7 Jenis Bunga yang Mengiringi Jalan Samurai Musashi

oleh -28 kali dilihat
Aroma 6 Bunga Ini Mampu Hilangkan Stres, Benarkah?
Bunga mawar penghilang stres.
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Membaca kisah Musashi, serupa memasuki satu fase hidup yang penuh kejutan. Pembaca akan dipenuhi imajanasi tentang tokoh dan latar novel yang ditulis Eiji Yoshikawa tersebut.

Ketika membacanya, saya kerap membayangkan wajah Otsu yang cantik—yang menautkan hatinya kepada Musashi.

Kelahiran Musashi juga menjadi daya tarik. Sebelum terlahir sebagai Musashi, ia  menyandang nama Takezo. Seorang lelaki yang dianggap pembawa bencana dan berandal.

Namun, karena pencarian dan tekadnya menjadi samurai. Hidupnya berubah setelah “ditahan” di sebuah kamar yang dipenuhi buku-buku.

Ia melahap semua buku yang ada di kamar tersebut. Dan tiga tahun kemudian ia bebas dengan perilaku dan pikiran yang berubah total. Pun ia mengubah namanya menjadi Miyamoto Musashi.

Selama “ditahan” tiga tahun itu, Otsu tetap setia menantinya. Selain  Otsu, saya kerap pula membayangkan Akemi. Perempuan yang juga menuatkan hatinya pada Musashi, si pembuat ulah pada awalnya. Ia harus menjadi musuh orang tua Matahachi dan beberap perguruan.

Dengan latar  Jepang pada zama dulu. Membaca Musashi membawa kita pada suasana yang serba tradisional dengan pemandangan hijau yang memesona karena tak ada kerusakan lingkungan.

Iya, pada zaman itu, manusia sepertinya sangat menggantungkan hidupnya pada alam. Karena itu pula, dengan mudah kita akan menemukan nama-nama bunga yang tumbuh liar  mengiringi kisah Musashi.

Berikut ini ulasan singkat bunga yang mengiringi jalan samurai Musashi:  

  • Bunga mawar

Bunga ini bukanlah bunga yang asing. Memiliki beragam warna. Namun, mawar dengan bunga berwarna  merahlah yang paling tersohor. Mawar menjadi lambang cinta. Bunga mawar memang cukup populer. Ia mudah tumbuh dalam kondisi apa pun.

Membudiyakannya pun tak rumit, sebab hanya menancapkan batang atau tangkainya ke tanah, ia bisa tumbuh dengan subur.

Bunga ini merupakan tumbuhan semak.  Memiliki  bernama ilmiah Rosa dengan  bunga yang terdiri dari lima helai daun mahkota.

Ia  termasuk bunga yang berduri. Durinya seperti pengait. Dalam novel Musashi, bunga ini disebutkan beberapa kali.

  • Bunga iris

Di Prancis, bunga  iris memiliki arti dan peran yang sangat penting. Itu karena menjadi bunga  nasional negara pemiliki menara Eiffel tersebut.

Bunga  dengan tiga kelopak ini, selain menjadi bunga nasional Prancis,  juga banyak digunakan dalam berbagai desain atau motif dekorasi.

Bunga ini telah menjadi simbol Prancis sejak abad ke-13 ini merupakan genus dari 260 hingga 300 tumbuhan berbunga dari famili Iridaceae.

  •  Bunga seruni

Seruni atau lebih dikenal dengan krisan atau krisantemum. Telah lama menjadi bunga yang sering menjadi tanaman hias.

Bunga ini, konon mulai muncul pada zaman kapur. Ia merupakan bagian dari tumbuhan suku Asteraceae atau kenikir-kenikiran yang mencakup bermacam-macam jenis Chrysanthemum.

Di Jepang, bunga ini memiliki kedudukan yang tinggi, sebab menjadi bunga nasional di negara tersebut. Bisa jadi, karena itu pula bunga ini menjadi penghias yang memesona dalam novel Musashi.

Seruni memiliki aroma yang wangi. Banyak yang sering menambahkan bunga ini  ke dalam teh agar lebih nikmat dan menguarkan aroma wangi.

  • Bunga violet

Bunga violet kerap pula dijadikan sebagai tanaman hias. Ia merupakan tanaman dengan tipe berbunga yang kecil dan lebat serta wangi.

Selain menjadi tanaman hias, bunga ini  juga memiliki berbagai khasiat yang baik untuk tubuh. Ia  adalah tanaman yang berasal dari keluarga violaceae. Memiliki  nama ilmiah Viola Odorata.

Bagian bunga yang berasal dari Eropa dan Asia bahkan telah tersebar  ke Amerika dan Australia sebagai obat adalah bunga dan daunnya. Itu karena bunga ini kandungan senyawa aktif yang baik untuk kesehatan.

  • Bunga miskantus

Miskantus, memiliki daun dengan tinggi 18-75 cm dan lebar 0,3-2 cm. Berasal dari spesies tumbuhan berbunga dalam familia rumput Poaceae. Ia dikenal juga dengan nama Miscanthus sinensis.

Bunga ini berasal dari Asia Timur di sebagian besar Cina, Jepang, Taiwan dan Korea. Bisa tumbuh Ini dengan ukuran tumbuh 0,8-2 m, jarang 4 m.

Miskantus merupakan  rumput perenial herba. Ia tumbuh membentuk gumpalan padat dari rimpang bawah tanah. Bunganya cantik berwarna keunguan.

  • Bunga peoni

Bunga ini   termasuk bunga yang telah purba. Ada sejak  sejak 4.000 tahun lalu. Memiliki bunga dengan kelopak dan warna-warna pastel yang indah.

Karena keindahan bunganya, makanya  sering digunakan untuk dekorasi taman, kuil, rumah bangsawan. Selain itu, sering pula menjadi pilihan sebagai gambar favorit untuk bordir pakaian sutra oleh masyarakat Cina.

Tak hanya memiliki bunga yang cantik, tapi juga  memiliki aroma lembut dan  memiliki beragam manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan.

Masyarakat Cina  telah menggunakan bunga pioni sebagai bahan pengobatan sejak dulu. Bunga ini bermanfaat untuk mencegah kram perut saat menstruasi.

  • Bunga wisteria

Tanaman wisteria merupakan genus dari tanaman berbunga dalam kacang-kacangan. Berasal dari keluarga, Fabaceae (leguminosae).

Bunga ini berasal Cina , Korea , Jepang , dan Amerika Serikat Timur . Beberapa spesies dari wisteria merupakan tanaman hias yang populer.

Ahli botani Thomas Nuttall seorang ahli Botani mengatakan dia menamai genus Wisteria untuk mengenang dokter dan ahli anatomi Amerika Caspar Wistar (1761-1818).

Nah, sahabat hijau, itulah 7 jenis bunga yang terdapat dalam novel Musashi. Selain tujuh bunga tersebut, masih terdapat beberapa bunga yang mengiringi jalan samurai Musashi.

KLIK INI:  Kisah Burung yang Terbang ke Maluku dengan Pesawat