7 Kebiasaan Buruk di Musim Hujan yang Memperburuk Lingkungan dan Kesehatan

oleh -536 kali dilihat
7 Kebiasaan Buruk di Musim Hujan yang Memperburuk Lingkungan dan Kesehatan
Ilustrasi tidur/Foto-hellosehat.com

Klikhijau.com – Suasana di musim hujan memang menyenangkan untuk bermalas-malasan di rumah. Dalam suasana yang dingin dan rinai hujan, rasanya ingin terus memeluk bantal saja. Beruntunglah bagi kamu yang sedang menikmati bulan madu di musim hujan, inilah masa-masa romantis yang paling mendukung.

Namun, ada sisi lain yang juga mengintai saat musim hujan, selain rasa malas yang menggebuh, berbagai penyakit juga berdatangan, utamanya flu dan demam. Penyakit ini dapat menyerang tubuh akibat kecerobohan dan kurang menjaga kesehatan di musim hujan.

Selain masalah kesehatan, kebiasaan buruk di musim hujan tanpa disadari akan berdampak buruk pada lingkungan. Sebagai contoh, tren belanja makanan online makin meningkat di musim hujan karena rasa malas untuk memasak atau karena kehabisan stok makanan, berpotensi menambah beban sampah plastik.

Berikut, 7 kebiasaan buruk lainnya yang sebaiknya dihindari di musim hujan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan:

KLIK INI:  Alami Gejala Ini Terlalu Lama, Berisiko Terhadap Kesehatan Mental
  • Malas membersihkan rumah

Jangankan untuk sekadar membersihkan rumah, membuat sarapan atau makanan saja kadang terasa berat bila sudah hujan, terutama di malam hari. Padahal, suasana rumah yang lembap akibat hujan menjadi penyebab ruangan tertentu gampang kotor, seperti di teras rumah, dapur, loteng rumah dan lainnya.

Kalau tidak segera dibersihkan, suasana kotor di satu ruangan rumah akan melebar ke mana-mana dan tentu akan merugikan. Selain merusak pemandangan, tentu mengundang bakteri berkembangbiak di sana. Jadi, sebaiknya tetap menjaga kebersihan rumah. Lihat 9 kebiasaan baik untuk menjaga kebersihan rumah

  • Tidak berolahraga

Suasana tidur atau sekadar terbaring di ranjang memang tiada duanya di musim hujan. bangun tidur biasanya mencari makanan, lalu tidur lagi. Akibatnya, kita kehilangan waktu untuk berolahraga walau untuk skala ringan. Selain potensi obesitas, kurang olahraga juga dapat membuat kita kurang produktif karena tubuh terasa berat dan tidak bergairah.

  • Kurang minum air putih

Rasa haus di musim hujan memang kadang terlupakan. Tanpa disadari, ancaman dehidrasi bisa saja datang. Ini tentu dapat mempengaruhi imunitas tubuh, padahal di musim pandemi ini asupan air mineral harus mencukupi agar tubuh tetap sehat. Karena itu, ada baiknya tetap memperhatikan minum air putih sekitar empat liter sehari meski perasaan tidak haus karena hujan.

KLIK INI:  Musim Hujan, Angkak, dan 5 Obat Alami yang Bisa Atasi DBD
  • Makan berlebihan

Makan berlebihan di musim hujan memang godaan yang tiada tandingannya selain tidur. Selain merusak pola makan dan diet sehat yang mungkin telah direncanakan, aktivitas makan berlebihan juga berpotensi menimbulkan masalah pencernaan. Ada baiknya tetap konsumsi buah-buahan dan sayuran segar di musim hujan.

  • Menumpuk cucian

Menumpuk cucian saat musim hujan adalah kebiasaan buruk yang juga tidak sehat bagi lingkungan di rumah. Selain mengundang bakteri berkembang biak, cucian menumpuk juga akan menghasilkan bau tak sedap dan perasaan tak tenang melihatnya. Ada baiknya tetap mencuci pakaian sedikit demi sedikit dan menjemurnya walau di teras rumah.

  • Makan makanan instan

Tanpa disadari makanan instan berupa cemilan, mie seduh dan lainnya akan akrab di musim hujan. Suasana dingin menjadi umpan bagi makanan-makanan instan. Dampaknya cukup buruk, selain mengurangi keinginan untuk konsumsi makanan sehat—makanan instan yang dikonsumsi lebih banyak juga akan menghasilkan sampah plastik.

Tanpa disadari penumpukan sampah plastik dan sampah rumah tangga di rumah juga meningkat dan boleh jadi tidak terurus. Waspada situasi ini, sebab akan mengundang berkembangnya bakteri, lalat buah dan binatang lainnya.

KLIK INI:  Waspada, Sulsel Masuk 10 Besar Tertinggi Kasus DBD
  • Mengabaikan kebersihan diri

Suasana dingin seringkali juga mengundang satu penyakit baru yakni “malas mandi”. Hal ini terjadi karena kita merasa tetap segar dan tidak berkeringat. Suasana dingin membuat kita malas mandi bahkan lupa cuci tangan.

Kebiasaan buruk tidak menjaga kebersihan diri saat musim hujan perlu disadari dan dihentikan. Bila tidak ingin terkena penyakit akibat lingkungan yang lembap, ada baiknya tetap menjaga higinitas dengan tetap rajin mandi dan khususnya cuci tangan.

Itulah 7 kebiasaan buruk yang kerap menghantui kita di musim hujan. Ada baiknya mengetahui dan berusaha keras menghindarinya agar kesehatan diri dan lingkungan tetap terjaga. Tetap produktif dengan aktivitas bermanfaat semisal merawat tanaman hias di musim hujan.

Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Musim Hujan dan Sejumlah Penyakit yang Dibawanya