7 Kampus Indonesia yang Memilih Hijau jadi Warna Almamater

Publish by -1.820 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
7 Kampus Indonesia yang Memilih Hijau jadi Warna Almamater
7 Kampus Indonesia yang Memilih Hijau jadi Warna Almamater/foto - Langgam

Klikhijau.com – Banyak kampus yang memilih warna hijau  sebagai identitas. Warna itu disematkan pada jas almamaternya.  Almamater merupakan istilah dalam bahasa batin. Kata itu secara harfia memiliki arti ibu susuan.

Melalui jas almamater. Kita bisa mengenali, mahasiswa itu dari kampus mana tanpa melihat logonya. Pemilihan warna pada almamater buka sesuatu yang dipilih begtu saja.

Pemilihan itu tentu dipenuhi oleh filosofi yang menggambarkan visi dan misi sebuah perguruan tinggi. Hampir semua warna yang ada telah terpakai sebagai identitas sebuah kampus.

Gelar kampus pun biasanya disematkan berdasarkan warna almamaternya. Semisal Universitas Hasanuddin Makassar, yang juga dikenal sebagai kampus merah. Merah merujuk pada almamater kampus itu.

KLIK INI:  Membangkitkan Pesona Mangrove di Karang Cadas

Atau kampus di mana saya pernah kuliah, Universitas Muhammadiya Makassar, yang lebih dikenal dengan nama kampus biru.

Sama dengan Unhas atau kampus lainnya yang mendapat julukan ‘warna’. Semuanya karena almamaternya menggunakan warna dari gelaran itu.

Warna hijau termasuk warna yang banyak digunakan oleh kampus-kampus di Indonesia. Hijau sendiri memberi arti keamanana, pertumbuhan, harmoni, kesegaran, kesuburan, dan alami.  Hijau juga melambangkan harapan dan pertumbuhan

Perihal warna hijau, berikut 7 kampus yang memilihnya menjadi warna identitas mereka:

  • Universitas Islam Negeri

Jika membincangkan  Universitas Islam Negeri (UIN). Kita tidak bisa lerai dari Institut Agama Islam Negeri  (IAIN). Sebab cikal bakal UIN berasal dari IAIN. Dari kampus yang awalnya menyandang nama Institut, kemudian banyak berubah jadi universitas.

KLIK INI:  Wulan Saputri, Perempuan dan Sebuah Pesan dari Gunung

Perubahan itu bermula pada abad  ke-21.  Sejumlah IAIN berubah nama menjadi  UIN. Itu karena telah memiliki fakultas dan jurusan di luar studi keislaman.

UIN yang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Memilih warna hijau sebagai warna almamater mereka.

  •  Universitas Andalas

Jika merujuk pada sejarahnya, Universitas Andalas atau Unand merupakan salah satu universitas tertua di luar Pulau Jawa.

Universitas ini terletak di Kota Padang, Sumatra Barat, Indonesia. Unand  dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Unand memilih warna hijau  tua sebagai warna identitas mereka

  • Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta  atau UNJ. Menjadikan warna hijau sebagai identitas. Itu bisa dilihat dari almamater kampus yang terletak di ibu kota ini.

KLIK INI:  Desa Samaenre Mendulang Rupiah dan Merawat Bumi dengan Jamur

UNJ, sama dengan universitas lain di Indonesia yang menggunakan nama daerah sebagai bagian dari nama kampus. Misalnya Universitas Negeri Makassar, Universitas Malang. Semuanya berawal dari satu nama, yakni Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP)

UNJ sendiri mulai menjadi universitas pada tanggal 4 Agustus 1999. IKIP Jakarta berubah jadi UNJ berdasarkan Keppres 093/1999 tanggal 4 Agustus 1999.

  •  Universitas Muslim Indonesia

Awalnya, almamater universitas yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo, Makassar ini. Memiliki warna hijau terang. Kemudian  pada  tahun 2013 mengalami perubahan dari hijau terang ke hijau tua gelap.

UMI Makassar mulai berdiri sejak  tanggal 23 Juni 1954. UMI  merupakan perguruan tinggi tertua dan merupakan perguruan tinggi swasta terbesar di kawasan timur Indonesia.

  • Universitas Jenderal Achmad Yani

Nama singkatan pemilik almamater hijau ini keren, UNJANI.  Kampus utamanya terletak di kawasan militer, yaitu di bagian Selatan Kota Cimahi, Jawa Barat.

Alamat tetapnya di Jalan Terusan Jendral Sudirman. UNJANI  berdekatan dengan dua perguruan tinggi lain, di antaranya STKIP Siliwangi Bandung dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Jenderal Achmad Yani.

KLIK INI:  Komunitas Lingkungan Kolaborasi Bantu Pemulung dan Petugas Persampahan Aman Corona
  • Univesitas Islam Malang

Kampus selanjutnya yang memilih hijau sebagai identitas adalah  Univeristas Islam Malang (UIM) atau UNISMA Universitas ini ada, berawal dari adanya keinginan para tokoh-tokoh yang mencintai ilmu.

Tokoh-tokoh itu adalah gabungan dari tokoh masyarakat, ulama dan cendekiawan muslim dikalangan Nahdlatul Ulama di kota Malang.

Mereka ingin  mendirikan suatu Perguruan Tinggi Islam yang besar, berkualitas dan mandiri. Maka pada  pada tanggal 27 Maret 1981 berdirilah Yayasan Sunan Giri (sekarang berubah menjadi Yayasan Universitas Islam Malang).

Maka pada   tanggal 7 Oktober 1983 UNISMA mendapat status Terdaftar untuk program pendidikan Sarjana Muda dengan SK. Mendikbud RI no 0425/1983.

Nah, sahabat hijau, itulah 7 kampus hijau di Indonesia. Karena menjadikan hijau sebagai warna identitas mereka.

KLIK INI:  Di Pasar Desa, KP2K Beraksi Cegah Penyebaran Covid-19
Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!