7 Manfaat Berada di Alam Bebas, Menyehatkan dan Bikin Bahagia

oleh -33 kali dilihat
7 Manfaat Berada di Alam Bebas, Menyehatkan dan Bikin Bahagia
Mila Nuh (Prp-Forest) dan Wahyuddin Yunus sedang "mindfulness" di Kampoeng Berua Rammang-rammang Maros - Foto: Ist

Klikhijau.com – Menghabiskan waktu di alam bebas bisa jadi momen berkualitas dalam hidup. Selain menghirup udara segar, berada di alam bebas ternyata dapat memantik rasa bahagia dan memperbaiki kesehatan mental.

Perasaan damai ketika berada di alam terutama karena adanya rasa syukur yang meningkat dalam hati setelah melihat kehidupan di alam. Ekosistem yang ada adalah satu berkah betapa hidup sangat berharga dan karenanya perlu disyukuri.

Beruntunglah kita yang hidup di negeri kepulauan sebab alam menyediakan ruang tanpa batas yang bisa dikunjungi setiap saat. Setiap kali berkunjung ke tempat tertentu di seantero negeri, selalu saja ada kejutan yang menyadarkan betapa negeri ini memang penuh keindahan.

Karenanya berselancar di alam bebas, di pantai, di hutan, atau di pegunungan menjadi pilihan mendapatkan sejuta manfaat. Menghabiskan waktu di alam bebas bisa jadi wisata murah dan kaya manfaat.

Berikut ini 7 manfaat yang bisa diperoleh dengan berada di alam bebas:

KLIK INI:  Duduk Terlalu Lama Tingkatkan Risiko Depresi dan Kecemasan
  • Menyehatkan Mental

Dikutip Tempo, sebuah studi yang diterbitkan dalam Environmental Science & Technology pada tahun 2014 mengungkap bahwa, rata-rata, orang yang berada di area hijau mengalami peningkatan kesehatan mental dan kurang tekanan mental.

Peningkatan kesehatan mental yang diperolah bahkan bisa bertahan lebih lama. Studi ini menjadi bukti betapa pentingnya menyiapkan ruang hijau di perkotaan demi mendukung kesehatan mental warga kota.

  • Mengurangi depresi

Studi yang dilakukan PNAS pada tahun 2015 mengungkap bahwa peserta yang berjalan selama 90 menit melewati taman hijau di kampus, dibandingkan berjalan di dekat jalan raya di dekatnya, menunjukkan otak yang “lebih tenang” dan kurang memperhatikan aspek negatif dari kehidupan mereka.

Hal ini menunjukkan bahwa berada di alam terbuka nan hijau dapat mengurangi depresi dan stress.

  • Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Sebuah analisis mendalam dari 143 studi yang diterbitkan pada tahun 2018 di Environmental Research, mengungkap bahwa manfaat kesehatan dari ruang hijau pada manusia termasuk peningkatan detak jantung dan tekanan darah, penurunan yang signifikan secara statistik dalam kadar kolesterol, peningkatan durasi tidur dan hasil neurologis.

KLIK INI:  Cara Merawat Aglonema Agar dapat Memanen Manfaat Terbaiknya
  • “Tingkat” Alam yang Berbeda Dapat Memiliki Efek yang Berbeda

Para peneliti menemukan bahwa mengunjungi lingkungan hijau sangat membantu dalam mengurangi tanda stres fisik dan psikologis. Bahkan orang-orang di hutan belantara melaporkan penurunan tingkat stres yang paling signifikan.

Karenanya, jika kamu ingin memanfaatkan waktu di luar rumah, melakukan perjalanan mendaki atau berkemah mungkin merupakan pilihan terbaik.

  • Membantu meningkatkan fungsi perhatian jangka pendek

Terinspirasi sebuah riset penting tahun 2008 yang dipublikasi dalam Psychological Science menyarankan melihat foto-foto alam dapat meningkatkan fungsi perhatian pada orang dewasa muda. Bahkan, sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Experimental Aging Research juga mengungkap bahwa perhatian eksekutif terlihat meningkat baik pada orang dewasa yang lebih tua (64 hingga 79 tahun) dan subjek berusia universitas (18 hingga 25 tahun) setelah paparan singkat dengan foto-foto alam.

Berita baik bagi penduduk kota dengan akses ke alam yang lebih sedikit: perhatian para peserta segera sebelum dan setelah melihat foto-foto alam diukur, dan penelitian menemukan bahwa melihat foto-foto itu benar-benar meningkatkan perhatian dan ingatan jangka pendek pada kedua kelompok umur.

KLIK INI:  Melawan Depresi dan Meningkatkan Kesejahteraan dengan Skateboard
  • Menyerap makna filosofis dari alam

Selain menyerap udara segar di alam bebas, ada satu hal penting lagi yang bisa diperoleh di alam bebas yakni menyerap makna filosofisnya. Ada banyak makna-makna di alam yang bisa jadi bahan renungan, antara lain filosofi keberagaman tanaman yang bertumbuh bersama juga filosofi adanya ketergantungan antara tanaman satu dengan lainnya.

Makna filosofis lainnya adalah bagaimana alam dalam senyap bisa bertumbuh dan memberi kebermanfaatan pada kehidupan. Ini menginspirasi kita untuk selalu berbuat baik dan berbagi kebermanfaatan meskipun tidak mendapat balasan apa pun.

  • Spot terbaik untuk ‘mindfulness”

Alam terbuka yang hening dan tenang bisa menjadi tempat terbaik untuk kamu melakukan proses ‘mindfulness’ atau meditasi. Kamu dapat merasakan langsung energi di alam menyatu dalam jiwa-raga yang akan menuntun kita pada kebersadaran terdalam pada diri.

Itulah 7 manfaat berada di alam bebas, selain menyehatkan juga menginspirasi kamu untuk selalu bersyukur dan menjadi pribadi yang tangguh. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Suka Melakukan Hal yang Satu Ini? Hati-Hati, Kesehatan Bisa Terganggu