7 Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan, Menakjubkan!

oleh -27 kali dilihat
7 Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan, Menakjubkan!
Buah bidara berwarna hijau - Foto/Ist

Klikhijau.com – Pohon bidara termasuk jenis pohon herbal yang memiliki buah kaya manfaat untuk kesehatan. Buah bidara termasuk satu bebuahan yang disebutkan dalam Al Quran yakni dalam surat Al Waqiah ayat 27-31:

Arab: وَاَصْحٰبُ الْيَمِينِ ەۙ مَآ اَصْحٰبُ الْيَمِيْنِۗ
فِيْ سِدْرٍ مَّخْضُوْدٍۙ
وَّطَلْحٍ مَّنْضُوْدٍۙ
وَّظِلٍّ مَّمْدُوْدٍۙ
وَّمَاۤءٍ مَّسْكُوْبٍۙ

Latin: wa aṣ-ḥābul-yamīni mā aṣ-ḥābul-yamīn
fī sidrim makhḍụd
wa ṭal-ḥim manḍụd
wa ẓillim mamdụd
wa mā`im maskụb

Artinya: Dan golongan kanan, siapakah golongan kanan itu.
(Mereka) berada di antara pohon bidara yang tidak berduri,
dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),
dan naungan yang terbentang luas,
dan air yang mengalir terus-menerus,

Tak banyak orang tahu bahwa pohon bidara yang berduri ternyata mengeluarkan buah yang sebenarnya bisa dikonsumsi. Dalam bahasa Inggris buahnya familiar dengan sebutan Jujube. Dan dalam bahasa latin, buah mungil bidara disebut Ziziphus jujube.

KLIK INI:  Begini Tips Redakan Biang Keringat pada Anak Saat Cuaca Panas

Buah khas yang berasal dari Asia Selatan ini akan berwarna merah bila sudah matang. Bila digigit akan terasa kenyal dan rasanya sangat manis. Banyak orang menyebut buah bidara sebagai kurma India karena rasanya memang mirip kurma.

Bila masih mentah dan berwarna hijau, buah bidara akan terasa seperti buah apel. Uniknya, buah bidara tak mengandung lemak dan juga sangat kaya akan serat sehingga memberi efek kenyang lebih lama. Jadi, buah ini sangat cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang diet.

Nah, bagaimana cara konsumsi buah bidara?

Buah ini memang tampak menggemaskan untuk langsung dimakan. Namun, sebelum konsumsi, sebaiknya dicuci bersih terlebih dulu dan jangan lupa membuang bijinya terlebih dulu. Hal itu karena bijinya terasa pahit dan tak enak dikonsumsi.

Bagaimana kandungan nutrisi buah bidara?

Dilansir Verywell Health dari DetikHealth, buah bidara sangat kaya akan nutrisi yang diperlukan tubuh. Dalam 100 gramnya, buah ini mengandung 17 gram karbohidrat, 65-75 miligram vitamin C, 27 miligram fosfor, 25,5 miligram kalsium, dan 0,8 – 1,8 miligram zat besi.

KLIK INI:  Mau Daya Tahan Tubuh Tetap Oke Saat Puasa? Begini Tips Alaminya!
Apa manfaat buah bidara?

Penasaran, apa manfaat buah bidara untuk kesehatan? Berikut, 7 manfaatnya yang sangat berharga:

  • Anti Diabetes

Sebuah riset pad tahun 2013 mengungkap bahwa buah bidara memiliki efek anti-diabetes. Kandungan dalam buah bidara dapat membantu sel melindungi serta mencegah peningkatan kadar gula darah yang bisa menyebabkan diabetes.

  • Melindungi tubuh dari paparan radikal bebas

Buah bidara sangat kaya akan beberapa senyawa antioksidan, seperti flavonoid, polisakarida dan asam triterpenat. Selain itu, buah ini juga sangat kaya vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan.

Kandungan antioksidan ini dapat membantu menangkal radikal bebas dan membantu mengurangi stress dan peradangan di hati yang sebabkan oleh radikal bebas.

  • Mengatasi kecemasan

Gangguan kecemasan atau anxiety juga bisa diatasi dengan konsumsi buah bidara. Hal itu karena senyawa-senyawa yang diekstrak dari buah ini memiliki efek sebagai penenang untuk tubuh.

KLIK INI:  Sirih Merah, Tanaman Herba Khas Sulawesi yang Kaya Manfaat
  • Melancarkan pencernaan

Buah ini sangat kaya akan serat dan karbohidrat yang menjadi sumber energi dan dapat meningkatkan metabolisme untuk aktivitas keseharian. Selain itu, kandungan serat buah bidara dapat melancarkan pencernaan.

Serat dalam buah ini membantu melembutkan dan menambah kotoran pada tinja. Hal ini memperbaiki saluran pencernaan dan mengurangi kemungkinan terjadinya efek susah buang air besar.

Tak hanya itu, buah bidara juga dapat memperkuat lapisan perut dan usus, mengurangi risiko kerusakan akibat bisul, cedera dan bakteri berbahaya yang mungkin ada di dalam usus.Terakhir, serat dalam buah ini juga berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik dalam usus.

  • Melawan kanker

Buah bidara mengandung senyawa bioaktif bernama asam triterpenic dan polisakarida. Senyawa ini terbukti memiliki efek anti-kanker untuk beberapa garis sel kanker.

  • Meningkatkan aliran darah dan menyehatkan jantung

Buah bidara kaya akan mineral antara lain kalium, fosfor, mangan, besi, dan seng. Mineral ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung yang baik.

KLIK INI:  Buah Asam, Buah Nostalgia dan 5 Manfaat Ajaibnya Bagi Kesehatan

Zat besi misalnya dapat membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah sehingga dapat mencegah anemia. Mineral juga amat penting untuk mengatur aliran darah di dalam tubuh.

Dalam The Journal of Nutrition disebutkan bahwa asupan kalium (dalam buah bidara) juga dapat menekan penyakit hipertensi pada orang dewasa.

  • Baik untuk kesehatan tulang

Melansir Times of India dari Orami disebutkan bahwa buah bidara kering merupakan sumber kalsium dan fosfor yang baik untuk membantu menjaga kepadaatan tulang.

Bahkan penderita radang sendi sangat direkomendasikan konsumsi buah bidara. Hal itu karena buah mungil ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menekan pembengkakan pada persendian.

KLIK INI:  Mengenal Pohon Bidara, Tanaman yang Dipercaya dapat Mengusir Makluk Halus
Efek samping buah bidara

Meski kaya akan manfaat, buah ini juga memiliki efek samping yang perlu dicermati. Efek samping yang dapat ditimbulkan adalah bia dikonsumsi oleh orang yang yang mengalami penyakit mental dan harus konsumsi obat-obatan.

Dilansir Healthline, orang yang sedang mengkonsumsi obat anti depresan seperti venlafaxine atau serotonin-norepinefrin reuptake inhibitor (SSNRI) sebaiknya tak konsumsi buah bidara. Hal itu karena buah ini dapat berpengaruh terhadap kerja obat-obatan ini.

Selain itu, sebuah riset dengan sampel tikus mengungkap bahwa ekstrak buah bidara dapat memperkuat efek obat kejang tertentu, seperti fenitonin, fenobarbiton dan karbamazepin.

Demikian manfaat buah bidara dan efek sampingnya, salam sehat!

KLIK INI:  Selain Rendah Kalori, Jamur Juga Bisa Penuhi Kebutuhan Vitamin Harian