol, sedangkan ampas batang dan daun dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak.

Budidaya sorgum saat ini memang sangat terbatas, karena umumnya petani sudah terbiasa menanam padi atau jagung. Di Brebes Jawa Tengah, seorang petani bernama Abadi Sukandar mulai menanam sorgum sebagai pangan leluhur.

Tidak saja enak dan multiguna (terutama saat telah diolah dalam bentuk cereal), sorgum ternyata mengandung manfaat penting bagi kesehatan. Kami merangkum 7 manfaat sorgum yang paing utama sebagai berikut!

KLIK INI:  Sagu, Pangan Pengganti Nasi yang Kaya Manfaat bagi Kesehatan
  • Baik untuk kesehatan jantung

Salah satu kelebihan sorgum atau gondem adalah kandungan seratnya yang tinggi. Serat dalam gondem dapat membantu menurunkan kolestrol jahat (LDL). Hal ini akan memperkuat fungsi jantung dan melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke.

  • Baik untuk penderita diabetes

Sorgum mengandung zat tannin yang mempunyai enzim penghambat terserapnya pati oleh tubuh sehingga dapat mengontrol kadar gula darah. Karenanya, gondem sangat baik untuk diet dan penderita diabetes.

  • Memperbaiki perkembambangan sel darah merah

Gondem dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Konsumsi sorgum akan melindungi tubuh dari anemia. Zat besih yang tercukupi akan meningkatkan sel darah merah.

KLIK INI:  Melirik 9 Pengganti Nasi Putih yang Lebih Sehat dan Potensial
  • Anti oksidan

Pada lapisan katul biji sorgum mengandung antioksidan tinggi. Manfaatnya adalah dapat menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Konsumsi sorgum dapat mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker kerongkongan.

  • Memperbaiki daya kognitif

Sorgum kaya akan fosfor. Zat ini berfungsi untuk membantu menjaga respon emosi, neuro dan hormone, sehingga mencegah kemungkinan terjadinya defisit kognitif saat usia lanjut.

  • Menyehatkan tulang

Kandungan magnesium pada sorgum dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Ini sangat bermanfaat untuk pertumbuhan jaringan tulang dan memperbaiki tulang yang rusak atau akibat penuaan. Sorgum juga bermanfaat untuk mencegah kondisi seperti osteoporosis dan arthritis.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan zat besi yang tinggi juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta melancarkan peredaran darah sehingga tubuh terasa bugar dan terhindar dari penyakit seperti anemia.

Itulah 7 manfaat utama sorgum yang membuatnya layak dibudidaya kembali. Menariknya, tanaman ini tahan pada lahan marjinal seperti lahan masam, asin dan basa, dapat tumbuh pada tanah miring, serta lebih tahan hama penyakit.

Sorgum yang telah diolah menjadi etanol juga dapat dimanfaatkan sebagai pengganti bahan bakar minyak tanah dengan kadar etanol 40-60%, untuk kebutuhan laboratorium dan farmasi 70-90%, dan sebagai bahan substitusi premium 90-100 persen.

Ayo terus mengembangkan pangan alternatif sebagai bagian dari kearifan lokal.

KLIK INI:  Melebur Rindu di Sepiring Kanre Campe’